10 Pengaturan TikTok yang harus diubah sekarang untuk menjaga privasi kamu

10 Pengaturan TikTok yang harus diubah sekarang untuk menjaga privasi kamu

Techno.id - Bukan rahasia lagi jika TikTok menjadi salah satu platform media sosial berbasis video pendek yang paling banyak digemari pengguna. Namun di beberapa negara seperti Amerika Serikat, TikTok justru mendapat sejumlah pembatasan karena alasan privasi dan pengumpulan data. Bahkan penggunaan TikTok di bawah pengawasan ketat.

Meski opsi tersebut terjadi di negara lain, tidak ada salahnya jika kamu juga memperhatikan informasi yang dibagikan di aplikasi dan dengan pengikut kamu. Ada beberapa fitur TikTok yang dapat meningkatkan privasi.

Namun, ingatlah bahwa aplikasi masih melacak lokasi dan mengumpulkan data lain seperti yang diuraikan dalam Kebijakan Privasinya. Disarankan untuk meninjau Syarat dan Kebijakan TikTok untuk memahami data apa yang dikumpulkan dan bagaimana data tersebut digunakan. Juga, ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengamankan akun kamu. Berikut beberapa pengaturan yang dapat kamu sesuaikan untuk meningkatkan privasi.

1. Atur akun ke pribadi

10 Pengaturan TikTok yang harus diubah sekarang untuk menjaga privasi kamu   foto: tangkapan layar

Saat profil kamu bersifat publik, siapa pun, baik mereka memiliki akun TikTok atau tidak, dapat melihat profil kamu dan konten yang telah kamu bagikan. Dengan mengatur akun ke pribadi, hanya orang yang kamu setujui sebagai pengikut yang dapat melihat profil dan konten kamu. Jadi, untuk menjaga konten kamu dalam lingkaran teman dan keluarga tepercaya, kamu harus membuat akun menjadi pribadi. Untuk melakukannya, ketuk ikon profil di pojok kanan bawah, lalu ketuk tiga garis horizontal di pojok kanan atas. Pilih Pengaturan dan Privasi > Privasi, dan aktifkan Akun Pribadi.

2. Nonaktifkan status aktivitas

10 Pengaturan TikTok yang harus diubah sekarang untuk menjaga privasi kamu   foto: tangkapan layar

Fitur Status Aktivitas TikTok memungkinkan pengikut bersama, pengguna yang kamu ikuti yang juga mengikuti kamu kembali, melihat titik hijau di profil, kotak masuk, dan utas pesan kamu, yang menunjukkan bahwa kamu aktif. Mereka juga dapat melihat kapan kamu terakhir aktif. Agar fitur ini berfungsi, kamu dan pengikut harus mengaktifkannya.

Jadi, jika lebih suka menelusuri video tanpa memberi tahu pengikut bahwa kamu sedang online, maka harus mematikan fitur ini. Opsi ini akan mencegah orang lain melihat status aktivitas kamu, terlepas dari apakah mereka telah mengaktifkannya. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan dan Privasi > Privasi, dan matikan Status Aktivitas.

3. Membatasi siapa yang dapat menyebutkan, menandai, atau mengomentari postingan kamu

10 Pengaturan TikTok yang harus diubah sekarang untuk menjaga privasi kamu   foto: tangkapan layar

TikTok memungkinkan kamu mengontrol sepenuhnya siapa yang dapat mengomentari video dan menawarkan pengaturan tambahan untuk menangani komentar yang tidak pantas. Kamu juga dapat membatasi siapa yang dapat menyebut atau menandai kamu di platform.

Untuk mengelola pengaturan komentar, buka Pengaturan dan Privasi > Privasi > Komentar. Ketuk Izinkan Komentar Dari dan pilih opsi yang kamu inginkan. Kamu dapat mengaktifkan tombol Filter Semua Komentar, yang hanya akan mengizinkan komentar yang disetujui untuk muncul di video kamu. Selain itu, kamu dapat memfilter spam, komentar yang menyinggung, dan yang berisi kata-kata tertentu.

Untuk mengontrol siapa yang dapat menyebut atau menandai Anda, buka Pengaturan dan Privasi > Privasi > Sebutan dan Tag, ketuk Izinkan Sebutan Dari, dan pilih opsi pilihan Anda.

4. Jadikan daftar pengikut pribadi

10 Pengaturan TikTok yang harus diubah sekarang untuk menjaga privasi kamu   foto: tangkapan layar

Secara default, TikTok memungkinkan pengikut kamu untuk melihat seluruh daftar pengikut, termasuk teman bersama dan pengguna yang belum mereka ikuti. Ini dapat memungkinkan mereka melacak siapa yang kamu ikuti, yang berpotensi menyebabkan interaksi yang tidak diinginkan. Jika ada pengikut kamu yang memiliki niat jahat, mereka juga dapat menargetkan orang-orang tersebut.

Untuk mencegahnya, kamu harus merahasiakan daftar pengikut. Buka Pengaturan dan Privasi > Privasi. Ketuk Daftar Mengikuti dan pilih Hanya Anda.

5. Kontrol siapa yang dapat mengirimi DM

10 Pengaturan TikTok yang harus diubah sekarang untuk menjaga privasi kamu   foto: tangkapan layar

Mirip dengan tag, komentar, dan sebutan, TikTok memungkinkan kamu mengontrol siapa yang dapat mengirimi pesan langsung. Fitur ini membantu menghindari mendapatkan pesan yang tidak pantas dari pengikut acak. Untuk membuat DM lebih pribadi, buka Pengaturan dan Privasi > Privasi > Direct Message. Ketuk Izinkan Direct Message Dari dan pilih opsi pilihan kamu.

Kamu juga dapat menonaktifkan tombol Status Baca untuk mencegah orang lain mengetahui kapan kamu telah membaca pesan mereka. Selain itu, kamu dapat mengaktifkan Mode Aman untuk memfilter pesan dengan konten sensitif. Kamu juga dapat mengaktifkan Filter Telanjang untuk memblokir ketelanjangan dan memfilter pesan yang berisi kata kunci tertentu.

(brl/red)