5 Cara mudah mengurangi durasi waktu layar di iPhone dan Android agar tidak kecanduan gadget  

5 Cara mudah mengurangi durasi waktu layar di iPhone dan Android agar tidak kecanduan gadget  

Techno.id - Bukan rahasia lagi jika sebagian besar orang saat ini sangat bergantung pada gadget. Baik untuk membantu pekerjaan sehari-hari, menikmati hiburan, bermain game, terhubung dengan teman atau keluarga, hingga menelusuri media sosial, dilakukan menggunakan gadget, khusunya perangkat genggam.

Pertanyaannya, berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk menatap layar gadget (laptop, smartphone, atau tablet) dalam sehari? Lantas bagaimana dengan mereka yang sudah kecanduan gadget? Sayangnya, banyak dari kita yang mudah untuk terbawa suasana saat menggunakan semua perangkat tanpa berpikir.

Bahkan saat ini banyak pengguna yang terbiasa memeriksa ponsel secara kompulsif, membaca atau menonton hal-hal yang sebetulnya tidak penting. Berapa banyak waktu yang kamu buang. Tidak jarang kita terus-menerus dirangsang oleh berita, opini negatif, dan membandingkan diri kita dengan orang lain di media sosial.

Kebiasaan tersebut tentu tidak sehat baik untuk fisik maupun mental. Karena itu mengenali masalah ini dan membuat perubahan adalah langkah maju yang besar. Tentu saja, kebanyakan dari kita tidak bisa hidup tanpa ponsel, tetapi lebih memperhatikan bagaimana kita menggunakannya jauh lebih penting.

Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi waktu layar. Dalam artikel ini, Techno.id akan membahas beberapa teknik sederhana untuk mengurangi waktu layar.

1. Tentukan pola penggunaan gadget kamu

5 Cara mudah mengurangi durasi waktu layar di iPhone dan Android agar tidak kecanduan gadget foto: freepik

Semuanya bermuara pada disiplin. Artinya, meskipun menggunakan pengatur waktu aplikasi dan melacak waktu layar adalah titik awal yang bagus, namun jalan untuk mengurangi waktu layar pada akhirnya bermuara pada disiplin. Kamu bisa membuat ponsel menjadi kurang menarik, seperti dengan menggunakan mode skala abu-abu atau menurunkan kecerahan.

Lebih dari itu, kamu harus mengembangkan kebiasaan sehat yang membantu menurunkan waktu layar. Misalnya, jika kamu sering menonton video di ponsel saat makan, cobalah menghindarinya selama seminggu. Demikian pula, biarkan ponsel kamu mengisi daya atau membiarkannya di meja samping tempat tidur alih-alih menggunakannya di tempat tidur. Jika kamu harus menggunakan ponsel, cobalah menghindari media sosial dan membaca sesuatu untuk memperkaya pengetahuan kamu.

Semua kebiasaan ini sederhana, tetapi tidak mudah. Sebab, selama ini kamu telah membangun kebiasaan mengangkat ponsel secara kompulsif sepanjang waktu. Karena itu dibutuhkan itikad dan dedikasi untuk sampai ke sana.

Cara lain yang dapat kamu coba adalah menetapkan batasan yang jelas. Misalnya, tidak ada media sosial atau email kerja setelah jam 9 malam. Ini adalah beberapa tips kecil yang bisa sangat membantu, dan akan membangun kebiasaan yang lebih sehat yang tidak hanya akan menurunkan waktu layar tetapi juga sedikit meningkatkan hidup kamu.

2. Cobalah untuk berhenti bermain game di ponsel

5 Cara mudah mengurangi durasi waktu layar di iPhone dan Android agar tidak kecanduan gadget foto: freepik/eyeem

Ponsel dengan berbagai aplikasi saja sudah membuat kamu kecanduan. Menambahkan game ke dalamnya akan semakin memperparah ketergantungan kamu pada ponsel. Berdasarkan sejumlah penelitian, dengan adanya game di ponsel akan meningkatkan waktu layar rata-rata 7 jam sehari. Artinya, waktu layar semakin panjang ditambah penggunaan normal untuk melihat media sosial dan lainnya. Karena itu sebaiknya kamu mulai meninggalkan bermain game di ponsel.

3. Atur waktu untuk aplikasi media sosial

5 Cara mudah mengurangi durasi waktu layar di iPhone dan Android agar tidak kecanduan gadget foto: tangkapan layar

Penyebab utama di balik kecanduan ponsel kemungkinan besar adalah aplikasi seperti TikTok, Instagram, atau platform media sosial lainnya. Kita semua tahu bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial umumnya merupakan ide yang buruk. Jadi kamu harus menetapkan batas waktu pada beberapa aplikasi ini untuk membatasi penggunaan.

Di iPhone

1. Buka Pengaturan > Durasi Layar > Batas Aplikasi.

2. Dari menu Batas Aplikasi, ketuk Tambahkan Batas.

3. Fitur Batas Aplikasi mengkategorikan semua aplikasi, tetapi kamu dapat mengetuk ikon panah di samping kategori ini untuk mengakses masing-masing aplikasi. Kamu juga bisa mencari aplikasi individual.

4. Setelah memilih semua aplikasi yang ingin kamu tambahkan batas waktunya, ketuk Berikutnya.

5. Tetapkan batas waktu yang kamu inginkan untuk semua aplikasi yang dipilih, dan ketuk Tambahkan setelah selesai.

6. Jika kamu mencoba menggunakan aplikasi setelah waktu yang ditentukan habis, kamu akan mendapatkan pesan yang memberi tahu bahwa kamu telah mencapai batas waktu.

7. Kamu dapat mengetuk OK untuk keluar dari aplikasi atau Abaikan Batas untuk menggunakan aplikasi selama beberapa menit lagi.

Di Android

1. Buka Pengaturan > Kebiasaan digital dan kontrol orang tua.

2. Ketuk Sasaran waktu layar, tentukan waktunya.

3. Kamu juga dapat menelusuri daftar aplikasi dan menetapkan batas waktu pada masing-masing aplikasi. Kamu dapat melakukannya dengan mengetuk ikon jam pasir di sebelah aplikasi yang dimaksud.

(brl/red)