3 Cara mirroring layar iPhone ke Mac, anti ribet dan dijamin lancar

3 Cara mirroring layar iPhone ke Mac, anti ribet dan dijamin lancar

Techno.id - Ada saatnya layar iPhone dirasa kurang memuaskan saat menonton streaming video atau film. Namun hal itu bukan masalah. Sebab, kamu bisa membagikan layar (mirroring) iPhone ke layar yang lebih besar seperti MacBook.

Selain itu, cara ini juga memungkinkan kamu berbagi media dari aplikasi yang tidak memiliki fungsi transmisi layar bawaan seperti aplikasi iOS asli, misalnya aplikasi Foto atau Netflix. Berbagi layar adalah fitur yang sangat berguna untuk memberikan presentasi, menampilkan foto dan video atau bahkan menampilkan game selular terbaru. Jadi, jika kamu ingin berbagi layar, berikut caranya.

1. Menggunakan AirPlay

3 Cara mirroring layar iPhone ke Mac, anti ribet dan dijamin lancar foto: freepik/h9images

Mirip dengan mentransmisikan layar iPhone ke layar smart TV, kamu juga dapat menggunakan AirPlay untuk menampilkan layar ke Mac. Namun, perhatikan, fitur AirPlay ke Mac terbatas pada model iPhone 7 atau yang lebih baru, dan memerlukan minimal iOS 14. Selain itu, Mac penerima harus berjalan di macOS Monterey atau versi lebih baru seperti MacBook, MacBook Pro, MacBook Air (2018) dan seterusnya. Selain itu berbagi layar bisa juga dilakukan di Mac mini (2020) dan yang lebih baru, iMac, Mac Pro (2019) dan yang lebih baru, iMac Pro, Mac Studio (2022).

Jika memiliki perangkat yang kompatibel, kamu harus menyambungkan Mac dan iPhone ke jaringan Wi-Fi yang sama sebelum melanjutkan. Setelah itu, kamu dapat menggeser ke bawah dari sudut kanan atas layar iPhone. Kemudian, ketuk ikon Pencerminan Layar (mirroring) dan pilih perangkat Mac yang ingin kamu tampilkan.

Sayangnya, tidak seperti TV dan perangkat streaming, kamu tidak dapat melakukan streaming langsung dari aplikasi iPhone pihak ketiga seperti Netflix atau Disney+ ke Mac. Untungnya, kamu masih dapat menggunakan aplikasi versi web atau versi Mac. Di sisi lain, untuk beberapa aplikasi iOS asli, seperti aplikasi Foto, ada cara alternatif untuk membagikan media kamu. Begini caranya.

1. Di iPhone, luncurkan aplikasi Foto.

2. Di sudut kiri bawah layar, ketuk tombol bagikan.

3. Di bawah opsi bagikan, ketuk AirPlay.

4. Pilih perangkat Mac.

Jika menggunakan sistem operasi iPhone atau Mac yang lebih lama daripada yang tercantum di atas, kamu tetap bisa menggunakan AirPlay ke Mac, tetapi dengan resolusi yang lebih rendah. Untuk melakukannya, Anda harus mengaktifkan pengaturan Penerima AirPlay, dan mengaktifkan opsi Izinkan AirPlay.

2. Koneksi menggunakan kabel

3 Cara mirroring layar iPhone ke Mac, anti ribet dan dijamin lancar foto: apple

Jika menginginkan solusi yang lebih mudah, kamu dapat menggunakan kabel untuk membagikan layar iPhone ke Mac. Jadi, jika memiliki kabel lightning iPhone atau kabel USB-C, berikut cara mulai mentransmisikan layar iPhone di QuickTime Player.

1. Colokkan iPhone ke Mac dengan kabel lightning atau USB-C.

2. Di Mac, luncurkan aplikasi QuickTime Player.

3. Di bagian atas layar, klik Perekaman Film Baru.

4. Di layar pop-up, ketuk panah bawah di sebelah tombol rekam.

5. Di bawah Kamera, ketuk nama iPhone kamu.

6. (Opsional) Di bawah kualitas, ketuk maksimum untuk mendapatkan resolusi terbaik.

Jika hanya layar hitam yang muncul, kamu dapat memutuskan dan menyambungkan kembali iPhone hingga ditampilkan dengan benar. Bergantung pada perangkat Apple kamu, mungkin perlu menggunakan dongle agar sesuai dengan kabel kamu dengan port USB-A atau USB-C.kamu juga bisa menggunakan Satechi USB-C Slim Dock.

(brl/red)