3 Masalah baterai smartphone Android yang sering terjadi, begini cara mengatasinya

3 Masalah baterai smartphone Android yang sering terjadi, begini cara mengatasinya

Masalah baterai Android

3. Ponsel tidak mau atau lambat mengisi daya

3 Masalah baterai smartphone Android yang sering terjadi, begini cara mengatasinya foto: freepik/tapati2528

Masalah pengisian daya benar-benar menyebalkan. Perangkat harus mengisi daya agar tetap berfungsi. Namun ada kalanya perangkat tidak mau mengisi daya ketika dihubungkan ke sumber listrik.

Pemecahan masalah biasanya relatif sederhana karena hampir selalu merupakan masalah perangkat keras. Namun, untuk berjaga-jaga jika itu adalah masalah perangkat lunak, reboot ponsel dan menerapkan pembaruan apa pun biasanya akan memperbaikinya jika itu adalah perangkat lunak.

Cara mengatasi perangkat tidak mau atau lambat mengisi daya

1. Untuk masalah perangkat keras, langkah pertama adalah mencoba adaptor pengisi daya dan kabel pengisi daya yang lain. Terkadang adaptor dan kabel rusak, jadi cara terbaik untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menggantinya.

2. Kamu juga harus memeriksa adaptor dan kabel pengisi daya untuk memastikan perangkat tersebut mendukung kecepatan pengisian daya maksimum ponsel.

3. Menggunakan pengisi daya yang kompatibel dapat mengatasi masalah pengisian daya yang lambat.

4. Jika menukar pengisi daya dan kabel tidak berhasil, coba bersihkan port pengisian daya. Kamu dapat melakukan ini dengan udara bertekanan dan sesuatu seperti tusuk gigi atau tusuk gigi plastik untuk mengeluarkan debu atau kotoran dengan hati-hati.

(brl/red)