Opera One kini tersedia bagi pengguna iPhone dan iPad yang dibekali Aria, asisten AI bawaan

Opera One kini tersedia bagi pengguna iPhone dan iPad yang dibekali Aria, asisten AI bawaan

Techno.id - Opera mengumumkan browser web andalan AI-native-nya, Opera One yang baru didesain ulang, sekarang tersedia untuk iPhone dan iPad. Setelah mengujinya dalam versi beta selama beberapa minggu, Opera One untuk iOS sekarang tersedia sebagai rilis stabil.

Web browser ini menjadi alternatif bagi pengguna iPhone yang mungkin selama ini mengandalkan Safari milik Apple. Dalam sebuah posting di Opera Blog tertanggal 13 Agustus 2024, Opera mengumumkan rilis stabil Opera One untuk iOS.

Opera menggambarkan Opera One sebagai browser inovatif bertenaga AI yang memungkinkan pengguna iPhone untuk meningkatkan pengalaman menjelajah dengan gaya dan fungsionalitas khas Opera.

Opera One baru untuk iOS ini memiliki Aria, asisten AI Opera bawaan, menampilkan fungsi pencarian yang diubah dengan saran kata kunci prediktif. Nah Aria ini menjadi daya tarik utama, karena dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai tugas, termasuk menyelesaikan kueri pencarian saat pengguna mengetiknya dan membuat teks dan gambar generatif dari petunjuk sederhana. Aria telah menjadi bagian dari browser iOS Opera sejak 2023, tetapi sekarang lebih terintegrasi dari sebelumnya.

Opera One kini tersedia bagi pengguna iPhone dan iPad yang dibekali Aria, asisten AI bawaan foto:apps.apple.com

Perubahan desain besar dengan Opera One adalah mode penjelajahan layar penuh, yang menawarkan lingkungan bebas gangguan saat membaca situs web. Opera One untuk iOS juga menempatkan tombol pencarian di bagian bawah layar, membuat navigasi satu tangan lebih mudah.

Namun, pengguna dapat mengalihkannya ke mode standar atau aksi cepat jika mau. Pengguna juga dapat mengaktifkan fungsi pencarian dengan gerakan geser untuk mencari yang cocok dengan fungsi pencarian Spotlight Apple.

Yang jelas, Opera One untuk iOS menawarkan sesuatu yang berbeda bagi mereka yang bukan penggemar Safari atau Chrome. Terakhir, Opera One juga menyediakan fitur unik lainnya seperti pemblokiran iklan asli dan VPN gratis.

(brl/red)