4 Cara meningkatkan algoritma Facebook agar tidak dibombardir konten yang tidak jelas

4 Cara meningkatkan algoritma Facebook agar tidak dibombardir konten yang tidak jelas

Techno.id - Setiap pengguna lama Facebook tahu betapa frustrasinya menggunakan platform media sosial ini. Apalagi jika kamu dibombardir postingan yang disarankan dari grup Facebook dan halaman yang tidak pernah kamu ikuti sejak awal.

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan pengalaman ini. Salah satunya, kamu harus memangkas akun Facebook, membersihkan teman, suka, dan grup yang tidak lagi kamu inginkan.

Sementara entri Facebook yang lebih sering muncul di feed utama didasarkan pada aktivitas kamu di aplikasi, misalnya, item yang benar-benar kamu komentari, bagikan, atau tanggapi dari daftar teman, suka, dan grup.

Di bawah ini adalah beberapa saran bagaimana kamu dapat mengambil kendali yang lebih baik atas umpan berita Facebook dan mengubah pengaturan platform sehingga sesuai dengan minat dan preferensi kamu yang sebenarnya.

1. Mengubah preferensi kabar Facebook

4 Cara meningkatkan algoritma Facebook agar tidak dibombardir konten yang tidak jelas foto: tangkapan layar

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melalui pengaturan umpan Facebook. Berikut cara melakukannya di komputer.

1. Buka facebook.com, masuk, dan klik foto profil kamu di sudut kanan atas halaman.

2. Pilih Pengaturan & Privasi.

3. Tekan Feed.

Di ponsel iPhone atau Android

4 Cara meningkatkan algoritma Facebook agar tidak dibombardir konten yang tidak jelas foto: tangkapan layar

1. Luncurkan aplikasi Facebook dan masuk jika perlu.

2. Ketuk foto profil kamu di pojok kanan bawah atau kanan atas halaman.

3. Buka Pengaturan dan Privasi.

4. Pilih Setelan.

5. Di bawah Preferensi, tekan Kabar (Beranda).

Dari sana, kamu dapat menambahkan orang dan halaman ke Favorit dengan mencari dan memilih profil mereka sehingga postingan mereka lebih banyak muncul. Kamu dapat menunda orang, halaman, dan grup sehingga bisa beristirahat sementara dari melihat postingan merekaprofil ini akan tetap terhubung ke akun kamu, tetapi kamu tidak akan melihat postingan mereka di umpan berita selama kamu menundanya.

Kamu juga dapat memilih untuk Berhenti mengikuti orang, grup, dan halaman sehingga berhenti melihat postingan mereka di umpan berita secara bersamaan. Jika kamu berhenti mengikuti seseorang atau grup, kamu akan tetap terhubung dengan mereka, tetapi berhenti mengikuti Halaman akan menghapusnya sepenuhnya dari jaringan. Jika kamu berubah pikiran tentang berhenti mengikuti, kamu dapat membuka Kelola Umpan lagi dan memilih Sambungkan kembali untuk melihat dan mengikuti kembali akun yang baru-baru ini kamu batalkan ikuti.

Terakhir, pilih Kurangi untuk melihat konten yang kurang atau berkualitas rendah, termasuk item yang mungkin berulang, sensitif, grafis, atau clickbait potensial.

2. Bersihkan saat menelusuri umpan berita Facebook

4 Cara meningkatkan algoritma Facebook agar tidak dibombardir konten yang tidak jelas foto: tangkapan layar

Cara lain untuk mengubah pengalaman Facebook kamu adalah dengan memberi tahu aplikasi bagaimana perasaan kamu tentang setiap postingan seperti yang kamu lihat. Setiap postingan di umpan berita memiliki ikon X di kanan atas, yang akan memberi tahu Facebook untuk menyembunyikannya dari tampilan.

Jika kamu melakukannya di aplikasi selular Facebook, akan memberi tahu kamu bahwa postingan tidak akan lagi ditampilkan ke depannya. Di komputer, itu akan menyembunyikan postingan, dan memberi kamu opsi tambahan untuk menunda akun yang memposting entri atau untuk mengelola preferensi umpan kamu lebih lanjut.

Menekan ikon tiga titik di sebelah X juga memberi kamu lebih banyak opsi. Ada kontrol Tampilkan Lebih Banyak atau Tampilkan Lebih Sedikit untuk memengaruhi postingan Facebook yang diprioritaskan di masa depan.

Kamu juga dapat menyembunyikan postingan untuk mengurangi entri serupa, menunda orang atau halaman, grup postingan tersebut, atau berhenti mengikuti mereka. Sekali lagi, berhenti mengikuti seseorang atau grup akan mempertahankan hubungan kamu dengan mereka, tetapi berhenti mengikuti halaman akan menghapusnya dari akun Facebook kamu.

Jika postingan tersebut dibagikan teman, menekan ikon tiga titik juga akan memberi kamu cara cepat untuk memblokir profil mereka di Facebook jika perlu.

(brl/red)