5 Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan baterai laptop

5 Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan baterai laptop

Cara memeriksa kesehatan baterai laptop

4. Microsys Smarter Battery

5 Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan baterai laptop foto: microsys.ro

Ini merupakan aplikasi rangkaian alat diagnostik untuk memantau kesehatan baterai laptop, melakukan kalibrasi, dan mengekspor data terkait baterai untuk referensi.

Halaman Info memberi kamu data tentang Kapasitas Baterai Penuh dibandingkan dengan Kapasitas Desain, waktu pemakaian, jumlah siklus, tingkat keausan, dan status daya selama mode daya baterai atau listrik.

Halaman Grafik menunjukkan kepada kamu evolusi kapasitas baterai dari waktu ke waktu. Sumbu Y adalah persentase kapasitas, dan sumbu X menunjukkan data yang diambil pada interval waktu tersebut. Untuk baterai yang sehat, garis merah harus tetap sejajar dengan garis oranye.

Halaman Kalibrasi menunjukkan informasi statistik yang terkait dengan tingkat keausan baterai laptop, waktu penggunaan, siklus pengosongan, siklus sejak kalibrasi, dan banyak lagi. Kamu dapat menyimpan data baterai untuk setiap halaman kapan saja.

Kamu dapat mengaktifkan gadget baterai untuk melihat informasi seperti kapasitas baterai dan waktu yang tersisa atau melacak penggunaan CPU. Selain itu, kamu dapat melihat file log terperinci dari tingkat pengosongan baterai dan data kalibrasi.

Kelebihan

1. Dalam satu waktu, kamu dapat memonitor hingga empat baterai, termasuk kemasan baterai.

2. Anda kamu dapat memperbesar atau memperkecil untuk memodifikasi interval waktu dan menggunakan tombol panah untuk maju atau mundur waktu.

3. Menyimulasikan mekanisme pengosongan untuk mempercepat proses kalibrasi.

4. Kamu dapat mengatur alarm untuk baterai lemah atau kritis dan memaksa mode siaga atau hibernasi ketika baterai lemah.

Kekurangan

1. Opsi tersebar di mana-mana pada halaman.

2. Kadang-kadang bisa membingungkan dan berbenturan dengan pengaturan manajemen daya bawaan.

5. Pure Battery Analytics

5 Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan baterai laptop foto: microsoft.com

Aplikasi ini dirancang dengan baik untuk memeriksa atau memantau kesehatan baterai laptop. Layar Sekilas menunjukkan status baterai saat ini, meluncurkan pengaturan yang sering dilakukan yang memengaruhi masa pakai baterai, dan Pengisian Daya Penuh, serta Kapasitas Desain.

Layar Analytics menunjukkan perubahan persentase baterai dari waktu ke waktu dalam empat tampilan grafik yang berbeda-grafik batang, tampilan kolom, grafik garis, dan tampilan gelembung.

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengatur notifikasi ketika baterai terisi atau dikosongkan pada tingkat tertentu. Kamu bahkan bisa mengaktifkan alarm pencurian jika ada orang yang mencoba mencuri laptop kamu.

Kelebihan

1. Menghasilkan peta panas untuk menunjukkan tren rata-rata baterai yang dipertahankan per jam dalam periode yang dipilih.

2. Grafik yang membandingkan pembacaan baterai vs. persentase perubahan baterai (pengisian-pengosongan) dan distribusi rentang kapasitas baterai Anda dari waktu ke waktu.

3. Laporan grafik yang terperinci dan indah tentang daya, diagnostik tidur, dan lebih banyak lagi yang dikonfigurasi dari powercfg.

Kekurangan

1. Terlalu banyak metrik yang ditampilkan pada satu halaman. Hal ini membuat analisis data baterai menjadi sedikit sulit.

2. Kamu tidak dapat mengekspor data baterai untuk referensi.

(brl/red)