4 Cara mengurangi penurunan kualitas baterai ponsel Android

4 Cara mengurangi penurunan kualitas baterai ponsel Android

Techno.id - Sebenarnya tidak mungkin mencegah penurunan kualitas baterai smartphone sepenuhnya, karena ini adalah proses alami yang mulai terjadi segera setelah baterai diproduksi. Meskipun demikian, kamu dapat melakukan beberapa langkah untuk memastikan baterai perangkat kamu dapat bertahan selama mungkin.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi penurunan kualitas baterai ponsel Android.

1. Hindari pengisian daya nirkabel

4 Cara mengurangi penurunan kualitas baterai ponsel Android foto: freepik/pe_jo

Mengisi daya ponsel cerdas secara nirkabel mungkin nyaman, tetapi tidak ideal untuk kesehatan baterai. Karena pengisian daya nirkabel tidak terlalu efisien. Setidaknya 20 hingga 30 persen daya akan hilang sepanjang pengisian daya. Energi yang terbuang ini akan diubah menjadi panas, yang menyebabkan penurunan kualitas baterai.

2. Jaga agar baterai tetap dingin

4 Cara mengurangi penurunan kualitas baterai ponsel Android foto: freepik/surasak.ch

Suhu yang lebih tinggi dapat menyebabkan baterai menua lebih cepat. Jadi sebaiknya jaga agar ponsel cerdas kamu tetap dingin. Cara ini juga berlaku untuk pengisian daya karena mencolokkan kabel ke sumber listrik sudah menghasilkan sejumlah kecil panas karena kehilangan dalam proses pengisian ulang.

3. Gunakan pengisian daya cepat dengan hemat

4 Cara mengurangi penurunan kualitas baterai ponsel Android foto: freepik/fantastic studio

Pengisian daya cepat cenderung menghasilkan lebih banyak panas. Meskipun produsen sekarang telah merancang algoritma untuk mengurangi daya saat perangkat menjadi lebih panas, ada baiknya kamu menonaktifkan pengisian daya cepat saat tidak membutuhkannya.

Misalnya, kamu mungkin ingin menyimpan pengisi daya yang lebih lambat di samping tempat tidur karena tidak perlu mengisi ulang daya dengan cepat dalam semalam. Demikian juga, Pengisian Daya Adaptif di Android dapat mempelajari kebiasaan pengisian daya kamu dan mengisi ulang baterai secara perlahan.

4. Hindari baterai terkuras habis

4 Cara mengurangi penurunan kualitas baterai ponsel Android foto: freepik/georgejmclittle

Baterai cenderung bertahan paling lama jika disimpan antara 20 dan 80 persen. Ini berarti kamu harus menghindari membiarkan ponsel terkuras habis setiap hari dengan mengisi ulang secara berkala.

Demikian juga, beberapa pembuat ponsel sekarang menyertakan fitur perlindungan baterai yang mencegah pengisian daya melebihi 80 atau 85 persen. Jika kamu dapat menerima kapasitas yang lebih rendah dan sering mengisi daya, pertimbangkan untuk mengaktifkan pengaturan ini.

Dengan merawat dan menggunakan smartphone secara benar, maka kamu dapat memperpanjang masa pakai baterai.

(brl/red)