Sederet bocoran fitur dan spesifikasi iPhone 15 Series yang bakal segera diluncurkan

Sederet bocoran fitur dan spesifikasi iPhone 15 Series yang bakal segera diluncurkan

Bocoran iPhone 15

Desain

Sederet bocoran fitur dan spesifikasi iPhone 15 Series yang bakal segera diluncurkan foto: macrumors

Model iPhone 15 diperkirakan akan terlihat mirip dengan model iPhone 14. Tetapi potongan pil dan lubang akan meluas ke seluruh jajaran produk. Itu berarti semua model iPhone 15 tidak akan memiliki takik, alih-alih mengadopsi Dynamic Island yang diperkenalkan pada model iPhone 14 Pro.

Karena tidak ada perubahan desain yang besar, Apple akan terus menawarkan empat model, iPhone 15 (6,1 inci), iPhone 15 Pro (6,1 inci), iPhone 15 Max (6,7 inci), dan iPhone 15 Pro Max (6,7 inci). Model Pro akan memiliki fitur-fitur kelas atas dan akan lebih mahal. Sebaliknya model iPhone 15 standar akan lebih murah.

Untuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, perbedaan desain akan mencakup port USB-C, bukan port Lightning dan transisi dari takik ke Dynamic Island. Port USB-C akan menjadi hal baru untuk semua model iPhone. Dynamic Island pertama kali diperkenalkan pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Bersama dengan Dynamic Island, semua model iPhone 15 dapat dilengkapi dengan chip driver layar OLED yang lebih hemat daya yang diproduksi dengan proses 28nm. Hal ini memungkinkan pengurangan konsumsi daya yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya tahan baterai secara keseluruhan.

Model iPhone 15 standar tidak akan menyertakan teknologi ProMotion atau teknologi layar selalu menyala, meskipun ada perubahan ke Dynamic Island. Apple akan terus menyadangkan fitur-fitur ini untuk perangkat Pro.

Pilihan Warna

Sederet bocoran fitur dan spesifikasi iPhone 15 Series yang bakal segera diluncurkan foto: macrumors

Kabar yang beredar saat ini menunjukkan model iPhone 15 akan tersedia dalam warna biru, warna koral yang merupakan perpaduan antara merah muda dan oranye, putih, hitam, dan hijau atau kuning. Biru dan koral akan menjadi warna baru untuk tahun ini, dengan warna kuning atau hijau, hitam, dan putih kembali sebagai warna standar dalam jajaran produk.

Desain eksklusif iPhone 15 Pro

Sederet bocoran fitur dan spesifikasi iPhone 15 Series yang bakal segera diluncurkan foto: macrumors

Meskipun semua model iPhone 15 akan mengadopsi port USB-C, namun ada beberapa perubahan desain yang eksklusif untuk iPhone 15 Pro dan Pro Max. Kabarnya, model iPhone 15 Pro akan menampilkan bezel yang lebih tipis dan lebih melengkung daripada model iPhone 14 Pro.

Lekukan yang lebih dalam ini akan terbatas pada model iPhone 15 Pro. Sementara model iPhone 15 akan tetap terlihat seperti model iPhone 14 dengan tepi yang lebih rata, bingkai aluminium, dan bagian depan dan belakang kaca.

Jajaran iPhone 15 Pro Apple diperkirakan akan menampilkan lebih banyak kaca depan melengkung. Apple diperkirakan akan menggunakan titanium untuk sasisnya. Model iPhone 15 Pro juga akan menampilkan tombol Action yang akan menggantikan tombol mute. Fitur ini dapat melakukan berbagai hal seperti mengaktifkan Pintasan, menyalakan kamera, menyalakan senter, mengaktifkan mode senyap, dan banyak lagi.

Kaca buram

Sederet bocoran fitur dan spesifikasi iPhone 15 Series yang bakal segera diluncurkan foto: macrumors

Kabar lainnya, model iPhone 15 diperkirakan akan menampilkan bagian belakang kaca buram, yang sebelumnya merupakan detail desain yang terbatas pada model Pro. Model standar biasanya memiliki warna hitam mengkilap, sedangkan kaca buram diperuntukkan bagi model yang lebih mahal.

Jika kabar ini akurat, baik model iPhone 15 standar maupun model iPhone 15 Pro akan menggunakan kaca buram untuk bagian belakang perangkat.

Tidak ada Touch ID

Model iPhone 15 diperkirakan tidak akan menyertakan Touch ID dan akan terus menggunakan Face ID. Kabarnya saat ini Apple sedang mengerjakan fitur face ID di bawah layer. Tetapi fitur ini tidak akan siap sampai setidaknya tahun 2025. Sebaliknya, pada tahun 2023, iPhone 15 akan terus menggunakan Dynamic Island, yang diharapkan akan diperluas Apple ke semua model, bukan hanya model Pro.

(brl/red)