5 Cara memperbaiki masalah kesalahan kipas CPU di PC agar perangkat tetap bekerja dan tidak panas

5 Cara memperbaiki masalah kesalahan kipas CPU di PC agar perangkat tetap bekerja dan tidak panas

Techno.id - Ketika kamu mencoba mem-boot komputer tetapi tiba-tiba mendapatkan kesalahan kipas CPU. Sangat mungkin kesalahan ini terjadi setelah kamu memperbarui BIOS atau mengganti kipas pendingin CPU. Untungnya, memperbaikinya cukup mudah. Berikut beberapa langkah pemecahan masalah.

1. Pastikan kamu telah mencolokkan kipas CPU dengan benar

5 Cara memperbaiki masalah kesalahan kipas CPU di PC agar perangkat tetap bekerja dan tidak panas foto: freepik

Kesalahan kipas CPU biasanya terjadi ketika komputer tidak dapat mendeteksi kipas CPU yang terhubung ke header kipas motherboard. Ini mencegah komputer melakukan booting untuk menghindari kerusakan pada CPU. Untuk mengonfirmasi ini, periksa apakah kipas CPU berputar secara normal.

Jika kipas berputar, ada baiknya memeriksa ulang apakah konektor kipas dicolokkan dengan pas ke header CPU_FAN pada motherboard. Jika kamu dapat membuka komputer, coba pasang kembali konektor kipas untuk memastikannya tersambung dengan benar. Juga, pastikan pendingin CPU terpasang dengan benar.

Beberapa motherboard saat ini memiliki dua header kipas CPU, AIO_PUMP dan CPU_FAN. Di mana AIO_PUMP adalah header khusus yang memberikan tegangan stabil sehingga pompa AIO dapat bekerja dengan kecepatan penuh dan mempertahankan aliran yang konsisten. Kipas yang terpasang pada radiator AIO harus masuk ke header CPU_FAN. Jika memiliki pendingin udara, kamu hanya perlu mencolokkan kipas ke header CPU_FAN tanpa khawatir dengan header AIO_PUMP.

Terkadang, kesalahan kipas CPU muncul jika kamu menghubungkan pompa ke header AIO_PUMP. Solusi cepat adalah dengan menghubungkan pompa AIO ke header CPU_FAN dan kipas radiator ke header kipas lainnya di motherboard.

Namun, jika kamu lebih suka menggunakan header AIO_PUMP khusus seperti yang direkomendasikan beberapa produsen yang lebih dingin, kamu dapat mengubah pengaturan BIOS untuk mengabaikan pesan dan boot secara normal.

2. Atur kecepatan kipas CPU

5 Cara memperbaiki masalah kesalahan kipas CPU di PC agar perangkat tetap bekerja dan tidak panas foto: freepik/alexgrec

Sebelum mengubah kontrol kecepatan kipas CPU, pastikan pendingin CPU berfungsi dengan baik dan mempertahankan suhu yang aman. Ini akan membantu dengan potensi kerusakan yang dapat diakibatkan penimpaan pesan kesalahan.

Ketika melihat kesalahan kipas CPU, itu akan meminta untuk masuk ke menu BIOS. Jika memiliki motherboard ASUS, tekan F1 atau Delete untuk memilih Run Setup. Setelah berada di BIOS, cukup keluar dan biarkan Windows boot secara normal. Jika komputer melakukan booting dan tidak terlalu panas di bawah beban kerja biasa, pendingin AIO kemungkinan berfungsi dengan baik.

Bahkan jika komputer gagal boot atau belum menginstal Windows, kamu masih dapat memeriksa apakah pendingin berfungsi. Cukup masuk ke BIOS dan cari bagian Fan Profile. Di sini, Anda akan melihat pompa AIO Anda terdaftar bersama dengan RPM-nya. Jika pendingin terdeteksi dan nilai RPM berada dalam kisaran yang diharapkan, Anda dapat dengan aman mengabaikan peringatan kecepatan kipas CPU di BIOS.

