5 Cara ini bisa kamu coba untuk memperbaiki Face ID iPhone yang tidak berfungsi

5 Cara ini bisa kamu coba untuk memperbaiki Face ID iPhone yang tidak berfungsi

Techno.id - Apakah Face ID iPhone kamu tidak berfungsi sebaik yang seharusnya? Meskipun iPhone mampu beradaptasi dengan perubahan penampilan kamu seperti merias wajah atau menumbuhkan janggut, teknologinya tidak sempurna.

Terkadang Face ID di iPhone tidak dapat berfungsi dengan baik. Ada beragam penyebab yang mengakibatkan Face ID gagal berfungsi. Berikut beberapa perbaikan yang bisa kamu lakukan jika fitur Face ID tidak berfungsi dengan benar.

1. Bersihkan kamera depan

5 Cara ini bisa kamu coba untuk memperbaiki Face ID iPhone yang tidak berfungsi foto: freepik

Layar iPhone dapat menarik minyak dan kotoran, dan kamera depan dapat dengan mudah menjadi kabur. Hal ini terutama berlaku setelah menerima panggilan telepon, di mana menekan telepon ke sisi kepala kamu dapat mentransfer keringat atau tabir surya.

Susunan kamera di bagian atas layar iPhone tidak hanya menyertakan kamera tetapi sejumlah sensor tambahan. Fitur ini dapat merasakan kedalaman, kedekatan, cahaya sekitar, inframerah, dan gambar kamera standar. Memastikan Dynamic Island atau takik tetap bersih adalah cara terbaik untuk menjaga Face ID tetap berfungsi seperti yang diharapkan.

Luangkan waktu sejenak untuk menyeka bagian atas layar iPhone dengan kain lembut dan lembap. Untuk kotoran yang lebih membandel, cobalah alkohol isopropil atau tisu desinfektan berbasis alkohol.

2. Menambahkan tampilan alternatif ke Face ID

5 Cara ini bisa kamu coba untuk memperbaiki Face ID iPhone yang tidak berfungsi foto: tangkapan layar

Jika Face ID berfungsi pada sebagian besar waktu tetapi gagal saat kamu mengenakan tampilan atau pakaian tertentu yang mengubah penampilan secara signifikan, kamu dapat menambahkan tampilan tambahan untuk autentikasi yang lebih andal. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan > Face ID & Kode Sandi lalu ketuk tombol Atur Penampilan Alternatif untuk memulai.

Prosesnya berfungsi seperti saat kamu pertama kali mengatur Face ID. Kamu harus melakukan beberapa pemindaian dari sudut yang berbeda dengan mengikuti petunjuk di layar.

3. Mengaktifkan Face ID dengan masker

5 Cara ini bisa kamu coba untuk memperbaiki Face ID iPhone yang tidak berfungsi foto: tangkapan layar

Aktifkan sakelar Face ID with a Mask di bawah Pengaturan > Face ID & Kode Sandi jika kamu mengalami kesulitan mengautentikasi saat mengenakan semacam penutup wajah. Ini tidak hanya termasuk jenis masker wajah yang kamu kenakan di lingkungan medis tetapi juga kacamata, syal, dan banyak lagi.

Saat mengaktifkan fitur ini, kamu harus memindai ulang lagi agar Face ID bisa mendapatkan pemindaian yang lebih baik dari area sekitar mata. Kamu harus melakukan ini beberapa kali untuk menambahkan penutup wajah, kacamata hitam, dan sebagainya.

(brl/red)