3 Cara melihat dan menyesuaikan FPS game di PC Windows agar permainan berjalan mulus dan lancar

3 Cara melihat dan menyesuaikan FPS game di PC Windows agar permainan berjalan mulus dan lancar

Techno.id - Saat bermain game di PC Windows, memiliki pengalaman yang mulus dan responsif sangatlah penting. Salah satu indikator utama kinerja game adalah frame per detik (FPS), yang menunjukkan berapa banyak frame yang dapat dirender komputer setiap detik.

Sebagai informasi nilai FPS secara langsung memengaruhi fluiditas dan kenikmatan pengalaman bermain game. FPS yang lebih tinggi umumnya menghasilkan gameplay yang lebih mulus, sebaliknya FPS yang lebih rendah dapat menyebabkan lag dan stuttering, membuat game sulit dimainkan.

Karena itu, mengetahui cara memantau FPS sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja sistem dan menyesuaikan pengaturan untuk mencapai keseimbangan terbaik antara kualitas visual dan daya tanggap. Ini juga dapat membantu kamu mengidentifikasi hambatan dan memperbaiki masalah FPS rendah yang mungkin memengaruhi gameplay.

Kabar baiknya, ada beberapa cara untuk memeriksa FPS dalam game di komputer Windows 10 atau 11, mulai dari fitur bawaan seperti Xbox Game Bar hingga aplikasi GPU seperti NVIDIA GeForce. Berikut cara menggunakannya.

1. Periksa FPS menggunakan Xbox Game Bar

3 Cara melihat dan menyesuaikan FPS game di PC Windows agar permainan berjalan mulus dan lancar foto: xbox

Xbox Game Bar, yang sudah diinstal sebelumnya di PC Windows 10 dan 11, menyediakan cara mudah untuk memantau FPS dan metrik kinerja lainnya saat bermain game. Berikut cara menggunakannya.

1. Buka game favorit kamu dan tekan Windows + G untuk mengakses hamparan Game Bar.

2. Klik opsi Performa untuk melihat penghitung FPS.

3. Pindahkan jendela FPS ke lokasi yang kamu inginkan dan klik tombol Pin sehingga jendela tetap terlihat saat kamu kembali ke game.

4. Jika kamu hanya ingin Game Bar menampilkan FPS, klik tombol opsi kinerja di bagian atas dan hapus centang CPU, GPU, VRAM, dan RAM.

Menggunakan overlay Game Bar adalah opsi yang nyaman jika kamu tidak ingin mengunduh perangkat lunak atau alat tambahan apa pun di PC. Setelah selesai menggunakannya, tekan Windows + G lagi dan klik tombol Unpin untuk menghapus penghitung FPS.

2. Aktifkan penghitung FPS di peluncur game

3 Cara melihat dan menyesuaikan FPS game di PC Windows agar permainan berjalan mulus dan lancar foto: steam

Banyak peluncur game populer, seperti Steam, Ubisoft Connect, dan GOG Galaxy, juga memiliki penghitung FPS bawaan. Jika kamu menggunakan Steam, misalnya, maka dapat membuka Pengaturan > Dalam Game dan mengaktifkan Aktifkan Hamparan Steam saat berada dalam game.

Di menu yang sama, kamu kemudian dapat menggunakan menu tarik-turun penghitung FPS dalam game untuk memilih di mana penghitung FPS Steam muncul.

Demikian pula, di Ubisoft Connect, kamu dapat menuju ke Pengaturan > Umum untuk mengaktifkan penghitung Display FPS dalam game. Jika menggunakan GOG Galaxy, cukup tekan Ctrl + Shift + Tab saat bermain game untuk melihat FPS. Tidak seperti peluncur game lainnya, GOG Galaxy tidak memberi kamu opsi untuk memindahkan atau menyesuaikan lokasi jendela FPS.

Selain itu, banyak judul game populer, seperti Apex Legends, Call of Duty: Warzone, Counter-Strike 2, Roblox, dan lainnya, menawarkan penghitung FPS bawaan pada pengaturan dalam game mereka. Ini memberikan cara mudah untuk memantau kinerja tanpa meninggalkan game.

3. Periksa FPS menggunakan utilitas GPU

3 Cara melihat dan menyesuaikan FPS game di PC Windows agar permainan berjalan mulus dan lancar foto: nvidia

Utilitas GPU seperti NVIDIA GeForce Experience dan perangkat lunak AMD Radeon juga menyertakan penghitung FPS bawaan yang mudah digunakan. Jika komputer kamu memiliki kartu grafis NVIDIA, maka dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan penghitung FPS menggunakan NVIDIA GeForce Experience.

1. Tekan Alt + Z untuk membuka overlay GeForce Experience.

2. Klik ikon pengaturan dan kemudian pilih opsi tata letak HUD.

3. Buka tab Kinerja, pilih FPS, dan tentukan lokasi yang kamu inginkan untuk jendela FPS.

Demikian pula, pada PC dengan kartu grafis AMD, kamu dapat mengaktifkan overlay FPS dari perangkat lunak AMD Radeon. Berikut cara melakukannya.

1. Buka perangkat lunak AMD Radeon menggunakan menu pencarian atau pintasan keyboard Alt + R.

2. Buka tab Performa. Di bawah Metrik, buka tab Pelacakan di sebelah kanan kamu dan klik ikon mata di sebelah FPS.

3. Beralih ke tab Hamparan, dan aktifkan opsi Tampilkan Metrik overlay.

Baik NVIDIA GeForce Experience dan perangkat lunak AMD Radeon memudahkan pemantauan FPS secara real-time saat bermain game. Jika kamu mengalami masalah, setel ulang driver grafis dan pastikan aplikasi GPU sudah diperbarui.

(brl/red)