5 Cara membuka kembali perangkat Android saat lupa kode sandi

5 Cara membuka kembali perangkat Android saat lupa kode sandi

Techno.id - Mengamankan ponsel Android menggunakan kode sandi adalah pilihan yang tepat untuk melindungi data pribadi kamu. Tetapi, bagaimana jika kamu lupa kode sandi tersebut.

Tentu saja, saat lupa kode sandi kamu tidak akan dapat mengakses ponsel. Tapi, tidak perlu panik, karena ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa kembali mengakses ponsel.

1. Buka kunci dengan smart lock

5 Cara membuka kembali perangkat Android saat lupa kode sandi foto: tangkapan layar

Smart Lock (juga diberi label Perpanjang Buka Kunci di ponsel Samsung) adalah fitur Android yang membuat ponsel tidak terkunci saat kamu berada di dekat lokasi tepercaya atau terhubung ke perangkat Bluetooth tepercaya, seperti pelacak kebugaran atau mobil.

Namun, ini hanya berfungsi jika sebelumnya kamu telah menyiapkan Smart Lock di ponsel. Kamu akan menemukannya di bawah Pengaturan > Keamanan > Smart Lock di sebagian besar ponsel atau Pengaturan > Layar Kunci dan AOD > Extend Lock di perangkat Samsung. Smart Lock di Android memberi kamu opsi untuk membuka kunci ponsel tanpa kata sandi, di antaranya.

Deteksi di tubuh: Ponsel merasakan bahwa kamu membawanya dan secara otomatis tetap tidak terkunci saat berada di tangan atau saku.

Tempat tepercaya: Menggunakan lokasi kamu untuk membuka kunci ponsel saat berada di dekat alamat yang dipilih.

Perangkat tepercaya: Menjaga perangkat tetap tidak terkunci saat terhubung ke perangkat Bluetooth tepercaya, seperti pelacak kebugaran atau mobil.

Jika sebelumnya kamu telah menyiapkan satu atau beberapa opsi Smart Lock sebelum lupa kata sandi, kamu dapat menggunakannya untuk mendapatkan kembali akses ke ponsel. Opsi ini akan memungkinkan kamu mencadangkan data penting apa pun di perangkat Android.

Penting untuk dicatat bahwa kamu tidak dapat mengubah pengaturan Smart Lock tanpa memasukkan PIN saat ini. Selain itu, fitur ini tidak akan membuka kunci perangkat setelah restart.

2. Gunakan SmartThings Find di perangkat Samsung

5 Cara membuka kembali perangkat Android saat lupa kode sandi foto: tangkapan layar

Punya perangkat Samsung? Jika demikian, kamu tidak perlu khawatir melupakan kode kunci layar perangkat, karena Samsung menawarkan cara sederhana untuk mengatur ulang PIN layar kunci.

Samsung menawarkan fitur yang disebut SmartThings Find untuk semua ponselnya, memungkinkan kamu mengelola perangkat dari jarak jauh jika hilang. Untuk menggunakan fitur ini, kamu harus masuk dengan Samsung account di ponsel dan memiliki koneksi Wi-Fi atau data selular. Untuk mengatur ulang kode sandi ponsel melalui SmartThings Find, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Di komputer, navigasikan ke situs web SmartThings Find Samsung.

2. Masuk dengan akun Samsung.

3. Pilih ponsel kamu dan klik opsi Buka kunci.

4. Klik tombol Buka Kunci dan masukkan kata sandi akun kamu untuk memverifikasi identitas.

Tunggu beberapa detik, dan PIN atau kata sandi saat ini akan dihapus. Kamu kemudian dapat mengatur metode keamanan layar kunci baru dari awal.

3. Gunakan prompt lupa kata sandi

5 Cara membuka kembali perangkat Android saat lupa kode sandi foto: freepik/isaac1112

Beberapa produsen ponsel, seperti Realme, memudahkan untuk mendapatkan kembali akses ke perangkat jika kamu lupa PIN. Saat memasukkan kata sandi yang salah beberapa kali, beberapa ponsel mungkin menampilkan opsi Lupa Kata Sandi atau Lupa PIN di layar kunci. Mengetuk opsi ini akan memandu kamu melalui serangkaian langkah untuk memverifikasi identitas dan mengatur ulang kode sandi layar kunci.

