4 Cara memeriksa kesehatan baterai Android, dari menu pengaturan hingga pakai aplikasi pihak ketiga

4 Cara memeriksa kesehatan baterai Android, dari menu pengaturan hingga pakai aplikasi pihak ketiga

Techno.id - Memeriksa kesehatan baterai ponsel Android harus dilakukan secara teratur, karena dapat menunjukkan kapan saatnya untuk mengganti baterai, atau pindah ke perangkat baru. Semua baterai kehilangan kapasitas dari waktu ke waktu melalui penggunaan rutin. Untungnya, mudah untuk melihat apa yang terjadi di menu pengaturan ponsel atau salah satu dari beberapa aplikasi gratis. Berikut cara memeriksa kesehatan baterai Android.

1. Menggunakan menu Pengaturan

4 Cara memeriksa kesehatan baterai Android, dari menu pengaturan hingga pakai aplikasi pihak ketiga foto: tangkapan layar

Metode ini memungkinkan kamu memeriksa aktivitas baterai di perangkat Android terbaru. Tingkat detail akan berbeda tergantung pada produsen ponsel.

1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel lalu pilih Baterai.

2. Di bagian Baterai, cari opsi Penggunaan baterai.

3. Kamu dapat melihat status Baterai selama 24 jam terakhir, dan aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya.

4. Jika ingin memaksa aplikasi ditutup, atau menonaktifkannya secara langsung, ketuk salah satu aplikasi di menu. Kamu kemudian akan melihat opsi untuk menonaktifkan, menghentikan paksa, atau memilih pengaturan pengoptimalan.

Beberapa merek ponsel akan menampilkan lebih banyak detail. Misalnya, ponsel yang menjalankan MIUI, seperti perangkat buatan Xiaomi, Redmi, dan Poco, akan menunjukkan suhu baterai saat ini. Meskipun ini bukan sesuatu yang perlu kamu periksa secara teratur, suhu di bawah 50 derajat Celcius benar-benar normal.

2. Menggunakan kode dial

4 Cara memeriksa kesehatan baterai Android, dari menu pengaturan hingga pakai aplikasi pihak ketiga foto: tangkapan layar

Ponsel Android memiliki menu diagnostik tersembunyi yang dapat kamu akses dengan memasukkan urutan angka, hashtag, dan tanda bintang ke dalam tombol angka di aplikasi Telepon. Hanya saja, tidak semua ponsel Android menampilkan informasi baterai setelah menggunakan metode ini.

1. Buka dial-pad ponsel di aplikasi Telepon. Masukkan kode *#*#4636#*#*. Setelah memasukkan tanda bintang terakhir, ponsel akan membuka menu berikutnya.

2. Cari informasi Baterai. Jika tidak muncul, maka kamu terkunci dari metode ini. Jika ya, maka memilihnya akan menunjukkan informasi seperti tingkat pengisian daya, kesehatan, dan suhu.

Metode kode dial berfungsi pada perangkat Xiaomi, Google, dan OnePlus. Menu ini tidak muncul pada Samsung Galaxy saat kode digunakan.

3. Cara memeriksa kesehatan baterai ponsel Samsung

4 Cara memeriksa kesehatan baterai Android, dari menu pengaturan hingga pakai aplikasi pihak ketiga foto: tangkapan layar

Jika kode dial tidak berfungsi, Samsung menawarkan pemeriksaan kesehatan baterainya sendiri melalui aplikasi Samsung Members, yang diinstal secara default di ponselnya.

1. Buka Samsung Members dan pilih tab Dapatkan Bantuan di bagian bawah layar.

2. Di bagian atas menu baru ini, pilih opsi Pemeriksaan interaktif.

3. Dari daftar fitur ini, pilih Baterai.

4. Sekarang kamu dapat melihat bagaimana aplikasi Samsung Members menilai masa pakai baterai ponsel.

4. Memeriksa kesehatan baterai Android dengan aplikasi

4 Cara memeriksa kesehatan baterai Android, dari menu pengaturan hingga pakai aplikasi pihak ketiga foto: play.google.com

Jika metode yang diuraikan di atas tidak memberikan informasi yang kamu butuhkan, maka kamu memiliki cadangan dalam bentuk aplikasi pihak ketiga. Yang bagus untuk tugas ini termasuk AccuBattery, CPU-Z, dan Battery. Deretan aplikasi ini akan menunjukkan detail termasuk kapasitas baterai, suhu, dan informasi penggunaan biasa.

Semua aplikasi ini gratis untuk diunduh, tetapi menawarkan versi Pro dengan jumlah kecil jika kamu ingin menyingkirkan iklan dalam aplikasi atau membuka fitur tambahan.

(brl/red)