4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau mengisi daya, periksa kondisi baterai

4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau mengisi daya, periksa kondisi baterai

4 Cara memperbaiki iPhone tidak mengisi daya

3. Adaptor daya tidak berfungsi dengan baik

4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau mengisi daya, periksa kondisi baterai foto: freepik/pvproduction

Untuk yang satu ini, kamu dapat mencoba adaptor daya yang berbeda jika memilikinya. Jika tidak punya, pertama-tama pastikan adaptor dicolok ke sumber listrik di dinding. Lalu periksa apakah adaptor tersebut bekerja.

Sebaiknya kamu juga mencoba stopkontak yang berbeda untuk memastikan bahwa masalah ini bukan disebabkan kesalahan pada stopkontak tersebut. Jika masih tidak berhasil, coba sambungkan kabel pengisian daya USB ke perangkat pengisian daya lain seperti power bank, ke komputer atau laptop. Jika ponsel berfungsi, maka kamu tahu bahwa adaptor daya yang rusak.

4. Baterai iPhone sudah tua atau rusak

4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau mengisi daya, periksa kondisi baterai foto: unsplash/tyler lastovich

Semua baterai ponsel akan menua seiring berjalannya waktu. Jadi, jika kamu sudah mencoba semua langkah di atas dan iPhone masih tidak bisa mengisi daya, mungkin masalahnya disebabkan usia baterai dan kamu perlu baterai pengganti.

Namun sebelumnya kamu bisa memeriksa kondisi baterai dan melihat apakah baterai perlu diganti. iPhone memiliki fitur yang dapat memberikan informasi mengenai usia dan kondisi baterai. Begini caranya.

4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau mengisi daya, periksa kondisi baterai foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka Pengaturan

2. Pilih Baterai

3. Pilih Kesehatan & Pengisian Daya Baterai

Di sini akan muncul persentase yang menunjukkan kesehatan baterai. Saat masih baru, kamu akan mengharapkan baterai berada pada 100%, namun seiring waktu, kapasitasnya akan berkurang seiring penggunaan.

Jika kurang dari 85%, kamu mungkin mengalami masalah seperti berkurangnya masa pakai baterai, ponsel terasa panas, ponsel terasa lamban, atau bahkan iPhone mati secara acak. Ini semua adalah indikator bahwa baterai kamu perlu diganti.

(brl/red)