10 Tips dan trik yang wajib dicoba saat ponsel Android tidak dapat dicas 

10 Tips dan trik yang wajib dicoba saat ponsel Android tidak dapat dicas 

Techno.id - Smartphone Android saat ini menjadi perangkat canggih yang dapat mendukung aktivitas penggunanya, mulai dari menangkap objek yang jauh dalam resolusi penuh, menyampaikan pesan, hingga melakukan percakapan.

Meski begitu, smartphone Android juga masih memiliki masalah mendasar yang sering dihadapi pengguna, seperti tidak mengisi daya sama sekali. Jika kamu mengalami masalah tersebut, berikut beberapa perbaikan cepat yang dapat kamu coba.

1. Mulai ulang perangkat

10 Tips dan trik yang wajib dicoba saat ponsel Android tidak dapat dicas foto: freepik/eyeem

Perbaikan pertama yang bisa kamu lakukan, tidak hanya untuk pengisian daya, tetapi juga berbagai masalah dengan ponsel Android adalah dengan me-reboot perangkat. Memulai ulang perangkat dapat menghapus aplikasi atau layanan yang rusak dari memori yang mungkin mengganggu pengisian daya.

Untuk memulai ulang ponsel, tahan tombol daya selama 5-7 detik atau dalam beberapa kasus, tombol daya dan volume naik bersama-sama untuk mengakses menu daya. Pilih Matikan Daya, lalu tunggu sekitar satu menit sebelum menyalakannya kembali. Setelah ponsel di-boot ulang, coba colokkan lagi untuk melihat apakah mulai mengisi daya.

2. Periksa stopkontak

10 Tips dan trik yang wajib dicoba saat ponsel Android tidak dapat dicas foto: freepik/pvproductions

Selanjutnya, salah satu perbaikan paling sederhana yang dapat kamu coba jika ponsel tidak mengisi daya adalah dengan memeriksa sumber daya. Masalahnya mungkin ada pada stopkontak itu sendiri, jadi colokkan perangkat lain ke soket yang sama untuk melihat apakah perangkat menyala atau mengisi daya.

Selain itu, coba ubah sumber daya pengisi daya dengan menggunakan stopkontak lain atau colokkan ke port USB di laptop atau power bank untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah.

3. Gunakan kabel dan adaptor pengisi daya yang berbeda

10 Tips dan trik yang wajib dicoba saat ponsel Android tidak dapat dicas foto: freepik/mateus andre

Jika mengganti stopkontak tidak berhasil, masalahnya mungkin ada pada adaptor pengisi daya atau kabel USB. Cobalah kombinasi kabel dan pengisi daya yang berbeda untuk melihat apakah itu membuat perbedaan. Jika kamu menemukan bahwa masalahnya terletak pada adaptor atau kabel, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru.

4. Lepaskan casing dan coba isi daya lagi

10 Tips dan trik yang wajib dicoba saat ponsel Android tidak dapat dicas foto: freepik

Sebelum melakukan pemeriksaan yang lebih mendalam, pertimbangkan apakah casing ponsel mungkin mengganggu pengisian daya. Beberapa casing ponsel, meskipun dirancang untuk menawarkan perlindungan maksimum, dapat menutupi sebagian port pengisian daya, mencegah kabel dimasukkan sepenuhnya. Lepaskan casing dan coba isi daya ponsel lagi.

Jika kamu bisa mengisi daya tanpa casing, mungkin perlu mendapatkan casing baru yang tidak menghalangi port pengisian daya atau bersiap untuk melepas casing setiap kali mengisi daya.

5. Bersihkan port pengisian daya ponsel

10 Tips dan trik yang wajib dicoba saat ponsel Android tidak dapat dicas foto: freepik/ali_production

Jika ponsel kamu masih tidak dapat mengisi daya, masalahnya mungkin ada pada port pengisian daya. Seiring waktu, kotoran dan debu dapat menumpuk di dalam port, menghalangi koneksi antara pin pengisi daya sehingga mencegah ponsel mengisi daya.

Gunakan senter untuk memeriksa port apakah ada debu atau kotoran. Tiupkan udara dengan lembut ke dalam port atau gunakan pin tipis non-metal untuk menghilangkan penumpukan dengan hati-hati.

(brl/red)