3 Fitur keamanan online untuk anak di iPhone dan iPad yang wajib diketahui orang tua

3 Fitur keamanan online untuk anak di iPhone dan iPad yang wajib diketahui orang tua

Techno.id - Fitur kontrol orang tua telah tersedia di iPhone sejak 2008. Namun Apple terus menambahkan lebih banyak fitur untuk orang tua selama bertahun-tahun. Fitur-fitur ini membentuk penghalang keamanan penting yang dapat membantu menjaga anak-anak tetap aman saat online, baik di iPhone maupun iPad.

1. Keamanan komunikasi

3 Fitur keamanan online untuk anak di iPhone dan iPad yang wajib diketahui orang tua foto: apple

Salah satu area di mana anak-anak mungkin menemukan konten yang tidak pantas adalah Messages, aplikasi perpesanan utama iPhone. Fitur Keamanan Komunikasi Apple, saat diaktifkan, dapat mendeteksi foto yang dikirim atau diterima di ponsel anak yang mungkin berisi konten dewasa.

Foto kemudian akan diburamkan, dan Apple akan memberikan saran untuk penerima jika mereka tidak ingin melihat foto tersebut. Opsi ini termasuk memblokir pengirim, mengirim pesan kepada orang dewasa tepercaya, atau cara lain untuk mendapatkan bantuan. Jika penerima memilih untuk melihat foto, mereka akan ditanya dua kali apakah mereka yakin dengan pesan tersebut serta saran alternatif.

Fitur ini menggunakan pembelajaran mesin di perangkat untuk mendeteksi konten sensitif, sehingga gambar tidak pernah dikirim ke Apple. Untuk menyalakan Keamanan Komunikasi, buka Pengaturan > Durasi Layar. Dari sana, ketuk Keamanan Komunikasi.

Di dalam tab Keamanan Komunikasi, kamu akan melihat sakelar Keamanan Komunikasi. Ketuk itu untuk mengaktifkan fitur tersebut. Kamu juga dapat melihat Referensi Keamanan Anak dan memutuskan apakah ingin membagikan analitik.

2. Waktu henti dan batas aplikasi

3 Fitur keamanan online untuk anak di iPhone dan iPad yang wajib diketahui orang tua foto: apple

Meskipun iPhone anak bisa menjadi sumber daya yang bagus, orang tua mungkin merasa anak-anak mereka menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melihat layar. Untuk menambahkan beberapa batasan, orang tua dapat menggunakan fitur Waktu Henti dan Batas Aplikasi untuk mengekang penggunaan aplikasi tertentu yang berlebihan dan pada waktu-waktu tertentu.

Waktu henti, dapat dijadwalkan atau diaktifkan kapan saja. Fitur ini memungkinkan aplikasi yang ditentukan untuk diakses hingga Waktu Henti berakhir. Ini adalah cara yang bagus menyediakan akses ke perangkat untuk tugas pendidikan atau kreatif sambil memblokir akses ke potensi gangguan seperti aplikasi dan game perpesanan.

Batas Aplikasi berfungsi serupa, tetapi alih-alih memblokir aplikasi berdasarkan waktu, mereka membatasi akses ke aplikasi setelah digunakan untuk jangka waktu tertentu. Dengan fitur ini, kamu dapat mengatur jumlah menit maksimum per hari di mana aplikasi dapat digunakan.

Untuk menggunakan salah satu fitur ini, pertama-tama kamu harus mengaktifkan Aktivitas Aplikasi & Situs Web. Untuk melakukannya, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk Durasi Layar > Aplikasi & Aktivitas Situs Web lalu aktifkan fitur saat diminta.

Jika menggunakan pengaturan ini di ponsel anak, kamu bisa mengatur kata sandi sehingga pengaturan tidak dapat diubah tanpa sepengetahuan kamu. Ketuk tombol Kunci Pengaturan Waktu Layar di menu Durasi Layar untuk mengatur kode.

Pengaturan Durasi Layar tidak hanya tidak dapat diakses, tetapi Batas Aplikasi dan Waktu Henti tidak dapat dilewati tanpa memasukkan kata sandi. Jika ponsel anak terhubung ke ponsel kamu melalui iCloud keluarga, mereka dapat meminta akses aplikasi.

Kamu mungkin ingin aplikasi penting tertentu dikecualikan dari pengaturan Durasi Layar, seperti Peta atau Pesan. Bagian Selalu Diizinkan pada pengaturan Durasi Layar sehingga memungkinkan kamu memilih aplikasi tertentu yang tidak dibatasi dengan Waktu Henti atau Batas Aplikasi.

Untuk menyalakan Waktu Henti, navigasikan ke Pengaturan > Waktu Layar > Waktu Henti. Kamu dapat segera mengaktifkan Waktu Henti atau menjadwalkannya untuk waktu tertentu setiap hari. Jika tidak ingin anak kamu dapat mengabaikan Waktu Henti, selama telah mengatur kata sandi Durasi Layar, kamu dapat mengaktifkan Blokir saat Waktu Henti.

Aplikasi yang belum ditetapkan dengan opsi Selalu Diizinkan tidak akan dapat diakses hingga Waktu Henti yang dijadwalkan berakhir, atau saat dinonaktifkan secara manual.

Batas Aplikasi bekerja dengan cara yang sama. Dengan menavigasi ke Pengaturan > Batas Durasi Layar > Aplikasi, kamu dapat memilih aplikasi tertentu atau seluruh kategori aplikasi yang akan dibatasi.

Setelah memilih aplikasi yang akan dibatasi, kamu dapat mengatur berapa lama aplikasi tersebut dapat diakses per hari, serta menyesuaikan batas waktu tergantung pada hari dalam seminggu. Seperti Waktu Henti, jika ingin memastikan Batas Aplikasi tidak dapat dilewati, pastikan untuk mengaktifkan Blokir di Akhir Batas.

(brl/red)