3 Cara menghentikan kunci otomatis layar perangkat Windows

3 Cara menghentikan kunci otomatis layar perangkat Windows

Techno.id - Baik Windows 10 dan 11 memiliki fitur yang secara otomatis mengunci layar setelah beberapa saat tidak aktif. Fungsinya untuk melindungi data kamu dan mencegah akses yang tidak sah. Namun, jika kamu lebih suka agar PC tetap dapat diakses tanpa masuk terus-menerus, ada cara untuk menonaktifkan fitur kunci otomatis di Windows.

1. Ubah opsi masuk

3 Cara menghentikan kunci otomatis layar perangkat Windows foto: tangkapan layar

Menonaktifkan persyaratan masuk Windows adalah cara yang efektif untuk mencegahnya mengunci dirinya sendiri karena tidak aktif. Selain itu, kamu juga harus menonaktifkan fitur Dynamic Lock, yang secara otomatis mengunci PC saat perangkat Bluetooth yang terhubung, seperti ponsel cerdas, berada di luar jangkauan. Berikut cara melakukan keduanya.

1. Tekan Win + I untuk membuka aplikasi Pengaturan dan buka Akun > opsi Masuk.

2. Di bawah bagian Pengaturan tambahan, pilih Tidak Pernah dari menu tarik-turun.

3. Di menu yang sama, nonaktifkan fitur Kunci Dinamis dengan menghapus centang pada opsi Izinkan Windows mengunci perangkat secara otomatis saat kamu pergi.

2. Nonaktifkan mode tidur dan screen saver

3 Cara menghentikan kunci otomatis layar perangkat Windows foto: tangkapan layar

Secara default, Windows secara otomatis mengunci dirinya sendiri saat memasuki mode tidur. Untuk mencegahnya, kamu dapat menghentikan Windows memasuki mode tidur secara otomatis saat tidak aktif. Dengan cara ini, perangkat tidak akan terkunci dengan sendirinya. Untuk menonaktifkan mode tidur di Windows, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi Pengaturan dan buka Sistem > Daya & baterai.

2. Klik Layar dan tidur untuk memperluasnya.

3. Klik menu tarik-turun di samping Dengan daya baterai, atur perangkat saya ke mode tidur dan Saat dicolokkan, atur perangkat saya ke mode tidur dan pilih Jangan Pernah.

Opsi ini juga merupakan ide yang baik untuk menonaktifkan mode screen saver, karena terkadang dapat menyebabkan Windows mengunci dirinya sendiri secara otomatis. Berikut cara melakukannya.

1. Tekan Win + S untuk memunculkan Pencarian Windows.

2. Ketik Aktifkan atau nonaktifkan screen saver dan pilih hasil pertama yang muncul.

3. Di jendela Pengaturan Penghemat Layar, atur Penghemat layar ke Tidak Ada dan hapus centang Pada lanjutkan, tampilkan layar masuk.

3.Edit registri Windows

3 Cara menghentikan kunci otomatis layar perangkat Windows foto: tangkapan layar

Cara lain untuk menghentikan Windows mengunci dirinya sendiri secara otomatis melibatkan pengeditan beberapa file registri. Namun, penting untuk dipahami bahwa mengedit Windows Registry bisa berisiko. Jadi, gunakan hanya metode ini jika yang lain tidak berhasil.

Bahkan jika kamu terbiasa memodifikasi file registri, pastikan mencadangkan semua file registri atau membuat titik pemulihan sebelumnya, untuk berjaga-jaga.

1. Klik ikon pencarian di bilah tugas, ketik editor registri, dan pilih Jalankan sebagai administrator.

2. Di jendela Editor Registri, navigasikan ke HKEY_LOCAL_MACHINE > Software > Policies > Microsoft di panel kiri.

3. Klik kanan pada Windows dan pilih New > Key. Beri nama kunci baru DisableAutoLock.

4. Klik kanan pada kunci yang baru dibuat, buka Baru, dan pilih Nilai DWORD (32-bit). Ubah nama DWORD baru ini menjadi NoLockScreen.

5. Buka NoLockScreen dan atur data Nilai ke 1. Klik OK dan mulai ulang komputer kamu untuk menerapkan perubahan.

Membuka kunci PC sangat nyaman jika mendukung Windows Hello, baik itu melalui pengenalan wajah atau pemindaian sidik jari. Namun, jika komputer kamu tidak memiliki fitur ini, kamu dapat mencegah PC Windows 10 atau 11 terkunci secara otomatis menggunakan salah satu metode di atas.

(brl/red)