3 Cara mudah menghitung rata-rata di Microsoft Excel
Techno.id - Microsoft Excel adalah aplikasi pengetikan yang sangat cocok untuk jenis dokumen kalkulasi. Di dalam excel, semua jenis perhitungan sudah tersedia rumusnya sehingga lebih mempermudah proses automasi perhitungan.
Namun tak banyak yang tahu bahwa menghitung rata-rata atau average di excel memiliki lebih dari 1 variasi. Nah techno.id sudah merangkum 3 cara menghitung rata-rata di excel yang bisa kamu coba agar pekerjaanmu lebih cepat selesai.
-
Rumus average excel, pahami konsep dasar, jenis, dan cara menghitung Meski banyak manfaatnya namun nggak semua orang tahu cara menggunakan rumus average excel
-
Rumus pembagian excel, lengkap dengan konsep dasar dan cara menggunakannya Rumus pembagian excel berguna untuk menghitung rasio, persentase, margin, dan lain-lain dengan lebih cepat dan efektif.
-
Rumus persentase excel, beserta pengertian dan cara mudah penggunaannya Rumus persentase excel ini sangat berguna untuk menganalisis data, menampilkan perbandingan, atau menyajikan informasi dalam bentuk persentase.
1. Jika ingin menghitung rata-rata dengan mengetik angka secara langsung tanpa melibatkan sel-sel lain, gunakan rumus syntax yakni =AVERAGE(number1, [number2],...). Setelah itu tekan ENTER, hasil rata-rata akan langsung terlihat.
foto: tangkapan layar
2. Kalau kasusnya kamu ingin menghitung rata-rata dengan melibatkan data-data di sel maka cara kedua ini sangat cocok digunakan karena sangat praktis dan cepat. Ketik =AVERAGE(B2:B7) lalu enter, jangan lupa untuk menyesuaikan kolom mana yang ingin dicari rata-ratanya.
foto: tangkapan layar
3. Jika ingin mencari rata-rata suatu nilai dengan kriteria yang spesifik maka rumus AVERAGEIF adalah jawabannya. Misal pada kasus di bawah ini kamu ingin mencari nilai rata-rata dari penjualan mangga. Gunakanlah rumus =AVERAGEIF(range,criteria,[average_range]) isi kolom range dengan sel BUAH dan isi kolom criteria dengan tulisan "mangga" dan isi kolom [average_range] sel HARGA dengan lalu klik ENTER.
foto: tangkapan layar
Magang: Millenia Ramadita
RECOMMENDED ARTICLE
- 5 Fitur Microsoft Excel yang dapat mempermudah pekerjaan kamu mengolah data
- Cara membuat dan mengedit grafik di Microsoft Excel, tampilkan data angka dan tulisan jadi lebih mudah
- 15 Cara simpel gunakan Microsoft Excel saat bekerja, ini shortcutnya
- Ini cara mudah men-center-kan teks di sell MS Excel
- Tips menghapus data terduplikat di MS Excel 2016