3 Cara memulai ulang atau mematikan paksa Mac yang nge-freeze

3 Cara memulai ulang atau mematikan paksa Mac yang nge-freeze

Techno.id - Kamu pernah mengalami Mac yang digunakan macet dan tidak merespons? Kondisi ini bakal bikin kamu kesal dan frustrasi. Apalagi jika harus menyelesaikan pekerjaan dengan segera. Saat mengalami masalah tersebut, salah satu opsi yang dapat kamu lakukan adalah mematikannya secara paksa.

Namun yang perlu diingat, mematikan paksa Mac dapat menyebabkan kamu kehilangan tugas yang sedang dikerjakan yang belum disimpan di dokumen. Bahkan cara ini dapat mengakibatkan file macOS rusak. Karena itu mematikan secara paksa (force shutdown) hanya dilakukan untuk saat-saat kamu benar-benar putus asa.

Namun berhati-hatilah karena force shutdown dapat menyebabkan kehilangan data atau kerusakan file. Berikut tiga metode yang bisa kamu lakukan untuk mematikan Mac secara paksa.

1. Tahan tombol daya

3 Cara memulai ulang atau mematikan paksa Mac yang nge-freeze foto: apple

Setiap Mac memiliki tombol daya. Di MacBook, kamu biasanya akan menemukan tombol daya di kanan atas papan ketik atau Touch Bar. Mungkin memiliki simbol daya atau simbol pelepas di atasnya, atau mungkin sensor Touch ID kosong.

Di iMac, kamu akan menemukan tombol daya di belakang sudut kiri bawah layar. Jika melihat bagian belakang iMac, itu ada di kanan bawah. Di Mac mini, kamu akan menemukan tombol daya kecil di bagian belakang.

3 Cara memulai ulang atau mematikan paksa Mac yang nge-freeze foto: apple

Untuk mematikan paksa Mac, tekan dan tahan tombol daya hingga layar menjadi hitam. Ini mungkin memakan waktu 10 detik atau lebih. Terus tahan tombolnya. Setelah Mac dimatikan, tunggu beberapa saat hingga mendingin, lalu tekan sebentar tombol daya lagi untuk memulai ulang. Jika layar sudah hitam saat kamu memulai, terus tahan tombol daya hingga logo Apple muncul.

2. Menggunakan pintasan keyboard

3 Cara memulai ulang atau mematikan paksa Mac yang nge-freeze foto: apple

Ada dua pintasan keyboard yang dapat kamu gunakan untuk mematikan Mac, pintasan pertama mencoba untuk menutup aplikasi dengan aman terlebih dahulu, sedangkan pintasan kedua memaksa Mac untuk mematikan tanpa menutup apa pun. Karena itu, yang terbaik adalah mencoba pintasan pertama terlebih dahulu.

Untuk mematikan Mac dengan aman, tekan Control + Option + Cmd + Power. Jangan tahan tombol daya, atau kamu akan mematikan paksa Mac, tekan sebentar dengan tombol lainnya.

3 Cara memulai ulang atau mematikan paksa Mac yang nge-freeze foto: apple

Pintasan di atas mungkin tidak berfungsi jika Mac tidak dapat menutup setiap aplikasi dengan aman. Dalam hal ini kamu harus memaksa Mac untuk dimatikan. Tekan Control + Cmd + Power (tanpa Option) untuk melakukannya. Kali ini, kamu perlu menahan tombol selama beberapa detik sebelum Mac mati.

(brl/red)