11 Cara mengatur dan mengorganisir aplikasi Android agar terlihat rapi dan mudah diakses

11 Cara mengatur dan mengorganisir aplikasi Android agar terlihat rapi dan mudah diakses

11 Cara mengatur aplikasi di ponsel Android

5. Gunakan emoji untuk nama folder

11 Cara mengatur dan mengorganisir aplikasi Android agar terlihat rapi dan mudah diakses foto: freepik/rawpixel

Judul yang hambar untuk folder seperti Game dan Musik dapat menjadi sedikit membosankan. Percantik tampilan folder kamu dengan menambahkan label emoji deskriptif, atau bahkan perpaduan antara teks dan emoji. Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan emoji not musik untuk menunjukkan folder yang berisi aplikasi seperti SoundCloud dan Spotify.

Ketika kamu mencari aplikasi tertentu, memberikan nama emoji deskriptif akan membuatnya lebih mudah ditemukan. Berikut ini cara melakukannya.

1. Kelompokkan aplikasi yang kamu pilih ke dalam folder baru.

2. Ketuk papan ketik emoji default, dan masukkan emoji favorit kamu di bidang Nama folder. Kamu bahkan dapat menambahkan input teks yang dikombinasikan dengan emoji.

Setelah selesai, cukup ketuk di mana saja pada layar, dan folder baru akan dibuat.

6. Urutkan aplikasi berdasarkan penggunaan

11 Cara mengatur dan mengorganisir aplikasi Android agar terlihat rapi dan mudah diakses foto: freepik/amenic181

Mengatur aplikasi berdasarkan konteks dapat membantu kamu mengaksesnya dengan cepat. Buat folder terpisah sesuai dengan fungsi yang berbeda seperti manajemen kalender, media sosial, pencatatan, dan letakkan aplikasi yang relevan di dalamnya.

Kamu bisa mengelompokkan aplikasi berdasarkan kategori penggunaan. Misalnya, jika ingin menyimpan semua aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan di satu tempat, buatlah folder berlabel Pekerjaan. Demikian pula, untuk aplikasi perpesanan pribadi, kesehatan dan kebugaran, serta game, kamu dapat mengelompokkannya sebagai Pribadi.

Kamu juga bisa mengatur aplikasi berdasarkan rutinitas harian. Misalnya, kamu dapat membuat folder seperti Rutinitas Pagi atau Rutinitas Malam untuk mengakses aplikasi yang kamu gunakan pada waktu tertentu dengan mudah, seperti aplikasi meditasi atau berita di pagi hari dan aplikasi membaca buku di malam hari.

7. Gunakan struktur folder berkode warna

11 Cara mengatur dan mengorganisir aplikasi Android agar terlihat rapi dan mudah diakses foto: freepik

Menggunakan perpaduan warna dan visual yang unik, adalah cara yang lebih intuitif dan lebih mudah untuk mengatur aplikasi ponsel cerdas. Cukup urutkan aplikasi kamu ke dalam folder berdasarkan warna ikonnya.

Cara ini dapat membuat pengalaman menggunakan ponsel cerdas menjadi lebih menyenangkan, dan mungkin memberikan warna-warni pada layar aplikasi. Namun, cara ini mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama jika kamu adalah penggemar pengelompokan aplikasi berdasarkan fungsinya.

8. Simpan aplikasi yang jarang digunakan dalam folder terpisah

11 Cara mengatur dan mengorganisir aplikasi Android agar terlihat rapi dan mudah diakses foto: freepik/billionphotos

Banyak aplikasi di smartphone yang sebenarnya jarang kamu gunakan. Kamu bisa memindahkan aplikasi yang jarang digunakan ke folder berlabel Lama. Untuk beberapa ponsel, kamu juga bisa memanfaatkan opsi kustomisasi untuk mengatur dan mengelola aplikasi, seperti fitur Zipped Apps yang memungkinkan kamu menonaktifkan dan menyimpan aplikasi yang jarang digunakan dalam folder terpisah.

(brl/red)