4 Cara mudah dan cepat membuka pengaturan sistem Windows

4 Cara mudah dan cepat membuka pengaturan sistem Windows

Techno.id - Aplikasi Pengaturan di Windows memungkinkan kamu menyesuaikan PC, mengubah bahasa keyboard, memperbarui Windows, mengonfigurasi pengaturan privasi, dan menyelesaikan masalah. Kamu mungkin sering mengakses menu ini. Begini cara termudah untuk meluncurkan pengaturan system Windows.

1. Gunakan pintasan keyboard

4 Cara mudah dan cepat membuka pengaturan sistem Windows foto: freepik

Ada banyak pintasan keyboard Windows yang memungkinkan kamu menavigasi OS dan menjalankan tugas dengan mudah. Jika keyboard memiliki tombol Windows, yang harus kamu lakukan adalah menekan tombol Win + I untuk membuka aplikasi Pengaturan.

Kamu dapat menemukan tombol Windows di sisi kiri spasi (di sebelah tombol Alt dan memiliki logo Windows di atasnya). Setelah berada di aplikasi Pengaturan, kamu dapat memilih Sistem dari bilah sisi kiri untuk mengakses menu pengaturan sistem.

2. Gunakan pencarian Windows

4 Cara mudah dan cepat membuka pengaturan sistem Windows foto: tangkapan layar

Kamu juga dapat menemukan aplikasi bawaan seperti aplikasi Pengaturan menggunakan Windows Search. Untuk melakukan ini, klik Cari (atau menu Start) di bilah tugas atau tekan Win + S untuk membuka Pencarian Windows. Ketik Pengaturan di kotak pencarian dan klik hasilnya di bawah Best Match.

3. Gunakan pengaturan cepat atau pusat tindakan

4 Cara mudah dan cepat membuka pengaturan sistem Windows foto: tangkapan layar

Pengaturan Cepat (Windows 11) atau Pusat Tindakan (Windows 10) memungkinkan kamu mengakses pengaturan umum dengan cepat, seperti Wi-Fi, Bluetooth, mode Pesawat, Penghemat Baterai, dan kontrol volume. Kamu juga dapat menggunakannya untuk mengakses semua pengaturan jika yang ingin diubah tidak ada di panel.

Untuk membuka Pengaturan Cepat, klik ikon status (Wi-Fi, speaker, dan baterai) di sisi kanan bilah tugas atau tekan Win + A. Kemudian, klik Semua pengaturanikon roda gigiuntuk membuka aplikasi Pengaturan.

4. Gunakan menu WinX

4 Cara mudah dan cepat membuka pengaturan sistem Windows foto: tangkapan layar

Menu WinXjuga dikenal sebagai menu Power Usermenawarkan salah satu cara termudah untuk mengakses aplikasi Pengaturan di Windows. Untuk menggunakannya, klik kanan Mulai di bilah tugas (atau tekan Win + X pada keyboard) dan pilih Pengaturan dari menu konteks yang muncul.

Sekarang, perlu dicatat bahwa ada masalah Windows tertentu yang tidak dapat kamu selesaikan hanya dengan menggunakan aplikasi Pengaturan. Jadi, kamu mungkin juga ingin melangkah lebih jauh dan mempelajari tentang Pengaturan Startup Windows, yang memungkinkan kamu menghapus pembaruan, memperbaiki, atau memulihkan PC Windows.

(brl/red)