4 Cara mengatur aplikasi Lacak di MacBook untuk menemukan orang, perangkat, dan item

4 Cara mengatur aplikasi Lacak di MacBook untuk menemukan orang, perangkat, dan item

Techno.id - Sebagian besar dari kita pasti bakalan panik ketika MacBook hilang. Maklum data yang ada di dalamnya bisa sangat berharga. Untungnya, aplikasi Lacak Apple dapat membantu kamu menemukan perangkat Apple yang hilang dengan mudah. Berikut cara mengatur aplikasi Lacak (Find My) di MacBook.

1. Mengatur Lacak di macOS

4 Cara mengatur aplikasi Lacak di MacBook untuk menemukan orang, perangkat, dan item foto: freepik

Aplikasi Find My Apple sudah diinstal sebelumnya di iPhone, iPad, dan MacBook. Kamu dapat menggunakannya untuk melacak semua perangkat Apple, mengambil langkah-langkah yang tepat seperti mengatur ulang pabrik jika kamu tidak berhasil menemukannya, dan bahkan menemukan orang-orang yang telah berbagi lokasi dengan kamu.

Pertama, kamu perlu memastikan bahwa telah mengaktifkan Layanan Lokasi untuk Lacak. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk melakukannya.

1. Klik logo Apple di bar menu macOS dan buka Pengaturan Sistem > Privasi > Layanan Lokasi.

2. Aktifkan tombol di samping Layanan Lokasi.

3. Aktifkan Lacak dengan mengaktifkan sakelar di sebelahnya dalam daftar aplikasi.

Untuk menemukan MacBook menggunakan salah satu perangkat Apple, kamu harus menambahkan MacBook ke jaringan Lacak. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini.

1. Klik logo Apple di bar menu dan buka Pengaturan Sistem > [Nama Kamu] > iCloud.

2. Klik tombol Tampilkan Aplikasi Lainnya di bawah judul Aplikasi Menggunakan iCloud.

3. Klik panah di samping Cari MacBook Saya.

4. Tekan tombol Turn On setelah pop-up muncul.

Itu saja! Kamu telah berhasil mengatur fitur Lacak di MacBook.

2. Cara menemukan orang dengan fitur Lacak di MacBook

4 Cara mengatur aplikasi Lacak di MacBook untuk menemukan orang, perangkat, dan item foto: freepik/syda_productions

Saat membuka Lacak di Macbook, kamu akan melihat daftar orang, perangkat, dan item di sisi kiri jendela dan Apple Maps di sebelah kanan. Jika kamu memiliki teman dan keluarga yang menggunakan perangkat Apple, mereka dapat berbagi lokasi kepada kamu dengan mengirimkan permintaan. Saat kamu menerimanya, maka akan melihat nama mereka saat kamu beralih ke tab Orang. Kamu akan dapat melihat lokasi persisnya di Apple Maps di sebelah kanan saat mengeklik nama mereka.

Dengan mengeklik ikon Info di samping nama mereka di peta, kamu bisa mendapatkan petunjuk arah ke lokasi mereka dan mengatur peringatan sehingga kamu mendapatkan pemberitahuan setiap kali mereka pergi atau tiba di lokasi tertentu, menambahkannya ke daftar kontak favorit, dan mengakhiri berbagi lokasi.

Klik Bagikan Lokasi Saya di bagian bawah jendela untuk membagikan lokasi kamu dengan orang-orang. Ketik ID Apple orang yang ingin kamu ajak berbagi dan klik Kirim. Perhatikan bahwa kamu hanya dapat berbagi lokasi dengan orang dari MacBook jika memiliki iPhone, iPad, atau iPod touch.

(brl/red)