5 Cara memperbaiki iPhone yang terus restart, periksa kesehatan baterainya

5 Cara memperbaiki iPhone yang terus restart, periksa kesehatan baterainya

Techno.id - Bayangkan saat kamu sedang melakukan panggilan, mengirim email penting, atau bermain game favorit, tiba-tiba iPhone kamu restart. Kondisi ini bisa sangat membuat frustrasi. Apalagi jika kejadian tersebut terus berulang.

Nah reboot iPhone acak seperti itu dapat terjadi karena beberapa alasan, mulai dari gangguan perangkat lunak hingga malfungsi perangkat keras. Misalnya, pembaruan perangkat lunak terbaru mungkin telah memperkenalkan bug, atau aplikasi tertentu dapat menyebabkan konflik sistem. Dalam beberapa kasus, kurangnya ruang penyimpanan yang tersedia atau bahkan baterai iPhone yang menua juga bisa menjadi penyebabnya.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ambil untuk mencegah iPhone memulai ulang secara acak dan mengembalikannya ke kondisi normal.

1. Restart paksa

5 Cara memperbaiki iPhone yang terus restart, periksa kesehatan baterainya foto: freepik/eyeem

Restart paksa dapat membantu mengatasi gangguan perangkat lunak sementara yang mungkin menyebabkan iPhone reboot berulang kali. Jika tidak ada kerusakan besar, cara ini akan memperbaiki masalah. Tidak seperti restart biasa, restart paksa memotong daya perangkat dan memulai ulang, yang dapat menghapus masalah perangkat lunak apa pun tanpa memengaruhi data kamu.

Jika memiliki iPhone 8 atau lebih baru, kamu harus menggunakan tombol volume dan tombol daya untuk memaksa memulai ulang perangkat. Tekan tombol volume naik, lalu tekan tombol volume turun dengan cepat. Setelah itu, tekan dan tahan tombol power hingga logo Apple muncul di layar.

Untuk model lama seperti iPhone 7 atau lebih lama, kombinasi tombolnya sedikit berbeda, tetapi proses paksa memulai ulang perangkat tetap sama mudahnya. Dalam sebagian besar kasus, setelah iPhone boot kembali, seharusnya tidak restart secara acak.

2. Tinjau log analitik dan hapus instalan aplikasi yang bermasalah

5 Cara memperbaiki iPhone yang terus restart, periksa kesehatan baterainya foto: tangkapan layar

Aplikasi tertentu di iPhone bisa menyebabkan crash atau masalah memori, yang memgakibatkan reboot acak. Kabar baiknya, iPhone menyimpan log data analitik yang dapat memberikan informasi bermanfaat tentang aplikasi atau proses mana yang mogok atau menggunakan terlalu banyak sumber daya. Berikut cara dapat melihat log ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan dan buka Privasi & Keamanan.

2. Gulir ke bawah untuk mengetuk Analytics & Improvements dan pilih Analytics Data di menu berikut.

3. Di menu ini, kamu akan melihat daftar laporan. Gulir ke dalamnya untuk melihat apakah aplikasi tertentu muncul lebih dari sekali.

Bergantung apa yang ditemukan di log analitik, kamu mungkin mengidentifikasi penyebab di balik reboot acak. Dari sana, kamu dapat mencoba menghapus instalasi aplikasi yang bermasalah untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah. Untuk itu, tekan lama aplikasi di layar beranda kamu dan pilih Hapus Aplikasi > Hapus Aplikasi > Hapus.

3. Kosongkan ruang penyimpanan dan instal pembaruan iOS

5 Cara memperbaiki iPhone yang terus restart, periksa kesehatan baterainya foto: tangkapan layar

Ketika ada kekurangan ruang penyimpanan yang tersedia di iPhone, maka dapat menyebabkannya tidak berfungsi, karena mungkin kesulitan untuk melakukan tugas-tugas dasar, sehingga memicu restart acak.

Buka aplikasi Pengaturan dan buka Umum > Penyimpanan iPhone untuk melihat status penyimpanan perangkat. Jika sudah penuh atau hampir penuh, kamu harus mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi, foto, dan video yang tidak perlu. Kamu juga dapat memindahkan beberapa video dan file besar ke cloud untuk mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone.

Jika masalah berlanjut, bug dalam iOS mungkin menyebabkan restart acak. Jika itu masalahnya, menginstal pembaruan perangkat lunak kemungkinan akan menyelesaikan masalah. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone, gulir ke bawah untuk mengetuk Umum, dan pilih opsi Pembaruan Perangkat Lunak. Setelah mengunduh dan menginstal pembaruan yang tertunda, iPhone akan berjalan dengan lancar.

(brl/red)