Proses verifikasi mungkin melibatkan memasukkan alamat email yang terkait dengan perangkat atau menjawab pertanyaan keamanan yang kamu siapkan di pengaturan perangkat. Setelah diverifikasi, kamu akan menerima petunjuk di layar tentang cara mengatur kode sandi baru untuk perangkat.

4. Hapus file PIN menggunakan ADB

5 Cara membuka kembali perangkat Android saat lupa kode sandi foto: tangkapan layar

Android membuat file KEY untuk menyimpan kredensial pengguna, seperti sidik jari, pola, atau sandi lainnya. File ini memungkinkan perangkat untuk membuka kunci saat kamu memasukkan kata sandi yang benar dan menolak akses saat memasukkan kata sandi yang salah. Dengan menggunakan alat Android Debug Bridge (ADB), kamu dapat mengakses file ini melalui komputer dan menghapusnya. Metode ini hanya akan berfungsi jika:

1. USB debugging diaktifkan di ponsel. Jika kamu belum pernah menyelami menu Opsi Pengembang, aman untuk berasumsi bahwa kamu belum mengaktifkannya.

2. Kamu telah mengizinkan komputer untuk terhubung ke ponsel melalui ADB.

3. Ponsel kamu tidak dienkripsi. Dengan Android 6.0 Marshmallow, Google mengharuskan semua ponsel Android untuk dikirimkan dengan terenkripsi. Dengan demikian, ini tidak akan berfungsi untuk perangkat yang lebih baru.

Cara ini tidak dijamin berhasil, dan jika kamu tidak berhati-hati, bisa merusak ponsel. Jadi, pastikan kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan cermat.

1. Hubungkan ponsel ke komputer melalui kabel USB.

2. Buka Command Prompt atau jendela Terminal ke direktori instalasi ADB kamu.

3. Ketik adb shell rm /data/system/gesture.key dan tekan Enter.

4. Nyalakan ulang ponsel kamu. Setelah melakukannya, layar kunci yang aman akan hilang.

Ini bersifat sementara, jadi setel ulang PIN atau kunci pola sebelum reboot.

5. Lakukan reset pabrik

5 Cara membuka kembali perangkat Android saat lupa kode sandi foto: tangkapan layar

Jika masih terkunci dari ponsel Android, opsi terakhir adalah melakukan reset pabrik. Opsi ini akan menghapus semua data di ponsel, mengembalikannya ke keadaan semula.

Karena terkunci, kamu tidak akan dapat mengatur ulang melalui aplikasi Pengaturan. Sebagai gantinya, kamu harus mengunjungi situs web Temukan Perangkat Saya Google dan masuk ke akun kamu. Setelah itu, pilih ponsel kamu dan klik Reset pabrik perangkat dari bilah sisi kiri.

Jika tidak dapat menggunakan metode ini, kamu dapat mencoba mengatur ulang pabrik melalui Mode Pemulihan. Begini caranya.

1. Matikan perangkat.

2. Setelah layar benar-benar hitam, tekan dan tahan tombol volume turun dan daya secara bersamaan untuk masuk ke Mode Pemulihan.

3. Gunakan tombol volume untuk membuka opsi Hapus data/reset pabrik. Tekan tombol daya untuk memilihnya.

4. Gunakan tombol volume untuk menyorot opsi reset data pabrik, dan tekan tombol daya untuk memilihnya.

Setelah perangkat reboot, kamu harus mengatur ponsel Android lagi. Kamu akan diminta untuk masuk kembali ke akun Google, yang akan memulihkan data yang dicadangkan.

Salah satu metode di atas akan membantu kamu mendapatkan kembali akses ke ponsel Android, tetapi yang terbaik adalah mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari proses ini lagi.

Jika kamu sering lupa kode sandi, pertimbangkan untuk menyimpan salinan fisiknya di tempat yang aman, seperti brankas atau pengelola kata sandi. Selain itu, pastikan kamu masuk dengan akun Google (dan akun Samsung, jika ada) dan telah mengaktifkan Smart Lock untuk membuka kunci ponsel kamu dengan Wi-Fi.

(brl/red)