4 Cara membandingkan perangkat lunak antivirus sebelum mengunduhnya

4 Cara membandingkan perangkat lunak antivirus sebelum mengunduhnya

Techno.id - Memilih antivirus yang tepat itu penting, tetapi mencari tahu antivirus mana yang akan digunakan tidaklah mudah. Ada begitu banyak pilihan, masing-masing menyatakan sebagai yang terbaik. Tetapi ada beberapa cara untuk memeriksa dan membandingkan perangkat lunak antivirus sebelum mengunduhnya. Begini caranya.

1. Gunakan situs perbandingan berbasis data

4 Cara membandingkan perangkat lunak antivirus sebelum mengunduhnya foto: av-test.org

Memeriksa spesifikasi itu penting, tetapi kamu juga harus menggunakan data nyata untuk menentukan perangkat lunak antivirus mana yang terbaik. Beberapa situs web memungkinkan kamu melakukan hal itu, dan AV-Test bisa menjadi rekomendasi utama.

AV-Test mengidentifikasi kinerja berbagai alat antivirus populer di berbagai area, seperti apakah alat tersebut memperlambat penginstalan aplikasi. Ini juga menunjukkan apakah alat yang kamu lihat mengidentifikasi deteksi atau peringatan yang salah, dengan lebih banyak metrik performa untuk dibandingkan.

Dengan menggunakan AV-Test, kamu dapat memeriksa bagaimana kinerja perangkat lunak di desktop dan perangkat seluler. Sebab ponsel cerdas juga membutuhkan perlindungan.

2. Baca ulasan pelanggan online

4 Cara membandingkan perangkat lunak antivirus sebelum mengunduhnya foto: trustpilot

Kamu harus membaca pelanggan sebelum membeli produk atau layanan apa pun, dan itu bahkan lebih penting ketika memilih perangkat lunak antivirus. Jutaan orang lain mungkin telah mencoba alat yang kamu pertimbangkan. Salah satu cara terbaik untuk menganalisis keamanan situs web, produk, atau layanan adalah menggunakan Trustpilot dan situs web serupa.

Meskipun kamu harus membaca ulasan positif, salah satu cara bisa mendapatkan gambaran lengkap adalah dengan melihat apa yang orang katakan dalam ulasan negatif. Terkadang, apa yang dikatakan pelanggan tidak mencerminkan gambaran lengkap. Selain Trustpilot, kamu juga dapat menggunakan Reddit untuk melihat apa yang dikatakan orang lain tentang alat tersebut.

3. Bandingkan spesifikasi setiap alat antivirus

4 Cara membandingkan perangkat lunak antivirus sebelum mengunduhnya foto: freepik/mrdm

Menguji setiap alat antivirus terlalu rumit bagi kebanyakan orang, tetapi membandingkan spesifikasi setiap produk akan membantu kamu memutuskan apa yang kamu pilih akan memenuhi kebutuhan. Cari hal-hal penting yang dibutuhkan perangkat lunak antivirus, seperti perlindungan real-time dan dukungan online. Perlu juga mengidentifikasi persyaratan sistem, bahasa yang didukung, dan pemecah kesepakatan serupa.

Di luar fitur yang paling penting, kamu juga harus mempertimbangkan alat unik yang mungkin perlu kamu gunakan. Misalnya, kamu mungkin menginginkan perangkat lunak antivirus dengan pelindung browser atau alat anti-pelacakan.

4. Baca posting blog ulasan dan tonton video ulasan

Cara lain untuk membandingkan alat antivirus sebelum mengunduh adalah dengan membaca dan menonton ulasan. Carilah ulasan jujur yang memberikan penilaian yang seimbang, dan waspadalah terhadap ulasan yang semata-mata positif.

Carilah setiap aspek yang penting, baik itu ketersediaan perangkat, fitur tertentu, harga, atau yang lainnya. Disarankan untuk melihat minimal 5-10 ulasan untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang paling cocok untuk perangkat kamu.

Kamu dapat menilai apakah suatu alat akan memenuhi kebutuhan dengan beberapa cara sederhana. Membaca ulasan pelanggan online adalah titik awal yang baik, dan kamu juga harus membandingkan setiap solusi dengan melihat spesifikasinya. Situs berbasis data juga dapat memberi kamu gambaran tentang seperti apa kinerja komputer setelah menginstal perangkat lunak tersebut.

(brl/red)