Sederet bocoran fitur dan spesifikasi iPhone 15 Series yang bakal segera diluncurkan

Sederet bocoran fitur dan spesifikasi iPhone 15 Series yang bakal segera diluncurkan

Bocoran iPhone 15

RAM

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus diperkirakan akan mengusung RAM 6GB, yang merupakan jumlah RAM yang sama dengan yang ada di iPhone 14 dan 14 Plus.

Kemudahan perbaikan

Sederet bocoran fitur dan spesifikasi iPhone 15 Series yang bakal segera diluncurkan foto: macrumors

Model iPhone 15 dan iPhone 15 Pro akan lebih mudah diperbaiki tahun ini. Pada iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, Apple menambahkan desain ulang sasis yang membuatnya lebih mudah dibuka untuk menukar kaca belakang.

Perubahan ini akan tetap ada di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Kabarnya Apple akan menggunakan desain sasis baru untuk iPhone 15 Pro dan Pro Max. Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, semua model iPhone akan dapat dibuka dari sisi depan dan belakang, sehingga biaya perbaikan kaca belakang yang rusak akan lebih murah.

Wi-Fi 6E dan UWB

Bocoran diagram chip Wi-Fi iPhone 15 mengonfirmasi bahwa Apple meningkatkan ke Wi-Fi 6E. Tetapi ini adalah fitur yang akan terbatas pada model iPhone 15 Pro. Artinya model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menampilkan Wi-Fi 6E. Sementara model iPhone 15 standar akan terus menggunakan Wi-Fi 6.

Dibandingkan dengan Wi-Fi 6, Wi-Fi 6E menawarkan lebih banyak bandwidth, memberikan kecepatan konektivitas yang lebih cepat, latensi yang lebih rendah, dan kapasitas yang lebih besar. Wi-Fi 6E menyediakan spektrum 1,2GHz lebih banyak pada pita 6GHz. Konektivitas ini juga dapat mendukung cakupan gigabit di seluruh rumah, konektivitas multi-gigabit di berbagai tempat dan memiliki bandwidth untuk aliran data yang lebih tinggi seperti yang digunakan untuk pengalaman AR dan VR.

Model iPhone 15 juga diharapkan akan menyertakan chip Ultra Wideband generasi berikutnya yang akan terintegrasi dengan headset Vision Pro. Prosesor yang digunakan untuk chip tersebut akan ditingkatkan menjadi 7nm, sebuah perubahan yang akan memungkinkan peningkatan kinerja dan pengurangan konsumsi energi.

Chip Seri-A

Sederet bocoran fitur dan spesifikasi iPhone 15 Series yang bakal segera diluncurkan foto: macrumors

Model iPhone 15 Pro kabarnya akan menjadi yang pertama yang menampilkan chip seri A yang dibangun di atas node 3-nanometer generasi berikutnya dari pemasok Apple, TSMC. Teknologi chip 3nm diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemrosesan sebesar 10 hingga 15 persen, sekaligus mengurangi konsumsi daya hingga 35 persen.

Sementara Chip A17 yang lebih cepat akan terbatas pada iPhone 15 Pro dan Pro Max. Sedangkan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan mengadopsi chip A16 4-nanometer yang pertama kali digunakan di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Kode yang ditemukan di tvOS 17 telah mengonfirmasi bahwa iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan mendapatkan chip A16 dan bukan chip A17.

Harga

Apple mungkin akan menaikkan harga iPhone 15 Pro dan Pro Max. Kenaikan harga juga disarankan analis Jeff Pu, yang meyakini bahwa Apple dapat membanderol iPhone 15 Pro mulai dari USD1.099, naik dari harga iPhone 14 Pro yang hanya USD999.

Sementara iPhone 15 Pro Max akan dibanderol dengan harga mulai dari USD1.199 atau sekitar Rp 18,3 jutaan jika prediksi Pu akurat. Analis lain menyarankan iPhone 15 Pro Max bisa memiliki harga awal yang lebih mahal USD200 dibanding iPhone 14 Pro Max.

Tidak ada kenaikan harga untuk model iPhone 15 standar. Kabarnya model iPhone 15 entry level akan dibanderol dengan harga mulai dari USD799 atau sekitar Rp 12,2 jutaan.

(brl/red)