5 Cara menjaga perangkat tetap online selama pemadaman internet

5 Cara menjaga perangkat tetap online selama pemadaman internet

Techno.id - Mengalami pemadaman internet sangat membuat frustrasi. Karena itu penting untuk memiliki solusi cadangan untuk tetap online. Pemadaman internet terkadang dilakukan pihak operator penyedia layanan dengan berbagai alasan, salah satunya terkait pemeliharaan (maintenance).

Nah ketika kamu di rumah menggunakan layanan internet yang bersumber dari router, tentu sangat riskan jika harus bergantung pada penyedia layanan. Sebab, pemadaman seringkali membutuhkan waktu cukup lama. Di sinilah kamu membutuhkan solusi alternatif agar tetap online. Berikut beberapa cara untuk menjaga perangkat kamu tetap terhubung ketika internet mati.

1. Menggunakan hotspot smartphone atau tethering

5 Cara menjaga perangkat tetap online selama pemadaman internet foto: freepik/placebopill

Cara paling nyaman tetap online selama pemadaman internet adalah dengan menggunakan data selular melalui fitur hotspot ponsel cerdas. Untuk menggunakan metode ini, kamu memerlukan smartphone dengan paket data selular dan komputer harus mendukung koneksi nirkabel atau memiliki adaptor nirkabel yang memungkinkan kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Saat mengaktifkan fitur hotspot di ponsel, fitur ini menyiarkan sinyal Wi-Fi yang dapat terhubung ke perangkat lain, seperti laptop, tablet, atau ponsel lain, sama seperti jaringan Wi-Fi lainnya. Perangkat yang terhubung ini menggunakan data selular ponsel untuk mengakses internet, dengan penggunaan data yang dipotong dari paket data kamu.

Meskipun metode di atas berfungsi di laptop dan perangkat lain, beberapa PC tidak dapat menggunakannya karena tidak mendukung koneksi Wi-Fi. Apalagi jika kamu tidak memiliki adaptor Wi-Fi. Maka cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambatkan ponsel langsung ke PC menggunakan kabel USB. Agar ini berfungsi, kamu memerlukan kabel USB untuk menghubungkan ponsel ke PC dan paket data selular.

Hubungkan ponsel melalui USB, aktifkan tethering USB di ponsel dan berikan izin kepada PC untuk menggunakan koneksi data telepon. Kemudian, PC kamu akan secara otomatis mengenali koneksi telepon sebagai koneksi jaringan. Namun koneksi tethering lebih stabil dibanding koneksi hotspot nirkabel. Selain itu kamu dapat mengisi baterai ponsel secara bersamaan, dan relatif lebih aman.

2. Menemukan Wi-Fi publik terdekat

5 Cara menjaga perangkat tetap online selama pemadaman internet foto: freepik/eyeem

Jika kamu kehabisan data selular dan pemadaman internet bersifat sementara, kamu bisa menuju ke kedai kopi terdekat yang menawarkan Wi-Fi gratis kepada pelanggan untuk menjaga perangkat kamu tetap online. Kamu juga dapat mengakses Wi-Fi gratis di kafe, restoran, pusat perbelanjaan, perpustakaan, dan banyak tempat lainnya.

Di beberapa kota, ada Wi-Fi kota gratis. Jadi jika kota kamu menyediakan Wi-Fi publik gratis di area seperti taman, kamu dapat menggunakannya. Namun, jaringan Wi-Fi publik biasanya tidak terlindungi dan tidak aman. Sebaiknya hindari menggunakannya kecuali diperlukan.

Sebab, peretas dapat menargetkan jaringan ini dan mendapatkan akses ke informasi rahasia kamu atau membahayakan perangkat kamu saat terhubung.

Agar tetap aman, gunakan VPN saat terhubung ke jaringan ini, jaga firewall dan antivirus kamu tetap aktif, dan jangan melakukan aktivitas sensitif apa pun saat terhubung.

3. Gunakan perangkat hotspot selular khusus

5 Cara menjaga perangkat tetap online selama pemadaman internet foto: freepik/eyeem

Perangkat hotspot selular khusus adalah cadangan yang sangat baik ketika koneksi internet utama kamu mati. Perangkat ini terhubung ke jaringan selular dan berbagi koneksi melalui Wi-Fi. Perangkat ini biasanya menggunakan kartu SIM untuk memasuki jaringan 3G, 4G, atau 5G, mengubah sinyal menjadi hotspot Wi-Fi yang dapat dihubungkan perangkat lain, seperti jaringan Wi-Fi standar.

Untuk menggunakannya, kamu memerlukan perangkat hotspot, paket data dari operator selular, dan baterai atau sumber daya yang terisi daya. Keterbatasannya termasuk batas data, kecepatan lebih lambat dibanding broadband rumah dan ketergantungan pada jangkauan selular, yang mungkin sangat lambat di daerah pedesaan. Selain itu, kamu harus menanggung biaya di muka untuk perangkat hotspot selular dan paket data.

4. Kunjungi co-working space

5 Cara menjaga perangkat tetap online selama pemadaman internet foto: freepik/kardasov

Co-working space atau ruang kerja bersama biasanya memiliki koneksi internet yang cepat, tetapi tidak mengizinkan sembarang orang untuk menggunakan fasilitas mereka. Jika rumah kamu cukup dekat dengan ruang kerja bersama, kamu bisa mengunjunginya dan tentu saja ada harga yang harus dikeluarkan. Ini bisa menjadi solusi cadangan yang nyaman.

5. Gunakan internet satelit di tempat teman

5 Cara menjaga perangkat tetap online selama pemadaman internet foto: freepik/eyeem

Ketika berada di tempat yang tidak memiliki akses ke Wi-Fi publik, kamu bisa mengunjungi teman yang memiliki koneksi internet satelit. Internet satelit bekerja dengan menggunakan satelit yang mengorbit bumi.

ISP mengirimkan sinyal ke satelit ini, yang kemudian diterima parabola di lokasi kamu. Piringan ini terhubung ke modem untuk menyediakan akses internet. Tetapi ini juga bukan solusi cadangan yang terjangkau, karena memerlukan biaya perangkat keras, biaya instalasi, dan langganan bulanan berulang. Internet satelit juga biasanya tidak secepat internet kabel atau serat optik dan sering dilengkapi dengan batas data.

(brl/red)