4 Cara kreatif menggunakan pemindai printer untuk membuat karya seni yang menarik

4 Cara kreatif menggunakan pemindai printer untuk membuat karya seni yang menarik

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang memiliki printer yang dilengkapi pemindai di bagian atasnya. Tetapi biasanya fitur pemindai sangat jarang digunakan.Padahal dengan sedikit sentuhan kreatifitas, pemindai pada printer dapat menjadi mesin untuk mencetak seni digital. Pemindai flatbed pada dasarnya adalah kamera yang sangat lambat yang memiliki jarak fokus sangat kecil dan tidak ada distorsi tepi.

Nah dengan oemindai tersebut, kamu dapat bermain dengan gerakan pemindai, kedalaman bidang yang dangkal, atau bahkan sifatnya yang planar. Kamu dapat menggunakan pemindai pada printer sebagai aset untuk seni digital. Berikut beberapa ide kreatif yang mungkin ingin kamu coba sendiri.

1. Buat tekstur digital kustom

Baik itu untuk Canva, Photoshop, atau scrapbooking digital, terkadang sangat sulit untuk menemukan overlay, tekstur, atau objek yang tepat secara online. Jika kamu memiliki objek dengan tekstur yang diinginkan dan ingin mengubahnya menjadi digital, pemindai adalah alat yang sempurna.

Teknik noda dan pemindaian ini dapat digunakan untuk banyak skenario, seperti bunga, daun, kain, dan lain sebagainya. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat tekstur dan overlay khusus. Contoh yang bagus dari teknik ini digunakan seniman kontemporer Joe Boyd seperti yang dapat dilihat pada video di atas.

2. Ubah tulisan tangan menjadi font

4 Cara kreatif menggunakan pemindai printer untuk membuat karya seni yang menarik foto: freepik

Tulisan tangan kamu adalah sesuatu yang sangat unik. Jika kamu ingin membuat tulisan tangan menjadi font untuk digunakan dalam cetakan, desain, program, atau bahkan sebagai font khusus untuk ponsel, pemindai adalah alat yang sangat membantu untuk mewujudkannya.

Dibanding mengambil gambar tulisan tangan di ponsel, yang akan memiliki distorsi di tepi dan memiringkan huruf, pemindai jauh lebih cocok untuk tugas ini. Kamu dapat mempersonalisasi surat, dokumen, dan banyak aplikasi kreatif lainnya yang ingin menambahkan sentuhan pribadi kamu sendiri.

3. Fotografi pemindai

4 Cara kreatif menggunakan pemindai printer untuk membuat karya seni yang menarik foto: techno.id/yani andriyansyah

Ini mungkin tampak seperti pilihan perangkat yang aneh untuk fotografi. Pemindai memindai garis melintasi bidangnya, menghasilkan foto tanpa distorsi tepi atau efek mata ikan. Scanografi seringkali dapat menghasilkan gambar yang cukup nyata yang akan membingungkan pemirsa tentang bagaimana gambar itu diambil.

Christian Staebler adalah salah satu contoh seniman yang menggunakan pemindai flatbed untuk membuat fotonya. Christian menggunakan tumbuhan, hewan, dan serangga untuk membuat foto benda matinya.

Kamu juga dapat memindai film dan foto lama, memungkinkan kamu menggunakannya di lembar memo digital. Mungkin tambahkan sedikit distorsi saat dipindai untuk memberi kesan pemindaian abstrak yang lebih edgier. Ada lebih banyak cara kamu dapat bermain dengan pemindai flatbed.

4. Ubah koran dan majalah lama menjadi aset seni

Majalah lama sering kali memiliki warna yang sangat berani dan menarik. Sebaliknya, surat kabar sering kali memiliki warna yang menjemukan dan redup. Namun keduanya sempurna untuk berbagai jenis aplikasi.

Memotong koran dan majalah untuk mendapatkan warna, huruf, bentuk, dan gambar yang kamu inginkan adalah cara yang bagus untuk mengumpulkan aset untuk proyek berikutnya. Kamu dapat menggunakannya untuk menambahkan latar belakang atau lapisan yang menarik ke gambar.

Atau, seperti Joe Boyd yang menggunakan majalah sebagai dasar karya seni. Cara lain untuk memanfaatkan foto majalah adalah dengan mendistorsi beberapa gambar saat kamu memindai untuk menciptakan efek yang lebih edgy dan nyata pada pemindaian.

Jika kamu berpikir pemindai tidak memiliki banyak kegunaan daripada hanya memfotokopi dokumen, pikirkan lagi deh. Sebab, dengan sedikit kreatifitas, kamu bisa memanfaatkan pemindai sebagai aset untuk karya seni.

(brl/red)