5 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel cerdas Android agar performanya kembali ngebut

5 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel cerdas Android agar performanya kembali ngebut

Techno.id - Jika ruang penyimpanan ponsel cerdas kamu hampir habis, mengosongkan sampah di perangkat Android, mungkin tampak seperti hal yang paling mudah untuk dilakukan. Namun, perangkat Android, mulai dari ponsel murah hingga model kelas atas, tidak memiliki folder sampah atau recycle bin. Tetapi kamu dapat menghapus file dan aplikasi yang tidak diinginkan. Begini caranya.

1. Menghapus aplikasi

5 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel cerdas Android agar performanya kembali ngebut foto: freepik

Baik kamu ingin mengosongkan ruang penyimpanan atau merapikan laci aplikasi, menghapus aplikasi yang tidak digunakan dapat membantu. Meskipun petunjuknya mungkin berbeda untuk setiap merek Android, kamu dapat menghapus aplikasi di sebagian besar ponsel dengan menahan ikon aplikasi dan memindahkannya ke tombol Copot Pemasangan di bagian atas layar.

2. Menghapus cache

5 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel cerdas Android agar performanya kembali ngebut foto: freepik/nensuria

Menghapus cache dari waktu ke waktu akan mengosongkan ruang penyimpanan dan meningkatkan kinerja dan kecepatan perangkat. Kamu dapat menghapus cache untuk setiap aplikasi di perangkat dengan menavigasi ke Pengaturan perangkat dan memilih folder Aplikasi. Lalu, ketuk aplikasi dan pilih Penyimpanan.

Kamu akan melihat berbagai opsi untuk menghapus cache dan data yang terkait dengan aplikasi. Meskipun yang terakhir adalah langkah ekstrem, membersihkan cache meningkatkan kinerja ponsel. Langkah-langkah untuk menghapus cache sedikit berbeda dari satu ponsel ke ponsel lainnya, jadi pastikan untuk memeriksa langkah-langkah yang relevan untuk perangkat kamu.

3. Hapus unduhan dari ponsel

5 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel cerdas Android agar performanya kembali ngebut foto: freepik/sac70

Meskipun mudah untuk menemukan aplikasi yang perlu dihapus karena ada di laci aplikasi, mengelola unduhan memerlukan lebih banyak perhatian. Jika sudah beberapa saat sejak kamu menelusuri file yang diunduh, navigasikan ke folder Unduhan di aplikasi File. Telusuri file yang kamu unduh dan putuskan mana yang akan dihapus. Tekan lama unduhan pertama yang ingin kamu hapus. Kamu dapat menghapus unduhan berikutnya dengan mengetuk nama filenya.

4. Hapus file lama

5 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel cerdas Android agar performanya kembali ngebut foto: freepik/user33769719

Cara lain untuk mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel adalah dengan menghapus file dan dokumen lama. Kamu akan menemukan sebagian besar di aplikasi File ponsel. Untuk menghapusnya, navigasikan ke aplikasi File dan pilih folder Dokumen. Tekan lama dokumen pertama yang ingin kamu hapus. Pilih dokumen berikutnya dengan mengetuk nama file. Setelah menentukan pilihan, pilih ikon tempat sampah untuk menghapus file.

5. Hapus gambar duplikat

5 Cara mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel cerdas Android agar performanya kembali ngebut foto: freepik

Foto duplikat menghabiskan ruang. Meskipun ada banyak cara untuk menghapus gambar duplikat dari ponsel, menavigasi ke folder Gambar di aplikasi File adalah yang paling mudah. Kamu dapat menelusuri semua foto dengan memilih tab Semua atau menavigasi ke folder gambar individual seperti Galeri, Tangkapan Layar, dan Gambar WhatsApp untuk meninjau dan menghapus gambar tertentu.

Untuk menghapus gambar, tekan lama gambar pertama dan ketuk gambar berikutnya. Kemudian, pilih ikon tempat sampah untuk menghapusnya dari perangkat kamu.

Setelah menghapus file dan aplikasi yang menghabiskan banyak ruang ini, kamu juga bisa menghapus pesan teks yang tidak diinginkan. Jika tidak sengaja menghapus file yang diperlukan, kamu dapat mengambilnya kembali dengan mudah dan tidak akan kehilangan pesan penting.

(brl/red)