5 Spesifikasi yang sering menjadi pertimbangan pengguna saat hendak membeli smartphone baru

5 Spesifikasi yang sering menjadi pertimbangan pengguna saat hendak membeli smartphone baru

Techno.id - Membeli ponsel cerdas bisa jadi membingungkan, sebab begitu banyak pilihan yang tersedia di berbagai rentang harga. Namun pengguna perlu memutuskan spesifikasi utama yang penting baginya. Nah untuk membantu membuat keputusan itu lebih mudah, berikut spesifikasi smartphone yang harus kamu prioritaskan saat membeli ponsel baru.

1. Ukuran layar dan kecepatan refresh

5 Spesifikasi yang sering menjadi pertimbangan pengguna saat hendak membeli smartphone baru foto: freepik

Ukuran layar adalah salah satu faktor yang sering menjadi pertimbangkan saat pengguna hendak membeli smartphone baru. Banyak yang beranggapan mereka tidak akan membeli perangkat dengan layar lebih besar dari 6,7 inci, karena terlalu besar dan sulit untuk digenggam dalam penggunaan sehari-hari.

Karena itu ponsel cerdas seperti Samsung Galaxy S24 Ultra dan iPhone 16 Pro Max menjadi non-starter bagi banyak orang di samping soal harganya yang selangit. Galaxy S24 Plus misalnya, memiliki panel 6,7 inci dengan sudut membulat, sehingga mudah digenggam.

Selain layar, kecepatan refresh juga memainkan peran kunci. Hampir semua ponsel kelas menengah dan unggulan di dunia Android sekarang menggunakan layar dengan kecepatan refresh 120Hz atau lebih tinggi. Sebagai perbandingan, hanya model iPhone Pro yang dikirimkan dengan layar 120Hz.

Masalahnya, setelah kamu terbiasa menggunakan ponsel dengan layar 120Hz, tidak ada jalan untuk Kembali karena sudah merasakan kehalusannya. Jadi, meskipun iPhone 16 mungkin lebih baik daripada banyak ponsel Android premium, namun beberapa pengguna tetap akan memilih salah satu dari yang terakhir (Android premium) untuk tampilan kecepatan refresh yang lebih tinggi.

2. Masa pakai baterai

5 Spesifikasi yang sering menjadi pertimbangan pengguna saat hendak membeli smartphone baru foto: freepik/faststocklv

Tidak ada gunanya memiliki ponsel jika tidak dapat digunakan sehari-hari. Hampir semua orang menggunakan ponsel untuk mengetahui email dan grup WhatsApp misalnya, termasuk berselancar di media sosial. Saat bepergian, mereka menggunakan Google Maps untuk membantu navigasi dan menemukan tempat untuk dijelajahi di kota baru.

Jika kamu tergolong pengguna aktif, maka memprioritaskan masa pakai baterai menjadi penting. Tapi masa pakai baterai saja bukanlah segalanya. Telepon juga harus mengisi daya dengan cepat. Karena itu, orang akan berusahan untuk mendapatkan daya tahan baterai yang luar biasa, termasuk dukungan pengisian cepat berkabel, yang memungkinkan mereka mengisi ulang baterainya hingga 100 persen hanya dalam waktu beberapa menit saja.

3. Prosesor

5 Spesifikasi yang sering menjadi pertimbangan pengguna saat hendak membeli smartphone baru foto: freepik/xb100

Kamu mungkin tidak terlalu memperhatikan prosesor ponsel, tetapi itu membuat perbedaan utama dalam jangka panjang. CPU di bawah standar dapat menyebabkan ponsel sering menjadi terlalu panas, menguras baterainya dengan cepat, atau menyebabkan masalah kinerja saat digunakan untuk tugas berat.

SoC juga memainkan peran kunci dalam menentukan berapa lama ponsel akan mendapatkan pembaruan. Ini bahkan lebih penting sekarang dengan munculnya AI. Kamu tidak ingin membeli ponsel dengan chipset lama, meskipun paketnya menarik secara keseluruhan.

Misalnya, iPhone 15 tampak seperti paket yang lengkap saat diluncurkan pada tahun 2023. Meskipun A16 Bionic masih menjadi salah satu SOC seluler paling kuat di tahun 2024, sayangnya tidak memiliki dukungan Apple Intelligence. Jadi, saat membeli ponsel baru, prioritaskan perangkat yang dibekali prosesor yang lebih baru.

4. Perangkat keras kamera

5 Spesifikasi yang sering menjadi pertimbangan pengguna saat hendak membeli smartphone baru foto: apple

Sudah bukan rahasia lagi, smartphone saat ini bukan hanya sekadar alat komunikasi tetapi juga menjadi kamera ringkas. Karena itu pengaturan kamera yang bagus kerap menjadi prioritas. Namun, hal itu bukan selalu tentang spesifikasi mentah, karena pemrosesan gambar akhir juga memainkan peran kunci.

Misalnya, Galaxy S24 Ultra menampilkan pengaturan kamera belakang yang lebih fleksibel daripada iPhone 16 Pro. Namun, iPhone 16 Pro memiliki tombol kontrol kamera yang lebih andal.

iPhone juga lebih baik dalam merekam video dengan lebih detail dan lebih sedikit noise meskipun tidak mengemas sensor kamera sebesar banyak pesaingnya. Kamu bahkan dapat mengubah beberapa pengaturan kamera iPhone untuk meningkatkan kualitas video yang lebih baik.

5. Modem

5 Spesifikasi yang sering menjadi pertimbangan pengguna saat hendak membeli smartphone baru foto: apple

Kamu mungkin tidak terlalu memperhatikan modem atau baseband ponsel yang akan dibeli. Tetapi setelah bertahun-tahun menggunakan ponsel dari beberapa merek dan dengan chipset yang berbeda, kamu bakal menyadari bahwa modem yang baik sama pentingnya.

Modem menangani semua komunikasi jaringan di telepon. Modem yang buruk dapat menyebabkan masalah konektivitas seperti gangguan panggilan atau jangkauan yang buruk. Lebih buruk lagi, ini dapat menyebabkan pengurasan baterai yang berlebihan, memengaruhi keseluruhan waktu proses ponsel.

Hindari membeli ponsel yang menggunakan chip Exynos. Sebab SOC ini dipasangkan dengan modem Exynos, dan kinerjanya biasanya lebih rendah daripada Qualcomm. Kamu akan menemukan banyak panggilan terputus dan keluhan konektivitas jaringan.

(brl/red)