3 Cara mudah dan anti ribet memeriksa kesehatan baterai ponsel cerdas Android dan iPhone

3 Cara mudah dan anti ribet memeriksa kesehatan baterai ponsel cerdas Android dan iPhone

Techno.id - Kesehatan baterai ponsel cerdas merupakan faktor penting dalam menentukan umur panjang perangkat, terlepas dari apakah itu model kelas atas entry level. Seiring waktu, semua baterai ponsel mengalami penurunan, sehingga penting untuk memantau statusnya, terutama bagi mereka yang berencana untuk menukar atau menjual perangkat mereka.

Istilah kesehatan baterai mengacu pada durasi penggunaan ponsel sebelum memerlukan penggantian baterai. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai baterai ponsel cerdas.

Kesehatan baterai vs masa pakai baterai

3 Cara mudah dan anti ribet memeriksa kesehatan baterai ponsel cerdas Android dan iPhone foto: freepik/lashkhidzetim

Kesehatan baterai ponsel dimulai pada maksimum 100% saat baru dan tidak digunakan. Tetapi persentase ini menurun seiring waktu karena penggunaan terus menerus, siklus pengisian daya, aplikasi yang diunduh, dan penggunaan perangkat secara keseluruhan.

Sementara level atau masa pakai baterai adalah indikator terpisah yang menunjukkan berapa lama waktu yang tersisa sebelum ponsel mati karena daya yang rendah. Informasi ini biasanya ditampilkan di sudut kanan atas atau kiri atas layar ponsel sebagai pengukur status.

Memeriksa kesehatan baterai di perangkat Android vs iPhone

3 Cara mudah dan anti ribet memeriksa kesehatan baterai ponsel cerdas Android dan iPhone foto: freepik/user6724086

Bagi pengguna iPhone, proses pengecekan kesehatan baterai cukup sederhana dan bisa dilakukan melalui Settings > Battery > Battery Health & Charging. Kamu akan diperlihatkan kapasitas maksimum baterai ponsel. Kapasitas yang lebih rendah dapat mengakibatkan lebih sedikit jam penggunaan di antara pengisian daya.

Namun, pengguna Android mungkin perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memeriksa kesehatan baterai ponsel mereka kecuali mereka memiliki perangkat Samsung. Sebab, pemilik perangkat Samsung bisa menggunakan opsi untuk menggunakan aplikasi Member Samsung.

Memanfaatkan metode kode khsusu atau aplikasi pihak ketiga untuk model non-Samsung

3 Cara mudah dan anti ribet memeriksa kesehatan baterai ponsel cerdas Android dan iPhone foto: freepik/eyeem

Untuk memeriksa kesehatan baterai di ponsel Android lainnya, pengguna dapat menekan kode perintah ***#*#4636#*#*** di aplikasi ponsel mereka untuk menampilkan menu Informasi Baterai yang tersembunyi.

Jika metode ini tidak berhasil, disarankan untuk mengunduh aplikasi pihak ketiga dari Google Play Store seperti AccuBattery dan CPU-Z, dua aplikasi yang memberikan wawasan mendetail tentang kesehatan baterai ponsel, termasuk pengosongan saat ini, suhu, status pengisian daya, persentase, voltase, dan kapasitas.

(brl/red)