4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak responsif, hanya menampilkan layar hitam  

4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak responsif, hanya menampilkan layar hitam  

Techno.id - Kamu pernah mengalami iPhone yang digunakan tidak mau responif dan hanya menampilkan layar hitam. Padahal. iPhone tersebut dalam keadaan hidup karena ada getaran. Kalau sudah begitu, kamu tidak akan melihat apapun atau berinteraksi dengan iPhone kamu. Banyak yang langsung menjustifikasi bahwa kondisi tersebut disebabkan kerusakan perangkat keras, terutama layar.

Namun sebaiknya jangan terburu-buru mengambil kesimpulan bahwa layar yang rusak menjadi penyebabnya. Bisa juga masalah tersebut disebabkan gangguan sistem. Karena itu, ada baiknya kamu mencoba melakukan beberapa perbaikan seperti di bawah ini.

1. Paksa restart iPhone

4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak responsif, hanya menampilkan layar hitam foto: freepik

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika menghadapi masalah layar hitam adalah memaksa restart iPhone. Ini berbeda dari reboot biasa, dan ini berguna ketika kamu tidak dapat mematikan iPhone secara normal.

Memulai ulang paksa memerlukan kombinasi penekanan tombol dan dapat mencoba beberapa kali karena kamu harus menekan setiap tombol dengan cepat. Tekan dan lepaskan tombol Volume Naik. Ulangi hal yang sama dengan tombol Volume Turun. Kemudian, tekan dan tahan tombol Sisi iPhone hingga logo Apple muncul.

2. Pulihkan iPhone dengan aplikasi Perangkat Apple atau Finder

4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak responsif, hanya menampilkan layar hitam foto: microsoft

Jika iPhone tidak reboot bahkan setelah mencoba memaksa restart, kamu harus mengatur ulang pabrik. Kamu dapat melakukannya menggunakan aplikasi Perangkat Apple untuk Windows atau Finder di macOS.

Memulihkan iPhone dengan aplikasi Perangkat Apple atau Finder akan menghapus semua datanya dan membawanya ke pengaturan pabrik. Jadi, coba saja ini jika kamu memiliki cadangan terbaru sehingga tidak kehilangan semua data.

Perhatikan bahwa metode ini hanya akan berfungsi jika kamu telah menghubungkan iPhone ke Perangkat Apple atau Finder sebelumnya. Itu karena ketika kamu menghubungkan iPhone ke komputer untuk pertama kalinya, kamu akan mendapatkan peringatan di iPhone dan komputer, meminta kamu untuk mempercayai perangkat.

Karena kamu tidak dapat mengetuk Trust pada iPhone yang menampilkan layar hitam, jadi harus hard reset iPhone menggunakan mode pemulihan atau DFU. Selain itu, kamu hanya dapat melanjutkan dengan langkah-langkah ini jika menonaktifkan Lacak di iPhone.

Jika tidak, kamu akan mendapatkan pesan peringatan yang meminta untuk menonaktifkan Lacak selama proses berlangsung. Dalam hal ini, kamu harus menonaktifkan fitur Temukan Saya dari iCloud dan menghapus iPhone dari jarak jauh.

Selama memenuhi persyaratan di atas, kamu sudah siap. Cukup sambungkan iPhone ke PC atau Mac menggunakan kabel USB. Luncurkan aplikasi atau Finder Perangkat Apple, dan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Klik iPhone [Nama Kamu] di bawah header Lokasi di bilah sisi. Kamu dapat melewati langkah ini jika menggunakan Perangkat Apple.

2. Buka Umum tab dan klik Pulihkan iPhone di sebelah kanan.

3. Saat diminta untuk mencadangkan pengaturan sebelum memulihkan iPhone, klik Cadangkan.

4. Selanjutnya, klik Pulihkan saat kamu mendapatkan pop-up konfirmasi.

Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit untuk menyelesaikan. Jadi, bersabarlah. Setelah selesai, kamu dapat memulihkan iPhone dari cadangan.

3. Gunakan mode pemulihan untuk mengatur ulang setelan pabrik

4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak responsif, hanya menampilkan layar hitam foto: freepik/grinvalds

Mode pemulihan adalah sistem pemulihan bawaan Apple yang memungkinkan kamu mengatur ulang setelan pabrik pada perangkat dan menginstal ulang versi iOS terbaru ketika iPhone kamu tidak responsif.

Memasuki mode pemulihan di iPhone mengharuskan kamu untuk menahan dan melepaskan kombinasi tombol pada perangkat dalam urutan tertentu setelah kamu menghubungkannya ke komputer dan meluncurkan Perangkat Apple atau Finder.

Tekan dan lepaskan tombol Volume Naik. Kemudian, ulangi hal yang sama dengan tombol Volume Turun. Terakhir, tekan dan tahan tombol samping hingga kamu melihat layar Mode Pemulihan.

Aplikasi Perangkat Apple atau Finder akan menampilkan pesan pop-up yang menunjukkan telah mendeteksi iPhone dalam mode pemulihan. Setelah itu kamu dapat memilih untuk Perbarui atau Pulihkan perangkat.

4. Bawa iPhone kamu ke service center Apple

4 Cara memperbaiki iPhone yang tidak responsif, hanya menampilkan layar hitam foto: freepik/bublikhaus

Jika semuanya gagal, layar hitam kemungkinan karena kerusakan fisik atau masalah perangkat keras lainnya. Jika demikian, kamu harus menghubungi Dukungan Apple atau membawa iPhone ke Apple Store terdekat atau Penyedia Layanan Resmi Apple. Ingat bahwa garansi satu tahun standar Apple tidak mencakup penggantian atau perbaikan untuk layar yang rusak.

(brl/red)