3 Cara mencari pesan kotak masuk yang belum dibaca di Gmail, anti ribet

3 Cara mencari pesan kotak masuk yang belum dibaca di Gmail, anti ribet

Techno.id - Gmail telah menjadi cara hidup bagi miliaran orang di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan mereka merasakan betapa nyamannya penyedia email, terutama jika kamu menggunakan layanan Google lainnya. Namun, sebagus apapun Gmail, ada satu hal yang bisa membuat kamu kewalahan, jumlah pesan yang belum dibaca di kotak masuk.

Sangat mungkin kamu menerima lebih dari ratusan kotak masuk per hari. Ada kemungkinan besar kamu mengabaikan pesan masuk tersebut jika dinilai tidak terlalu mendesak untuk membukanya. Nah kebiasaan ini pada akhirnya akan membuat pesan masuk yang belum dibaca semakin menumpuk. Berikut cara mengetahui cara mencari kotak masuk untuk pesan email yang belum dibaca.

1. Menggunakan bilah penelusuran Gmail

3 Cara mencari pesan kotak masuk yang belum dibaca di Gmail, anti ribet foto: tangkapan layar

Ada berbagai trik Gmail yang dapat mempermudah navigasi kotak masuk. Jika mencari pesan tertentu yang belum dibaca dan tidak ingin menyesuaikan pengaturan, bilah pencarian adalah opsi terbaik untuk menemukannya dengan cepat.

Anda dapat memasukkan berbagai kueri untuk mempersempit hal-hal dan memfilter email yang belum dibaca dari kotak masuk. Melakukannya akan memungkinkan kamu menangani pesan-pesan tersebut tanpa harus menyaring pesan yang telah kamu baca.

Jika ingin melakukan kueri pencarian dasar, yang harus kamu lakukan adalah mengetik, is:unread di bilah untuk menampilkan semua pesan yang belum dibaca dalam urutan kronologis, dari yang terbaru hingga yang terlama, di mana pun pesan tersebut berada di akun kamu.

Mungkin ada kalanya kamu ingin mempersempit perburuan dengan melakukan kueri khusus kategori. Misalnya, jika perlu menemukan email penting yang belum dibaca, kamu dapat menggali tab Utama dengan mengetik is:kategori yang belum dibaca: utama. Pencarian ini akan mengecualikan tab lain seperti Promosi dan Sosial.

Kamu dapat menggunakan penelusuran khusus tanggal untuk menemukan pesan yang belum dibaca dalam jangka waktu tertentu dengan menggunakan kueri is:belum dibaca sebelum:YYYY/MM/DD setelah:YYYY/MM/DD. Jika perlu menemukan email yang belum dibaca dari alamat email tertentu, ketik: is:unread from:email@example.com. Kamu juga dapat menggabungkan kueri yang berbeda untuk menjadi lebih spesifik. Misalnya, is:unread from:email@example.com before:YYYY/MM/DD akan menampilkan email yang belum dibaca dari pengirim tertentu sebelum tanggal tertentu.

(brl/red)