4 Tips singkat merawat baterai smartphone, hindari suhu ekstrem

4 Tips singkat merawat baterai smartphone, hindari suhu ekstrem

Techno.id - Smartphone merupakan perangkat yang diandalkan untuk aktivitas digital sehari-hari. Penggunaannya baik untuk kepentingan hiburan maupun membantu pekerjaan.

Banyak aktivitas dapat dilakukan dengan menggunakan mulai dari mengobrol di WhatsApp, bermain game, menonton video, hingga mengirim email dan terhubung ke media sosial. Dengan gaya hidup yang sibuk dan penggunaan data yang tinggi, daya tahan baterai menjadi sangat penting. Berikut tips singkat menjaga kesehatan baterai smartphone.

1. Jaga agar baterai smartphone tetap terisi di atas 50 persen

4 Tips singkat merawat baterai smartphone, hindari suhu ekstrem foto: freepik/salmanmfarsey

Usahakan smartphone kamu selalu terisi baterai di atas 50 persen. Dalam satu bulan sekali kamu boleh melakukan pengosongan penuh untuk tujuan kalibrasi. Jik lebih dari itu akan memperpendek masa pakai baterai.

2. Hindari pengisian daya semalaman

4 Tips singkat merawat baterai smartphone, hindari suhu ekstrem foto: freepik/jero sennegs

Secara teknis, kamu tidak boleh mengisi daya ponsel untuk waktu yang lama. Jadi mengisi daya ponsel semalaman adalah kebiasaan yang tidak boleh dilakukan. Meskipun sebagian besar pengisi daya dirancang untuk membatasi pengisian daya setelah ponsel penuh, kamu harus menghindari pengisian daya hingga 100 persen dan kemudian membiarkannya terhubung ke pengisi daya. Untuk hasil jangka panjang yang optimal, kamu harus menjaga daya ponsel antara 40 dan 80 persen setiap saat.

3. Hindari kondisi ekstrem

4 Tips singkat merawat baterai smartphone, hindari suhu ekstrem foto: freepik/fabrikasimf

Jangan tinggalkan ponsel di tempat yang sangat panas. Sebab, panas yang terlalu tinggi akan membuat baterai cepat rusak. Sebab jika ponsel secara konsisten berada di suhu yang lebih tinggi, berisiko kehilangan 20 hingga 35 persen kemampuan baterai per tahun, jadi penting untuk berhati-hati saat meninggalkannya.

4.Hubungkanke sumber listrik di dinding saat mengisi daya

4 Tips singkat merawat baterai smartphone, hindari suhu ekstrem foto: freepik/nirat.pix

Metode terbaik untuk mengisi daya ponsel cerdas adalah dengan langsung mencolokkannya ke dinding atau sumber listrik PLN, bukan menghubungkannya ke komputer atau adaptor USB mobil. Dengan cara itu akan mengisi daya lebih cepat, lebih aman, dan membuat baterai kamu lebih awet.

(brl/red)