5 Fitur aksesibilitas baru di iOS 18, dari kontrol mata hingga isyarat gerakan kendaraan

5 Fitur aksesibilitas baru di iOS 18, dari kontrol mata hingga isyarat gerakan kendaraan

Techno.id - Apple baru-baru ini melakukan pratinjau fitur aksesibilitas baru yang akan tersedia akhir tahun ini dengan peluncuran iOS 18 dan pembaruan lainnya. Beberapa dari teknologi bantu bertenaga AI ini sangat berguna sehingga akan bermanfaat bagi semua pengguna, seperti menavigasi iOS dengan mata, mengontrol CarPlay dengan suara, dan menggunakan iPhone di kendaraan yang bergerak untuk mengatasi mabuk perjalanan.

Selama beberapa tahun berturut-turut, Apple meluncurkan fitur aksesibilitas. Kabarnya beberapa fitur baru ini akan diperkenalkan di ajang Konferensi Pengembang Seluruh Dunia (WWDC) tahunan Apple pada Juni mendatang. Penasaran seperti apa fitur-fitur aksesibilitas baru ini? Berikut penjelasannya yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

1. Kontrol Mata untuk menavigasi iPhone atau iPad hanya dengan menatap

Pelacakan mata adalah salah satu fitur vision OS terbaik yang akan diluncurkan ke iOS dan iPadOS pada tahun 2024. Alasan pelacakan mata di Apple Vision Pro bekerja dengan sangat baik berkat perangkat keras khusus headset.

Vision Pro menggunakan sensor internal dan kamera untuk melacak gerakan mata dengan cepat, menentukan arah pandangan pengguna dengan presisi yang luar biasa. Dengan Kontrol Mata, pengguna dapat menavigasi sistem operasi dan mengontrol aplikasi secara handsfree, hanya menggunakan mata tanpa input sentuh, aksesori tambahan, atau perangkat keras khusus selain kamera TrueDepth yang digunakan untuk Face ID.

5 Fitur aksesibilitas baru di iOS 18, dari kontrol mata hingga isyarat gerakan kendaraan foto: apple

Perlu beberapa detik untuk menyiapkan, mengalibrasi, dan mulai menggunakan Kontrol Mata di semua aplikasi. Untuk menggunakannya, pengguna cukup menahan pandangan selama beberapa detik.

Ada juga Kontrol Dwell baru untuk menjalankan interaksi sistem seperti gesekan dan gerakan handsfree. Jangan khawatir tentang privasi, kecerdasan buatan di perangkat dan pembelajaran mesin memastikan data pelacakan mata terlindungi dengan aman di perangkat dan tidak dibagikan dengan Apple atau diunggah ke cloud.

2. Haptics musik memungkinkan pengguna merasakan musik secara harfiah

Haptics Musik adalah fitur aksesibilitas lain yang akan datang yang akan bermanfaat bagi semua orang, bukan hanya orang dengan gangguan pendengaran. Selain mendengarkan musik dan mengikuti lirik yang disinkronkan dengan waktu, pengguna benar-benar akan merasakannya melalui ketukan khusus, tekstur, dan getaran halus yang diinformasikan oleh musik yang didengarkan.

Music Haptics menggunakan Taptic Engine, motor getaran canggih iPhone yang mampu menghasilkan berbagai pola getaran halus. Karena tidak ada Mesin Taptic di dalam iPad dan Mac, fitur Music Haptics akan dibatasi untuk iPhone.

Pengguna dapat membuat getaran khusus dari sebuah lagu dengan mengetuk layar agar sesuai dengan ketukannya. Buka Pengaturan > Suara & Haptik, pilih suara seperti Nada Teks, dan pilih Haptik > Buat Getaran Baru.

Haptik Musik akan tersedia untuk semua lagu di katalog Apple Music. Apple juga akan menyediakan API bagi pengembang untuk membuat musik di aplikasi mereka agar lebih mudah diakses.

3. Pintasan vokal untuk memicu tindakan tanpa Hey Siri

5 Fitur aksesibilitas baru di iOS 18, dari kontrol mata hingga isyarat gerakan kendaraan foto: apple

Fitur Pintasan Vokal akan meningkatkan otomatisasi yang memungkinkan pengguna meluncurkan pintasan dengan suara tanpa pemanggilan Hey Siri atau Siri. Pengguna akan merekam ucapan khusus dan menetapkannya sebagai tindakan yang diinginkan atau otomatisasi tersimpan dari aplikasi Pintasan (Shortcut).

Sebagai contoh, pengguna dapat menetapkan Cincin ke tindakan Tampilkan Cincin Aktivitas di aplikasi Pintasan. Kemudian, untuk melihat cincin aktivitas, mereka akan mengucapkan Berdering dengan lantang tanpa harus mengawali perintah suara dengan pemanggilan Hai Siri atau Siri.

4. Kontrol Suara untuk menavigasi CarPlay Handsfree

5 Fitur aksesibilitas baru di iOS 18, dari kontrol mata hingga isyarat gerakan kendaraan foto: apple

Pengguna dapat melakukan banyak tindakan CarPlay secara handsfree dengan Siri, seperti melakukan panggilan, mengirim pesan, dan memeriksa cuaca. Dengan Kontrol Suara, pengguna dapat menavigasi antarmuka CarPlay, meluncurkan dan beralih antar aplikasi, dan lainnya dengan suara.

Menghadirkan kontrol handsfree ke CarPlay akan menjadikan Kontrol Suara sebagai fitur keselamatan yang penting. Kontrol Suara telah tersedia di iPhone, iPad, dan Mac selama bertahun-tahun. Fitur yang sering diabaikan ini dapat digunakan untuk melakukan hal-hal seperti membuka kunci iPhone dengan suara. Di iOS 18, Kontrol Suara akan mendukung kata-kata kompleks dan kosakata khusus.

5. Isyarat gerakan kendaraan untuk mengatasi mabuk perjalanan

Apple dikabarkan sedang mengerjakan fitur untuk meredakan pusing, mual, dan muntah yang dirasakan banyak orang saat menatap ponsel mereka di dalam kendaraan yang bergerak. Fitur Isyarat Gerakan Kendaraan membantu mengurangi mabuk perjalanan dengan menampilkan titik-titik dengan berbagai ukuran di sepanjang tepi layar yang bereaksi terhadap pergerakan kendaraan.

Saat kendaraan berbelok ke kiri, titik-titiknya bergeser ke kanan, begitu pula sebaliknya. Demikian pula, titik-titik tersebut bergerak secara vertikal saat berakselerasi dan mengerem. Sebagai informasi, mabuk perjalanan disebabkan keterputusan antara apa yang pengguna lihat dan rasakan.

Ini mengganggu sistem vestibular di telinga bagian dalam, yang mengirimkan sinyal listrik ke otak. Seperti giroskop, perlu dibuat penyesuaian agar tubuh tetap seimbang. Sensor di dalam iPhone dan iPad akan mendeteksi saat pengguna berada di dalam kendaraan yang bergerak seperti mobil, kereta api, pesawat terbang, perahu, atau wahana taman hiburan, untuk mengaktifkan Isyarat Gerakan Kendaraan sesuai permintaan.

Selain itu, pengguna dapat mengaktifkan fitur secara manual di Pusat Kontrol asalkan Isyarat Gerakan Kendaraan telah ditambahkan ke Kontrol yang Disertakan dengan membuka Pengaturan > Pusat Kontrol.

(brl/red)