Untuk mengabaikan peringatan kipas CPU pada motherboard ASUS, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Ketika melihat kesalahan kipas CPU, tekan tombol yang sesuai untuk masuk ke utilitas BIOS. Biasanya, kuncinya adalah F1, tetapi dapat bervariasi tergantung pada produsen motherboard.

2. Di BIOS, buka Pengaturan Lanjutan (F7) di sudut kanan bawah.

3. Buka tab Monitor.

4. Klik untuk memperluas opsi Monitor Kecepatan Kipas.

5. Klik dropdown Kecepatan Kipas CPU dan pilih Abaikan.

6. Selanjutnya, klik untuk memperluas opsi Konfigurasi CPU Q-Fan.

7. Klik dropdown Batas Bawah Kecepatan Kipas CPU dan pilih Abaikan.

8. Buka tab Keluar, lalu pilih Simpan Perubahan dan Keluar.

Komputer kamu sekarang akan restart dan boot ke Windows tanpa kesalahan kipas CPU.

3. Perbarui BIOS ke versi terbaru

5 Cara memperbaiki masalah kesalahan kipas CPU di PC agar perangkat tetap bekerja dan tidak panas foto: freepik/eyeem

Seringkali, kesalahan kipas CPU terjadi jika kamu menggunakan versi BIOS yang sudah ketinggalan zaman. Periksa apakah versi BIOS yang lebih baru tersedia. Proses pembaruan BIOS bervariasi tergantung pada produsen motherboard. Jika dilakukan dengan benar, kamu dapat memperbarui BIOS dengan aman menggunakan drive USB hanya dalam beberapa menit.

4. Alihkan jenis kipas CPU dari mode DC ke PWM

5 Cara memperbaiki masalah kesalahan kipas CPU di PC agar perangkat tetap bekerja dan tidak panas foto: freepik

Faktor lain yang berkontribusi terhadap kesalahan ini adalah konfigurasi mode kipas yang salah di BIOS. Jika kamu memiliki kipas PWM yang terhubung ke header 4-pin pada motherboard MSI, mengalihkan jenis kipas CPU dari mode DC ke PWM dapat membantu memperbaiki kesalahan. Berikut cara melakukannya.

1. Restart komputer dan mulai menekan tombol Delete untuk masuk ke BIOS.

2. Di BIOS, buka Monitor Perangkat Keras.

3. Di bawah Kontrol Kipas, pilih pendingin CPU.

4. Periksa opsi Mode Kipas Cerdas di atas grafik dan pilih mode PWM di panel kiri.

5. Terakhir, tekan F10 untuk menyimpan perubahan dan keluar dari menu BIOS.

5. Periksa kondisi kipas CPU

5 Cara memperbaiki masalah kesalahan kipas CPU di PC agar perangkat tetap bekerja dan tidak panas foto: freepik/driashkin

Terakhir, pertimbangkan kemungkinan kegagalan perangkat keras pada kipas pendingin CPU. Rata-rata, tergantung pada pabrikannya, kipas pendingin CPU dapat bertahan empat hingga tujuh tahun. Jika kipas CPU idak berputar sama sekali, pastikan tidak ada kotoran atau kabel yang menghalangi bilah kipas. Bantalan bola yang aus di kipas CPU adalah penyebab potensial kegagalan lainnya.

Jika ada kegagalan perangkat keras, suhu CPU akan naik dengan cepat di bawah beban, dan komputer mati untuk mencegah kerusakan pada CPU. Dalam hal ini, kamu perlu mengganti kipas atau dalam kasus yang jarang terjadi, seluruh pendingin untuk mengatasi kesalahan.

Kesimpulannya, mengalami kesalahan kipas CPU tidak selalu berarti kipas pendingin CPU rusak. Biasanya, kamu hanya perlu memastikan pendingin dicolokkan ke header yang tepat. Jika termal terkendali, kamu dapat mengubah pengaturan kontrol kipas untuk melewati kesalahan dan mem-boot komputer secara normal.

(brl/red)