Kemampuan Siri bakal meningkat saat Apple Intelligence disuntikkan dalam iOS 18

Kemampuan Siri bakal meningkat saat Apple Intelligence disuntikkan dalam iOS 18

Techno.id - Ketika Apple pertama kali meluncurkan Siri pada tahun 2011, Apple membuat beberapa janji tentang apa yang bisa dilakukannya. Namun kemampuan Siri belum maksimal, terutama ketika kamu membandingkan dengan asisten virtual lainnya. Kabar baiknya, kemampuan Siri akan berubah.

Saat peluncuran iPhone 16 Series baru-baru ini, Apple mengungkapkan beberapa pembaruan signifikan untuk Siri. Kemampuannya akan ditingkatkan oleh AI generatif baru bernama Apple Intelligence.

Apple menjanjikan bahwa Siri akan terasa lebih alami, lebih pintar dengan konteks, dan mampu dengan cara yang lebih unik dan pribadi. Inilah yang dapat kamu harapkan dari Siri yang baru dan akan ditingkatkan kemampuannya.

Siri akan berbicara dalam bahasa kamu

Kemampuan Siri bakal meningkat saat Apple Intelligence disuntikkan dalam iOS 18 foto: apple

Bagian besar dari peningkatan ini adalah kemampuan Siri yang ditingkatkan untuk memahami nuansa dan konteks. Asisten suara ini sekarang akan lebih baik dalam memahami bagaimana manusia berbicara. Berkat pemahaman bahasa yang lebih baik, Siri akan mengingat percakapan. Artinya kamu dapat menindaklanjuti kueri sebelumnya tanpa perlu mengucapkan Hey Siri setiap kali.

Fitur baru lainnya, Siri juga akan menggunakan riwayat interaksi untuk membuat rekomendasi yang dipersonalisasi. Baik itu menarik resep yang dikirimkan teman sebelumnya, atau mengantri podcast favorit. Siri akan lebih selaras dengan kebiasaan kamu.

Siri juga akan mendapatkan kesadaran di layar, sehingga dapat mengambil tindakan berdasarkan petunjuk konteks dari apa yang ada di layar. Misalnya, jika seseorang mengirimi kamu pesan tentang video baru, kamu cukup menginstruksikan Siri untuk memutarnya tanpa perlu membuka aplikasi video.

Fitur lain yang diperbarui adalah Apple Intelligence sekarang juga memungkinkan kamu menggunakan input teks dengan Siri, sehingga kamu dapat mengetik permintaan saat memilih untuk tidak berbicara. Namun, ini bukan fitur baru. Ketik ke Siri sudah tersedia di iOS, dan sudah ada untuk sementara waktu.

Yang baru adalah kamu sekarang dapat mengakses fungsionalitas itu dengan ketukan dua kali sederhana di bagian bawah layar, sehingga kamu dapat dengan mudah beralih antara perintah suara dan teks, alih-alih mengaktifkannya secara default.

Pengetahuan sistem yang lebih baik dan integrasi aplikasi yang lebih mendalam

Kemampuan Siri bakal meningkat saat Apple Intelligence disuntikkan dalam iOS 18 foto: apple

Peningkatan besar lainnya, Siri sekarang berfungsi ganda sebagai dukungan teknis pribadi. Jika kamu perlu menemukan tempat kata sandi disimpan di iPhone atau cara mengungkapkan foto tersembunyi, Siri dapat memandu kamu melalui proses langkah demi langkah. Ini yang menjadikan Siri pilihan yang bagus untuk pengguna iOS yang tertantang teknologi baru.

Siri juga akan menyertakan tautan Dukungan Apple yang dapat membawa kamu ke halaman dukungan yang relevan atau tombol cepat untuk melompat langsung ke halaman Pengaturan yang kamu butuhkan.

Selain itu, Siri memiliki kemampuan baru dalam aplikasi, sehingga dapat dengan mudah menjalankan tugas seperti memperbarui detail kontak, membuat dan memodifikasi album foto, dan mengidentifikasi foto berdasarkan deskripsi. Kamu juga dapat memintanya untuk membuka email atau pesan tertentu tanpa harus membuka aplikasi lengkap. Kamu akan mendapatkan hasil sebagai pratinjau cepat di bagian atas layar.

Peningkatan lainnya, saat diaktifkan di iPhone, iPad, atau CarPlay, cahaya akan membungkus tepi layar, menambahkan sentuhan modern. Di Mac, pengguna sekarang dapat memindahkan Siri ke mana saja di desktop mereka untuk akses mudah saat bekerja.

Segera hadir dengan Apple Intelligence

Kemampuan Siri bakal meningkat saat Apple Intelligence disuntikkan dalam iOS 18 foto: apple

Bagian dari rangkaian fitur Apple Intelligence yang lebih luas, akan tersedia dalam versi beta dengan peluncuran iOS 18.1. Sementara fitur Siri baru terdengar menarik, ada tangkapan Apple Intelligence terbatas pada perangkat tertentu.

Namun hanya chipset modern tertentu yang dapat memanfaatkan fitur-fitur baru ini. Pembaruan akan diluncurkan pada model iPhone 15 Pro, seluruh jajaran iPhone 16, dan iPad atau Mac dengan chip M1 atau lebih baru. Saat ini terbatas pada perangkat yang diatur ke bahasa Inggris (AS), dengan lebih banyak bahasa yang akan segera hadir.

Selain itu, Apple Intelligence menjanjikan lebih banyak fitur baru akan hadir di iPhone masa depan. Pengguna iPhone akan dapat menggunakan sesuatu yang disebut Image Playground untuk membuat gambar yang dihasilkan AI. Selain itu, Stick Image" akan melakukan fungsi serupa dengan menggunakan konteks gambar atau simbol yang ada di layar dan menggunakan AI untuk membuat gambar di sekitarnya. Selain itu, emoji akan mendapatkan semacam dorongan AI Genmoji, meskipun tidak jelas seberapa jauh fitur itu sebenarnya bisa berjalan untuk saat ini.

(brl/red)