Samsung luncurkan monitor gaming Odyssey OLED series, ditenagai AI berteknologi perlindungan burn-in

Samsung luncurkan monitor gaming Odyssey OLED series, ditenagai AI berteknologi perlindungan burn-in

Techno.id - Samsung mengumumkan peluncuran global monitor gaming Odyssey OLED series. Odyssey OLED G8 adalah monitor gaming Samsung OLED 32 inci layar flat pertama dengan resolusi 4K UHD (3840 x 2160) dan rasio aspek 16:9. Monitor ini memiliki refresh rate 240Hz dan waktu respons gray-to-gray (GtG) 0,03ms untuk gameplay yang sangat smooth dan responsif.

Sedangkan Odyssey OLED G6 adalah monitor beresolusi QHD (2560 x 1440) seluas 27 inci, yang mendukung rasio aspek 16:9. Dengan refresh rate 360Hz dan waktu respons GtG 0,03ms monitor ini memudahkan para gamer untuk mengikuti gameplay dengan pergerakan cepat.

Odyssey OLED G8 yang baru adalah monitor gaming OLED pertama Samsung yang ditenagai AI. Prosesor NQ8 AI Gen3, yaitu prosesor yang sama dengan yang digunakan Samsung pada TV 8K 2024, mampu melakukan upscaling pada konten hingga mendekati 4K saat menggunakan Samsung Gaming Hub dan aplikasi Smart TV bawaan monitor untuk resolusi yang lebih tinggi pada game dan hiburan.

Samsung luncurkan monitor gaming Odyssey OLED series, ditenagai AI berteknologi perlindungan burn-in foto: samsung

Kedua model OLED baru ini sama-sama memiliki fitur Samsung OLED Safeguard+, sebuah teknologi perlindungan terhadap burn-in yang baru. Teknologi ini adalah yang pertama di dunia untuk mencegah burn-in dengan menggunakan pipa panas yang berdenyut (pulsating heat pipe) ke monitor.

Selain itu, Dynamic Cooling System menguapkan dan mengembunkan cairan pendingin untuk menyebarkan panas lima kali lebih efektif dibanding metode graphite sheet yang lama, yang mencegah terjadinya burn-in dengan mengurangi suhu pada bagian core. Monitor ini juga mendeteksi gambar statis seperti logo dan taskbar, secara otomatis mengurangi kecerahannya untuk mencegah terjadinya burn-in.

Odyssey OLED G8 dan OLED G6 keduanya menyajikan kualitas gambar OLED dengan kecerahan 250nits (Typ.), sementara FreeSync Premium Pro menjaga GPU dan panel layar tetap tersinkronisasi untuk menghilangkan gambar yang terputus-putus, screen lag, dan screen tearing.

Samsung luncurkan monitor gaming Odyssey OLED series, ditenagai AI berteknologi perlindungan burn-in foto: samsung

Teknologi Samsung OLED Glare Free terbaru juga mempertahankan akurasi warna dan mengurangi pantulan sekaligus mempertahankan ketajaman gambar untuk memastikan pengalaman menonton yang imersif, bahkan pada siang hari. Lapisan rendah pantulan yang dioptimalkan untuk OLED akan mengatasi trade-off antara gloss dan pantulan berkat lapisan hard-coating khusus dan pola lapisan permukaan yang baru.

Kedua monitor ini memiliki desain metal tipis yang memberikan identitas yang berbeda, sementara Core Lighting+ menghadirkan pengalaman hiburan dan gaming yang lebih baik dengan pencahayaan sekitar yang disesuaikan dengan layar. Dudukan yang ergonomis juga membuat penggunaan dalam waktu lama menjadi lebih nyaman dengan ketinggian yang dapat disesuaikan, serta penyangga untuk memiringkan dan memutar.

(brl/red)