4 Fitur pengeditan video yang diharapkan bakal dibenamkan di dalam aplikasi Foto iPhone

4 Fitur pengeditan video yang diharapkan bakal dibenamkan di dalam aplikasi Foto iPhone

Techno.id - Meskipun nyaman, aplikasi Foto di iPhone bukanlah editor video yang komprehensif. Meski perangkat lunak pengeditan video canggih ada di aplikasi tersebut, tetapi kurang dapat diakses oleh rata-rata pengguna.

Berikut adalah empat fitur yang diharapkan bakal ada pada pembaruan iOS mendatang untuk aplikasi Foto iPhone. Maklum fitur ini sekarang ada di beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan secara gratis.

1. Timeline

4 Fitur pengeditan video yang diharapkan bakal dibenamkan di dalam aplikasi Foto iPhone foto: tangkapan layar

Dengan semakin banyak video hadir di media sosial, kemampuan untuk menyatukan beberapa video sangat diminati dan telah disederhanakan banyak platform. Meskipun aplikasi Foto iPhone memungkinkan kamu memotong dalam satu video yang diambil, tetapi kamu tidak dapat menghubungkan beberapa klip. Karena itu banyak pengguna berharap editor timeline dasar bisa disematkan pada pembaruan iOS, di mana pengguna dapat memilih lebih dari satu video untuk mencapai kompilasi sederhana.

Sementara itu, CapCut adalah aplikasi gratis yang memungkinkan pengguna mengedit video pada timeline yang mudah. Banyak yang menyukai aplikasi ini karena menarik bagi editor video berpengalaman dan pemula. CapCut menawarkan templat untuk membantu pengguna memulai editing video. Kamu dapat dengan mudah membuat kompilasi cepat. Begini caranya.

1. Pada tab Edit, ketuk Proyek Baru.

2. Pilih video yang ingin kamu gunakan. Pada penggunaan pertama, CapCut akan meminta izin kamu untuk mengakses video. Kamu dapat memberikannya izin penuh atau terbatas.

3. Ketuk Tambahkan, dan kamu akan dibawa ke garis waktu, di mana dapat memangkas video, menambahkan dan mengedit audio, menyesuaikan kecepatan, menambahkan transisi, dan banyak lagi.

Selain itu CapCut terintegrasi secara mulus dengan TikTok, jadi ini adalah aplikasi yang bagus untuk diunduh jika TikTok adalah tujuan kreasi kamu. Meskipun ada beberapa perbedaan antara versi gratis dan berbayar CapCut, pengeditan timeline dasar tersedia tanpa biaya.

2. Desain suara

4 Fitur pengeditan video yang diharapkan bakal dibenamkan di dalam aplikasi Foto iPhone foto: tangkapan layar

Selain CapCut, Instagram adalah opsi lain untuk menambahkan musik ke video di iPhone. Berikut cara menggunakan Instagram untuk menambahkan musik ke video.

1. Di aplikasi Instagram, buka ikon + yang terletak di bilah bawah.

2. Pilih Reel dari opsi di bagian bawah, pilih video yang ingin kamu edit, dan ketuk Berikutnya.

3. Ketuk ikon not musik di sisi kiri dan pilih lagu.

4. Ketuk Berikutnya, dan kamu akan melihat linimasa video dan audio yang disinkronkan. Kamu dapat memilih trek bawah berlabel Tap to add audio jika ingin menambahkan lagu lain. Kamu dapat melakukan ini jika ingin memotong dari satu lagu ke lagu lain di tengah video.

5. Pada tahap ini, kamu dapat membuat penyesuaian lain yang diperlukan untuk video dan kemudian Bagikan.

Meskipun Instagram menawarkan cara yang sangat mudah untuk menambahkan musik ke video, kamu harus mempublikasikannya di Instagram untuk membagikannya.

3. Efek visual

4 Fitur pengeditan video yang diharapkan bakal dibenamkan di dalam aplikasi Foto iPhone foto: tangkapan layar

Meskipun Apple menggembar-gemborkan kemampuannya untuk menghapus latar belakang dari gambar di iPhone, fitur itu tidak ada untuk video. Kabar baiknya adalah, sekali lagi, CapCut memiliki fitur untuk menghapus latar belakang yang dapat diakses siapa saja, bahkan profesional efek non-visual.

Jika kamu mencari efek visual yang lebih canggih, mungkin harus membayar CapCut Pro. Kamu juga dapat menjelajahi aplikasi lain bernama Video Star. Namun Video Star menjadi yang teratas dengan editor keyframe-nya, di mana kamu dapat membuat topeng unik untuk setiap bingkai klip video. Pada dasarnya, kamu dapat menghapus latar belakang klip dengan presisi yang mirip dengan perangkat lunak mahal seperti After Effects.

Meskipun kamu dapat mengunduh Video Star secara gratis, namun memerlukan paket berbayar atau langganan untuk mengakses fitur keyframing lanjutan.

4. Efek teks

4 Fitur pengeditan video yang diharapkan bakal dibenamkan di dalam aplikasi Foto iPhone foto: tangkapan layar

Teks bisa menjadi aset besar untuk video dan cukup banyak ada di media sosial saat ini. Teknologi ini seharusnya bisa diintegrasikan ke dalam aplikasi Foto iPhone. Namun sampai saat ini fitur tersebut belum tersedia di aplikasi Foto iPhone.

Sebagai gantinya, jika kamu sering menggunakan TikTok maka bisa menambahkan teks otomatis ke video. Berikut cara menambahkan teks otomatis di TikTok.

1. Di aplikasi TikTok, ketuk ikon + di bagian bawah layar.

2. Ketuk Unggah untuk menemukan video yang sebelumnya kamu rekam di iPhone.

3. Pilih Keterangan di sisi kanan video.

4. TikTok akan memproses dan menyajikan teks otomatis. Kamu dapat mengubah bahasa jika perlu, mengedit teks dengan mengetuk ikon pena, atau menyesuaikan pemformatan dengan mengetuk ikon A.

5. Ketuk Simpan. Dari sini, kamu dapat mengunduh video ke ponsel dengan mengetuk Menyimpan ikon di sisi kanan, atau mempublikasikannya di TikTok.

Jika ingin memilih satu aplikasi untuk digunakan sambil menunggu pembaruan fitur editing di aplikasi Foto iPhone, CapCut bisa menjadi jawaban.

(brl/red)