4 Ciri-ciri komputer diserang malware akibat mengunduh file atau aplikasi yang ternyata virus

4 Ciri-ciri komputer diserang malware akibat mengunduh file atau aplikasi yang ternyata virus

Techno.id - Jika kamu mengunduh file atau aplikasi, dan ada sesuatu yang terasa tidak beres setelahnya, sangat mungkin perangkat kamu terinfeksi malware. Virus ini dapat menyebabkan perilaku yang tidak biasa, memengaruhi sistem perangkat komputer. Ketika ini terjadi, kamu harus mengenali tanda-tanda pertama serangan malware.

1. Pop-up mulai muncul entah dari mana

4 Ciri-ciri komputer diserang malware akibat mengunduh file atau aplikasi yang ternyata virus foto: freepik/frolopiaton palm

Mengunduh perangkat lunak yang diretas bukan satu-satunya cara peretas menyebarkan malware. Mereka juga melakukannya dengan perangkat lunak gratis. Misalnya, kamu mengunduh Blender di komputer.

Blender adalah perangkat lunak gratis dan sah yang disukai banyak pengguna, tetapi kamu mendapatkan begitu banyak pop-up iklan yang muncul entah dari mana. Sangat mungkin kamu mengunduh Blender dari sumber yang tidak sah, di mana itu dikemas ulang dengan aplikasi yang tidak diinginkan dan malware yang terus menayangkan iklan.

Nah mengemas perangkat lunak gratis dan sah dengan malware adalah cara peretas untuk melewati keamanan. Banyak dari perangkat lunak yang dikemas ulang ini memiliki aplikasi opsional yang harus kamu hapus centang untuk menginstal hanya perangkat lunak utama. Tetapi karena banyak dari kita mencoba mempercepat proses instalasi, kita sering mengklik Izinkan, OK, Berikutnya, dan Instal tanpa berpikir.

Jadi, lain kali kamu mengunduh perangkat lunak, luangkan waktu sejenak untuk bertanya pada diri sendiri, Apakah ini versi yang sah? Apakah kamu mendapatkannya dari situs web resmi? Selalu ada baiknya memeriksa ulang sumbernya, dan jangan lupa untuk membaca sebelum mengklik Berikutnya atau Instal. Meluangkan sedikit waktu ekstra selama instalasi dapat menyelamatkan kamu dari banyak masalah di kemudian hari.

2. Tidak dapat menghapus file yang mencurigakan

4 Ciri-ciri komputer diserang malware akibat mengunduh file atau aplikasi yang ternyata virus foto: freepik/the yuri arcurs collection

Mungkin kamu pernah mengalami masalah saat ingin mengosongkan folder Unduhan (Download) untuk menghemat ruang, tetapi menemukan file yang tidak dapat dihapus. Hal-hal seperti ini sebenarnya cukup normal dan terjadi dari waktu ke waktu. File terkadang menolak untuk dihapus saat sedang digunakan. Namun, file ini cukup mencurigakan.

Namanya adalah serangkaian huruf yang campur aduk, penerbitnya tidak diketahui, dan masih menolak untuk dihapus bahkan ketika tidak digunakan. Jadi, setelah menghapus file dan aplikasi tersebut dalam Windows Safe Mode, kamu baru bisa menghemat ruang dan PC menjadi lebih cepat.

Sebagai informasi, virus komputer sering bersembunyi di dalam file yang menolak dihapus dengan metode normal, terutama jika program di belakangnya masih berjalan di latar belakang. Beberapa virus bahkan mencegah penghapusan total dengan membuat ulang file jika kamu mencoba menghapusnya.

Nah ini memungkinkan malware mempertahankan kendali atas komputer kamu. Ini adalah tanda lain dari malware jika kamu menemukan file yang tampak mencurigakan dan menolak penghapusan.

(brl/red)