10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone, nomor 5 kebiasaan yang paling sering dilakukan 

10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone, nomor 5 kebiasaan yang paling sering dilakukan 

Techno.id - Baterai lithium-ion di iPhone secara alami menurun seiring penggunaan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga baterai iPhone untuk memastikannya bertahan selama mungkin. Berikut adalah beberapa cara untuk memperlambat degradasi baterai pada iPhone.

1. Hindari memaksimalkan siklus pengisian daya

10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone, nomor 5 kebiasaan yang paling sering dilakukan foto: unsplash/onur-binay

Menurut Apple, setelah sekitar 500 siklus pengisian daya, iPhone hanya mempertahankan hingga 80% dari kapasitas baterai aslinya. Kamu menjalani siklus pengisian daya saat menggunakan 100% baterai iPhone. Misalnya, kamu menggunakan 50% kemarin dan 50% lainnya hari ini.

Jadi, secara umum, semakin sedikit kamu menggunakan iPhone, maka semakin sedikit siklus pengisian daya yang kamu lalui dan semakin lama baterai akan bertahan. Kamu dapat memeriksa berapa banyak siklus baterai yang telah dilalui iPhone bahkan tanpa menggunakan aplikasi.

Selain itu, menjaga perangkat pada muatan penuh atau benar-benar terkuras dapat berdampak negatif pada kesehatan baterai iPhone. Untuk alasan ini, kamu harus mencoba untuk menjaga perangkat antara 40% dan 80% baterai sebanyak mungkin untuk menjaga kesehatan baterai iPhone.

2. Matikan fitur yang tidak perlu

10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone, nomor 5 kebiasaan yang paling sering dilakukan foto: freepik

Untuk menggunakan lebih sedikit siklus pengisian daya dan menjaga kesehatan baterai iPhone, kamu harus mematikan fitur apa pun yang tidak benar-benar dibutuhkan. Misalnya, sebaiknya nonaktifkan fitur yang haus daya seperti Segarkan Aplikasi di Latar Belakang. Buka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang > Mati untuk melakukannya.

Untuk lebih menghemat masa pakai baterai di iPhone dan memaksimalkan daya baterai penuh, kamu juga dapat mematikan layar selalu aktif (jika iPhone memilikinya) dan mengaktifkan kecerahan otomatis sehingga iPhone secara otomatis mengurangi kecerahan layar kapan pun sesuai lingkungan. Untuk mengaktifkan kecerahan otomatis, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Tampilan & Ukuran Teks dan aktifkan Kecerahan Otomatis.

3. Jangan tinggalkan iPhone dengan baterai kosong terlalu lama

10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone, nomor 5 kebiasaan yang paling sering dilakukan foto: freepik

Sel-sel baterai yang membentuk baterai lithium-ion memiliki umur terbatas, yang berarti kamu harus merawat baterai iPhone jika ingin terus menuai manfaat dari perangkat. Salah satu pembunuh terbesar baterai smartphone adalah membiarkannya mati sepenuhnya. Ini karena ketika sel baterai habis dan dibiarkan seperti itu untuk waktu yang lama, sel baterai dapat memasuki kondisi pengosongan yang dalam dan tidak pernah berfungsi lagi.

Untungnya, baterai iPhone masih menyimpan beberapa daya cadangan bahkan ketika dimatikan untuk menghindari masalah ini. Tetapi jika iPhone mati, kamu harus ingat untuk mengisi daya lagi sesegera mungkin. Untuk menghindari hal ini, manfaatkan mode Daya Rendah saat baterai berada pada 20% atau lebih rendah hingga kamu mendapatkan stopkontak.

4. Jangan biarkan iPhone terisi daya semalaman

10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone, nomor 5 kebiasaan yang paling sering dilakukan foto: freepik/jero sennegs

Banyak orang mengisi daya ponsel mereka semalaman karena itu adalah pilihan yang paling nyaman. Namun, mengisi daya ponsel semalaman bisa berdampak buruk karena pengisian daya iPhone yang berlebihan seperti ini dapat mengakibatkan baterai cepat rusak dan mengurangi masa pakai ponsel.

Pengisian daya yang berlebihan sering merusak baterai karena memaksa lebih banyak arus ke dalam sel yang sudah penuh daripada yang dirancang. Ini juga berarti iPhon menghabiskan sebagian besar malam dengan daya 100%, yang buruk bagi kesehatan baterainya.

Untungnya, iOS memiliki fitur Pengisian Baterai yang Dioptimalkan untuk membantu menjaga kesehatan baterai iPhone. Kamu dapat mengaktifkannya dengan membuka Pengaturan > Kesehatan & Pengisian Baterai > Baterai dan mengaktifkan Pengisian Baterai yang Dioptimalkan.

5. Hindari mengisi daya dan menggunakan ponsel secara bersamaan

10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone, nomor 5 kebiasaan yang paling sering dilakukan foto: freepik/rawpixel.com

Tidak ada salahnya melihat beberapa pesan dan scrolling media sosial untuk sementara waktu. Namun, hindari bermain game yang berkepanjangan saat mengisi daya iPhone.Game multipemain, khususnya, cenderung menyebabkan iPhone terlalu panas. Mengisi daya perangkat secara bersamaan hanya akan memperburuk masalah dan memengaruhi kesehatan baterai untuk jangka panjang. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mengisi daya baterai perangkat secukupnya sebelumnya untuk merawat kesehatan baterai iPhone kamu.

(brl/red)