12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu

12 Tips memperpanjang masa pakai baterai

6. Menonaktifkan piksel layar secara manual

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu foto: play.google.com

Jika kamu tidak nyaman dengan gradien yang lebih gelap, kamu juga bisa menonaktifkan piksel secara manual melalui aplikasi pihak ketiga yang disebut Pixoff. Aplikasi ini juga dapat menggunakan salah satu dari beberapa pola kisi yang tersedia untuk dengan cepat, misalnya, menonaktifkan setengah dari piksel.

Kecuali jika kamu menonton film atau mengonsumsi konten lain dalam format HD, kamu tidak akan melihat banyak penurunan kualitas, terutama jika memiliki layar 1080p atau lebih tinggi. Beberapa produsen seperti Samsung juga menyertakan pengaturan yang memungkinkan kamu mengurangi resolusi layar.

7. Nonaktifkan akses data latar belakang

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu foto: techno.id/yani andriyansyah

Kamu juga dapat memutus akses data selular untuk aplikasi yang menurut kamu tidak perlu menggunakannya di latar belakang. Jika aplikasi tidak menerima akses internet, mereka tidak dapat memuat file baru dan bekerja di latar belakang. Hasilnya, hal ini akan menghemat baterai.

Untuk menghentikan aplikasi yang menggunakan data selular di latar belakang, buka Pengaturan > Aplikasi dan pilih aplikasi. Di bawah Penggunaan, ketuk Data seluler dan nonaktifkan Izinkan penggunaan data latar belakang.

8. Memantau aplikasi yang berperilaku buruk

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu foto: techno.id/yani andriyansyah

Daya tahan baterai kamu dapat berkurang drastis jika sebuah aplikasi tidak bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini dapat disebabkan banyak hal, mulai dari bug hingga fitur latar belakang yang agresif dan disengaja. Untuk memeriksanya, buka Pengaturan > Baterai dan perawatan perangkat > Baterai dan ketuk grafik penggunaan baterai untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menghabiskannya.

Jika ada aplikasi yang jarang kamu gunakan, hapus instalannya dan pantau baterainya selama satu hari untuk melihat apakah baterainya membaik. Kamu juga bisa menutup paksa aplikasi tersebut dan mencobanya lagi. Jika tidak ada yang terbukti bermanfaat, singkirkan dan beralihlah ke aplikasi lain.

9. Nonaktifkan Asisten Google

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu foto: techni.id/yani andriyansyah

Meskipun Google Assistant adalah alat yang berguna untuk bersenang-senang dan bekerja, ini juga merupakan salah satu fitur Android yang terus-menerus menghabiskan energi ponsel. Fitur ini mendengarkan perintah untuk membangunkan, terhubung ke lokasi untuk mendapatkan hasil kontekstual secara instan, dan banyak lagi.

Jika kamu tidak terlalu bergantung pada Google Assistant, sebaiknya matikan saja. Tidak mengherankan, Google tidak membuat tombol Assistant mudah dijangkau. Kamu harus melewati beberapa rintangan untuk menemukannya.

Pertama, buka aplikasi Google, ketuk foto profil kamu, dan pilih Pengaturan. Lalu buka Google Assistant > General dan matikan Google Assistant. Atau, untuk melakukan ini lebih cepat, cukup beri tahu Asisten Google, Hai Google, matikan Asisten Google lalu ketuk pengaturan Asisten, dan matikan Asisten Google.

10. Beralih ke aplikasi web lite atau progresif

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu foto: play.google.com

Metode bagus lainnya yang tidak membutuhkan banyak pengorbanan dan masih memperpanjang masa pakai baterai ponsel adalah beralih ke aplikasi web ringan atau progresif. Ini adalah versi aplikasi yang lebih ramping yang tersedia di peramban.

Beberapa developer menawarkannya untuk membuat pengalaman yang lebih baik pada ponsel yang kurang bertenaga. Aplikasi ini membutuhkan lebih sedikit sumber daya, tetapi kamu tidak akan kehilangan banyak hal. Kamu memiliki sejumlah aplikasi Android ringan serta aplikasi web progresif yang tersedia untuk dicoba.

11. Ubah pengaturan sinkronisasi

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu foto: techno.id/yani andriyansyah

Pemberitahuan itu penting. Tetapi jika kamu merasa hal tersebut mengganggu dan tidak suka dengan notifikasi yang terus-menerus, kamu bisa menonaktifkan sinkronisasi otomatis. Dengan begitu, kamu hanya akan melihat konten baru ketika membuka aplikasi dan menyegarkannya secara manual.

Karena aplikasi tidak akan terus-menerus menyegarkan diri di latar belakang untuk memberi kamu informasi baru, hal ini juga dapat menghemat banyak daya tahan baterai. Kamu dapat menonaktifkan sinkronisasi otomatis melalui Panel Pengaturan Cepat pada ponsel Samsung, atau, cukup buka Pengaturan > Akun dan pencadangan > Kelola akun dan matikan Data sinkronisasi otomatis.

12. Matikan pemindaian perangkat terdekat pada ponsel Samsung

12 Tips dan trik ini dijamin bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu foto: techno.id/yani andriyansyah

Ponsel Samsung berulang kali memindai perangkat terdekat sehingga kamu dapat dengan mudah mendeteksi dan menyambungkan ke earbud, jam tangan pintar, speaker Bluetooth, dan lainnya. Hal ini bagus untuk kenyamanan, tetapi tidak bagus untuk baterai.

Jadi, setelah kamu memasangkan aksesori, segera matikan fitur ini. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Koneksi > Pengaturan koneksi lainnya dan matikan Pemindaian perangkat terdekat.

(brl/red)