3 Cara mengatasi AirPods yang tidak bisa mengisi daya, bersihkan perangkat secara teratur

3 Cara mengatasi AirPods yang tidak bisa mengisi daya, bersihkan perangkat secara teratur

Techno.id - AirPods menjadi salah satu gadget yang cukup digemari pengguna perangkat Apple. Dibekali berbagai fitur canggih, AirPods menjadi wearable gadget yang diandalkan untuk mendengarkan music, menonton film, hingga bermain game.

Namun ada kalanya AirPods mengalami masalah tidak bisa mengisi daya. Ada sejumlah faktor potensial yang dapat menyebabkan AirPods tidak berfungsi. Berikut cara memperbaiki dan mengetahui penyebab AirPods yang tidak bisa mengisi daya.

1. Periksa kabel pengisi daya

3 Cara mengatasi AirPods yang tidak bisa mengisi daya, bersihkan perangkat secara teratur foto: techno.id/yani andriyansyah

Faktor eksternal pertama yang harus diperiksa adalah kabel Lightning atau USB-C yang digunakan untuk mengisi daya casing AirPods. Apakah berfungsi dengan baik atau tidak?

Untuk mengujinya, coba kabel dengan produk lain. Misalnya, gunakan kabel Lightning dengan iPhone 14 atau coba kabel USB-C di iPhone 15 Pro. Jika produk tersebut juga tidak mengisi daya dengan kabel yang sama dengan AirPods, berarti kamu telah menemukan kesalahannya dan perlu menggantinya.

Terkadang, blok pengisi daya yang kamu gunakan dapat menjadi alasan AirPods tidak mengisi daya. Ulangi langkah-langkah di atas dengan adaptor pengisi daya yang berbeda dan stopkontak yang berbeda untuk memastikan semuanya berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Periksa pengisi daya nirkabel

3 Cara mengatasi AirPods yang tidak bisa mengisi daya, bersihkan perangkat secara teratur foto: freepik/louis h

Jika AirPods tidak mengisi daya secara nirkabel, mungkin ada masalah dengan bantalan pengisi daya nirkabel yang kamu gunakan. Sebaiknya lepaskan casing pelindung dari casing pengisi daya dan posisikan casing AirPods di tengah bantalan pengisi daya.

Seperti disebutkan di atas, uji kabel, adaptor pengisi daya, dan bantalan pengisi daya nirkabel untuk memastikan masalahnya bukan berasal dari AirPods. Hal yang hebat tentang AirPods yang lebih baru seperti Pro 2 adalah dapat mengisi daya dengan pengisi daya Apple Watch atau MagSafe, jadi cobalah semua solusi pengisian daya di rumah untuk mengetahui masalahnya.

3. Bersihkan AirPods

3 Cara mengatasi AirPods yang tidak bisa mengisi daya, bersihkan perangkat secara teratur foto: freepik

Terkadang kotoran dapat masuk ke casing pengisi daya AirPods yang menyebabkan konektor tidak bersentuhan dan mencegah AirPods mengisi daya. Sangat penting untuk membersihkan AirPods secara teratur dan cukup mudah untuk melakukannya.

Apple menyarankan pengguna untuk membersihkan AirPods mereka dengan kain lembut, kering, dan tidak berbulu. Jika kamu perlu membersihkan port pengisian daya karena ada debu atau kotoran di dalamnya, Apple menyarankan untuk menggunakan sikat kering berbulu lembut.

(brl/red)