3 Cara memaksimalkan daya tahan baterai iPhone, hindari panas berlebih

3 Cara memaksimalkan daya tahan baterai iPhone, hindari panas berlebih

Techno.id - Salah satu pertimbangan terbesar pengguna smartphone adalah baterai. Selama dekade terakhir, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa masa pakai baterai dan teknologi pengisian daya sangat penting dalam memandu keputusan pengguna untuk membeli sebuah smartphone.

Baterai ponsel cerdas adalah media berisi bahan kimia yang mengandalkan listrik untuk siklus pengisian dan pengosongan untuk memberi daya pada ponsel. Perlahan-lahan baterai kehilangan kemampuannya dari waktu ke waktu karena degradasi ionik.

Artinya, tidak semua ada dalam kendali pengguna. Namun, ada langkah-langkah tertentu yang dapat dilakukan pengguna smartphone untuk setidaknya memperlambat proses degradasi kimia dan meningkatkan umur panjang fungsional baterai.

Untungnya, iPhone sekarang hadir dengan sistem yang tidak hanya menawarkan pengguna tampilan terperinci pada kesehatan baterai ponsel cerdas mereka, tetapi juga beberapa kontrol untuk memperlambat proses penuaan baterai.

Setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan pengguna terkait masa pakai baterai adalah dengan memeriksa kesehatan baterai. Aktifkan mode baterai lemah dan pastikan pengisian baterai yang dioptimalkan dihidupkan.

Pengisian daya yang dioptimalkan adalah fitur yang diperkenalkan Apple sejak iOS 13 yang menunda pengisian daya setelah level baterai mencapai level 80%. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa baterai tidak harus melalui kerasnya siklus pengisian dan pengosongan penuh dan masa pakainya dapat diperpanjang. Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk memaksimalkan daya tahan baterai.

1. Mengurangi tekanan pada baterai

3 Cara memaksimalkan daya tahan baterai iPhone, hindari panas berlebih foto: freepik/user6724086

Dengan diperkenalkannya seri iPhone 15, Apple semakin membangun teknologi pengisian daya yang dioptimalkan yang membatasi pengisian daya hingga 80% dari kapasitas baterai. Seluruh sistem menjadi hidup berkat algoritma pembelajaran mesin pada perangkat yang belajar dari kebiasaan penggunaan ponsel cerdas.

Pola pengisian daya dan tingkat suhu adalah dua faktor paling penting yang menentukan berapa lama baterai di dalam iPhone akan bertahan untuk penggunaan reguler berdasarkan kapasitas retensi muatannya. Jadi, langkah pertama adalah mengurangi tekanan pada baterai sehingga kamu tidak perlu terlalu sering melakukan pengisian daya.

Banyak pengguna beranggapan menonaktifkan proses latar belakang akan membantu daya tahan baterai. Tetapi itu bukan solusi yang efektif. Mitos terbesar seputar masa pakai baterai adalah kamu dapat menghemat masa pakai baterai dengan menutup aplikasi di pengalih aplikasi.

Padahal Apple telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam membekukan aplikasi. Ketika kamu harus menyalakan kembali aplikasi dari awal, sebenarnya itu justru menghabiskan lebih banyak masa pakai baterai. Aspek umur panjang baterai karena adaptor pengisian cepat sekarang memungkinkan untuk mengisi pada kecepatan yang jauh lebih cepat.

2. Selalu periksa kapasitas baterai

3 Cara memaksimalkan daya tahan baterai iPhone, hindari panas berlebih foto: freepik/vlarvix

Baterai normal dirancang untuk mempertahankan hingga 80% dari kapasitas aslinya pada 500 siklus pengisian penuh saat beroperasi dalam kondisi normal. Bagian baterai dalam aplikasi Pengaturan iPhone akan memberi tahu tentang kapasitas baterai. Jika angka persentase di atas 80%, iPhone akan berfungsi seperti biasa. Biasanya dibutuhkan dua atau tiga tahun penggunaan untuk kapasitas baterai mencapai tingkat itu.

Apa pun di bawah 80% berarti kamu harus mencari pengisi daya di tengah hari. Dalam kasus ekstrem di mana baterai tidak dalam bentuk untuk bertahan sehari penuh, kamu akan mengalami masalah seperti peluncuran aplikasi yang lambat, kecepatan bingkai yang berkurang, lampu latar layar yang redup, penurunan bingkai dalam aplikasi, output speaker yang sedikit berkurang, dan penyegaran aplikasi latar belakang yang agresif. Itu pertanda kamu mungkin perlu mengganti baterai.

3. Hindari panas berlebih

3 Cara memaksimalkan daya tahan baterai iPhone, hindari panas berlebih foto: freepik/eyeem

Bukan rahasia lagi jika panas menjadi musuh nomor satu perangkat elektronik, termasuk smartphone. Karena itu selalu hindari penggunaan iPhone jika mengalami kelebihan panas. Masalah kelebihan panas akan lebih terasa pada ponsel dengan perangkat keras manajemen termal berkualitas rendah dan tidak memadai, seperti minimnya ventilasi pembuangan panas. Cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyimpan ponsel di tempat yang sejuk.

Hindari menggunakan iPhone di bawah sinar matahari langsung, terutama untuk tugas-tugas yang menuntut seperti pengambilan video resolusi tinggi atau bermain game. Kurangi kecerahan layar juga dapat membantu meminimalisir panas. Melepas casing pelindung juga dapat membantu ponsel menghilangkan panas dari cangkangnya dengan lebih cepat.

(brl/red)