5 Cara mengamankan akun media sosial dan email agar terhindar dari serangan kejahatan siber

5 Cara mengamankan akun media sosial dan email agar terhindar dari serangan kejahatan siber

Techno.id - Kejahatan siber saat ini semakin marak. Modus para pelaku biasanya menyerang melalui email, aplikasi berbagi pesan, atau media sosial. Umumnya para pelaku ini setidaknya sudah mengetahui detail pribadi korban, yang mereka dapatkan dari berbagai saluran.

Bisa melalui email karena si korban mungkin sengaja atau tidak, pernah membagikan profil mereka. Bisa juga melalui media sosial karena korban menyantumkan profil mereka di aplikasi. Privasi online seharusnya tidak menjadi beban seperti itu. Nah untuk mengamankan data pribadi kamu, berikut tips yang bisa kamu lakukan.

1. Jalankan pemeriksaan privasi akun Google

5 Cara mengamankan akun media sosial dan email agar terhindar dari serangan kejahatan siber foto: google

Bagi banyak orang, Google adalah web untuk mengakses Gmail, mengandalkan Peta untuk berkeliling, menonton video YouTube, dan sebagainya. Tetapi Google juga merupakan salah satu perusahaan periklanan online terbesar di dunia, yang berpotensi memengaruhi privasi kamu.

Jika membuat akun baru, kamu akan ditawari pengaturan Ekspres atau Manual. Pilih yang terakhir, karena ini memandu kamu melalui berbagai pengaturan privasi, termasuk Aktivitas Web dan Aplikasi, tempat Google mengumpulkan data untuk personalisasi.

Jika kamu sudah memiliki profil Google, masuk dan buka Kelola Akun Google kamu. Pilih Data dan Privasi untuk melihat opsi yang tersedia. Di bawah Pengaturan Riwayat, klik Aktivitas Web dan Aplikasi untuk menonaktifkan personalisasi Google di seluruh layanannya sendiri.

Nonaktifkan layanan ini sepenuhnya, atau hapus aktivitas tertentu seperti interaksi iklan, pengumpulan data yang lebih luas dari layanan yang berafiliasi dengan Google, dan penggunaan aktivitas suara dan audio.

Di bawah Iklan yang dipersonalisasi, buka Pusat Iklan Saya untuk menonaktifkan penggunaan data kamu menampilkan iklan khusus. Klik Hasil pribadi di Penelusuran untuk mematikan personalisasi seperti pelengkapan otomatis dan rekomendasi, meskipun alat praktis ini mungkin layak untuk tetap diaktifkan karena dapat menghemat waktu secara nyata.

2. Pengelola kata sandi Google

5 Cara mengamankan akun media sosial dan email agar terhindar dari serangan kejahatan siber foto: google

Jika kamu sudah menaruh kepercayaan pada ekosistem Google, masuk akal juga untuk mengandalkan alat keamanan perusahaan yang lebih luas. Pengelola Kata sandinya (Google Password Manager) untuk membuat kata sandi yang kuat dan unik lebih mudah digunakan dan memperingatkan jika ada yang terlihat dalam pelanggaran data.

Memilih Kelola kata sandi akan menampilkan daftar kata sandi yang disimpan untuk akun online kamu, situs web belanja, akun media sosial, dan layanan game. Memperluasnya akan menampilkan nama pengguna dan kata sandi, ditambah URL terkait.

Kunjungi layar Pemeriksaan untuk melihat apakah Pengelola Kata Sandi telah mengidentifikasi kata sandi yang lemah, kata sandi yang digunakan kembali, atau kata sandi yang disusupi. Kata sandi yang disusupi harus segera diperbarui.

3. Periksa pengaturan privasi di Facebook

5 Cara mengamankan akun media sosial dan email agar terhindar dari serangan kejahatan siber foto: facebook

Dari aplikasi selular, kamu dapat memilih Menu lalu Pengaturan dan Privasi. Dari Facebook versi desktop, pilih gambar profil di kanan atas dan, dari menu tarik-turun, pilih Pengaturan dan Privasi > Pemeriksaan Privasi. Di sini, kamu akan melihat daftar kategori dengan pengaturan yang dapat disesuaikan.

Cara orang menemukan kamu di Facebook

Fitur ini memungkinkan kamu membatasi permintaan pertemanan dan melarang orang menemukan kamu menggunakan nomor telepon dan email, serta mencantumkan profil di Google penelusuran.

Cara menjaga keamanan akun

Fitur ini akan memandu kamu menyiapkan kata sandi yang lebih kuat, mengaktifkan autentikasi dua faktor, dan menautkan akun pemulihan. Ini memang memerlukan penyerahan nomor telepon kamu ke Facebook, tetapi itu sepadan karena membantu mencegah peretas mengambil alih akun kamu.

Preferensi iklan di Facebook

Fitur ini memungkinkan kamu memilih informasi apa yang akan diserahkan Meta kepada perusahaan pihak ketiga seperti pengiklan.

(brl/red)