4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau mengisi daya, periksa kondisi baterai

4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau mengisi daya, periksa kondisi baterai

Techno.id - Smartphone termasuk iPhone menjadi bagian penting dalam keseharian pengguna. Karena itu ketika perangkat tersebut ternyata tidak bisa mengisi daya dengan baik, bisa membuat stres.

Ada beberapa alasan umum mengapa iPhone tidak dapat mengisi daya, dan sebagian besar mudah diperbaiki. Dalam artikel ini, Techno.id ingin membahas 4 alasan paling umum mengapa iPhone tidak dapat mengisi daya sekaligus memberikan tips tentang cara mengatasi masalah tersebut. Jika iPhone kamu tidak mengisi daya, inilah beberapa faktor yang perlu kamu periksa.

1. Port pengisian daya kotor atau rusak

4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau mengisi daya, periksa kondisi baterai foto: freepik/pvproduction

Pertama-tama, jika port pengisian daya pada iPhone kamu rusak, maka ini akan menjadi penyebab masalah dan kamu harus memperbaikinya untuk mengisi daya, kecuali jika model iPhone kamu mendukung pengisian daya nirkabel. Coba letakkan pada pada pengisi daya nirkabel yang kompatibel apakah iPhone mengisi ulang baterai?

Jika tidak maka kamu harus periksa dan memastikan bahwa port tersebut bersih dari serpihan atau kotoran yang mungkin masuk. Penyebab umum iPhone tidak dapat mengisi daya, adalah karena bulu-bulu halus yang masuk ke dalam port pengisian daya, sehingga tidak menyisakan ruang untuk konektor.

Kamu bisa mencoba memasukkan sesuatu yang tipis ke dalam port. Hati-hati jangan sampai terlalu keras karena ada konektor di dalamnya. Lihat apakah kamu bisa mengikis bulu-bulu halus. Alat yang baik untuk digunakan adalah alat baki SIM yang disertakan dengan iPhone, atau kamu dapat menggunakan sesuatu seperti tusuk gigi.

2. Kabel pengisian daya rusak

4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau mengisi daya, periksa kondisi baterai foto: freepik/poravute

Periksa kabel pengisian daya iPhone apakah dalam kondisi baik atau sudah mengalami kerusakan. Periksa ujung kabel ddan konektornya. Cara pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa secara visual untuk memastikan kabel bebas dari kerusakan.

Jika kamu menemukan sesuatu, mungkin ada baiknya mengganti kabel, terutama jika ada kabel yang putus. Jika kamu memiliki kabel lain di rumah, cobalah kabel tersebut dan lihat apakah kabel itu berfungsi. Jika tidak, maka kita tahu bahwa bukan kabel yang menyebabkan iPhone tidak dapat mengisi daya.

(brl/red)