5 Komponen ini wajib kamu perbarui untuk meningkatkan kinerja PC agar lebih maksimal dengan cara hemat

5 Komponen ini wajib kamu perbarui untuk meningkatkan kinerja PC agar lebih maksimal dengan cara hemat

Techno.id - Merakit PC baru bisa mahal. Hal yang sama juga berlaku jika kamu ingin meningkatkan PC yang sudah ada. Namun ada cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbarui PC yang ada agar lebih tangguh dan memiliki performa moncer, tetapi dengan budget yang bisa disesuaikan dengan kocek kamu.

Jadi, jika kamu ingin meningkatkan PC dengan anggaran terbatas, berikut adalah peningkatan dan komponen yang perlu kamu pertimbangkan untuk memberikan hasil maksimal.

1. Memori

5 Komponen ini wajib kamu perbarui untuk meningkatkan kinerja PC agar lebih maksimal dengan cara hemat foto: freepik/bublikhaus

Memori sistem adalah salah satu aspek terpenting dari kinerja keseluruhan sebuah PC. Tentu saja komponen ini bukan hanya berbicara tentang memasukkan RAM sebanyak mungkin. Untuk meninglkatkan performa, yang terbaik adalah menggunakan memori yang lebih cepat dengan kapasitas yang lebih rendah.

Misalnya, memori 16GB yang berjalan pada 5200 MT/detik akan memberi kamu kinerja yang lebih baik daripada 32GB pada 3200 MT/detik. Tentu saja, jumlah total memori yang kamu miliki memengaruhi kinerja sistem, kecuali kamu menggunakan program yang dapat memanfaatkan peningkatan memori sistem. Biasanya lebih baik untuk mendapatkan RAM yang lebih cepat daripada lebih banyak RAM.

Ini semua tentang keseimbangan. Meskipun memiliki lebih banyak RAM akan membantu saat melakukan multitasking atau membuka lebih banyak tab Chrome, namun dalam hal kecepatan pemrosesan tugas, RAM yang lebih cepat adalah pilihan yang tepat.

2. Penyimpanan

5 Komponen ini wajib kamu perbarui untuk meningkatkan kinerja PC agar lebih maksimal dengan cara hemat foto: freepik/jero sennegs

Jalan lain untuk peningkatan PC dengan harga yang lebih terjangkau adalah penyimpanan. HDD telah menjadi jauh lebih murah. Kamu harus memiliki setidaknya satu SSD berkinerja tinggi di sistem.

Menambahkan SSD atau meningkatkan ke SSD yang lebih cepat di sistem adalah salah satu peningkatan terbaik dengan anggaran terbatas, karena akan menghasilkan peningkatan kinerja yang signifikan.

Menginstal sistem operasi dan program penting lainnya pada SSD memastikan lebih sedikit waktu menunggu PC atau program untuk boot, memberikan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik secara keseluruhan. Ada banyak alasan mengapa kamu harus menyimpan game di SSD.

3. Sistem pendingin

5 Komponen ini wajib kamu perbarui untuk meningkatkan kinerja PC agar lebih maksimal dengan cara hemat foto: freepik/albertogarcia

Berinvestasi pada sistem pendinginan yang lebih baik untuk CPU, GPU, atau casing dapat menambah performa dan memperpanjang masa pakai komponen PC tanpa harus keluar bidget yang besar. Pelambatan termal dapat memengaruhi kinerja CPU. Jadi pendinginan yang lebih baik harus selalu ada dalam daftar peningkatan.

Kamu bisa menggunakan pendingin cair AIO yang layak untuk CPU. Komponen ini sangat mudah dipasang dan dapat meningkatkan kinerja termal secara signifikan.

Pelambatan termal juga dapat memengaruhi GPU. Meskipun ada cara untuk mencegah pelambatan termal GPU, kamu dapat menggunakan kipas clip-on tambahan untuk GPU. Meski tidak akan seefektif pendingin cair AIO, tetapi dapat menurunkan suhu beberapa derajat.

Terakhir, menambahkan beberapa kipas casing untuk memastikan sirkulasi udara yang baik di dalam casing PC juga bukan ide yang buruk. Kombinasi dari ketiga solusi pendinginan ini akan membantu meningkatkan kinerja dan memastikan komponen PC bertahan.

(brl/red)