3 Cara yang harus dilakukan jika iPhone kamu mengalami masalah “layar hitam kematian”

3 Cara yang harus dilakukan jika iPhone kamu mengalami masalah “layar hitam kematian”

Techno.id - Pengguna iPhone mungkin pernah mengalami masalah menjengkelkan yang disebut The black screen of death (layar hitam kematian). Kondisi ini cukup umum dialami pengguna iPhone. Layar iPhone berwarna hitam, tetapi pengguna tahu jika perangkat mereka masih berfungsi dan menyala dari umpan balik dan suara haptic. Hanya saja mereka tidak tahu persis mengapa iPhone mereka tiba-tiba hanya menampilkan warna hitam.

Di antara penyebab masalah ini adalah gangguan perangkat lunak yang dapat menyebabkan layar tertinggal atau masalah perangkat keras seperti kerusakan fisik pada layar. Karena sulit untuk menentukan akar masalahnya, mencoba beberapa perbaikan pada akhirnya dapat memperbaiki layar yang bermasalah.

Sebelum mulai dengan langkah-langkah pemecahan masalah, disarankan kamu memeriksa kecerahan iPhone. Dalam beberapa kasus, pengaturan kecerahan yang sangat rendah dapat disalahartikan sebagai layar yang tidak berfungsi.

Setelah diselidiki, pengguna mungkin menyadari bahwa penggeser kecerahan berada pada level minimum. Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah ini, terutama saat berada di luar ruangan dan langsung di bawah sinar matahari, pertimbangkan untuk berjalan ke area yang teduh untuk meningkatkan jarak pandang dan meningkatkan kecerahan iPhone. Jika bukan itu masalahnya, dan kamu yakin tampilan tidak berfungsi, pertimbangkan untuk melanjutkan dengan langkah-langkah berikut.

1. Restart paksa

3 Cara yang harus dilakukan jika iPhone kamu mengalami masalah layar hitam kematian foto: apple

Beberapa pengguna iPhone kerap menghadapi masalah ini setelah mengisi daya ponsel mereka dalam semalam, dan memulai ulang paksa tampaknya berhasil. Mirip dengan soft reset di komputer, force restart mematikan iPhone secara tiba-tiba tanpa menyimpan data apa pun yang sedang berjalan, lalu memulai ulang, memperbaiki gangguan sementara atau masalah perangkat lunak yang mendasarinya.

Untuk memulai ulang paksa iPhone 8 atau model yang lebih baru, tekan dan lepaskan tombol volume naik dan volume turun satu demi satu dengan cepat. Kemudian, tekan dan tahan tombol daya hingga logo Apple muncul di layar. Biasanya, iPhone membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 20 detik untuk memuat layar kunci setelah logo Apple muncul.

Demikian pula, kamu dapat memulai ulang iPhone 7 secara paksa dengan menekan tombol daya dan volume turun secara bersamaan hingga logo Apple muncul. Di sisi lain, mereka yang memiliki iPhone 6s atau model lama, termasuk iPhone SE 1, harus menekan dan menahan tombol daya dan tombol Beranda secara bersamaan selama beberapa detik.

Biasanya, dibutuhkan satu upaya untuk mem-boot ulang iPhone yang macet di layar hitam dan menghidupkannya kembali. Namun, jika iPhone tidak merespons pertama kali, pertimbangkan untuk mencoba beberapa kali lagi sebelum melanjutkan ke perbaikan berikutnya.

2. Instal pembaruan perangkat lunak secara manual

3 Cara yang harus dilakukan jika iPhone kamu mengalami masalah layar hitam kematian foto: apple

Jika iPhone tidak menyala dan layar tetap hitam, pertimbangkan untuk mengisi dayanya selama satu jam, lalu coba lagi. Jika kamu melihat grafik baterai lemah di layar, ini menunjukkan bahwa baterai iPhone sangat lemah. Ini bisa terjadi jika kamu akhirnya menghabiskan baterai. Namun, membiarkan iPhone tetap terhubung ke sumber daya selama beberapa jam dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Jika pengisian daya layar tidak menyala, memperbaiki iPhone melalui Finder (di Mac) atau iTunes (di Windows) bisa menjadi langkah terbaik berikutnya.

1. Hubungkan iPhone ke Mac melalui kabel.

2. Jika ini pertama kalinya kamu menyambungkan perangkat, ketuk Percayai di pop-up yang muncul di iPhone.

3. Luncurkan aplikasi Finder.

4. Pilih iPhone dari bilah sisi kiri.

5. Di bawah Umum, klik Periksa Pembaruan. Jika pembaruan tersedia, opsi akan berubah menjadi Pembaruan.

6. Lanjutkan petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses pembaruan. Jika diminta, masukkan kode sandi iPhone kamu.

Jika semuanya berjalan dengan baik, iPhone kamu akan beroperasi penuh dalam beberapa menit ke depan, tanpa kehilangan data apa pun. Meskipun memulihkan iOS akan menyelesaikan masalah perangkat lunak apa pun, itu tidak akan dapat memperbaiki kerusakan fisik pada layar.

3. Kerusakan layar

3 Cara yang harus dilakukan jika iPhone kamu mengalami masalah layar hitam kematian foto: freepik/kwangmoop

Jika memperbarui dan memulihkan versi iOS tidak menyelesaikan masalah layar iPhone yang hitam, itu mungkin karena masalah perangkat keras. Apakah kamu pernah menjatuhkan iPhone? Meskipun iPhone biasanya selamat dari jatuh secara tidak sengaja dari jarak beberapa centimeter, namun saat jatih lalu membentur benda keras dapat merusak layar secara permanen, terutama jika ponsel menyentuh layar terlebih dahulu pada permukaan yang keras.

Oleh karena itu, jika layar iPhone tidak mau menyala setelah terkena benturan keras, kemungkinan besar benturan tersebut telah merusak panel layar atau sirkuit internal. Dalam skenario seperti itu, satu-satunya pilihan adalah menghubungi Dukungan Apple.

(brl/red)