5 Tips mengisi daya ponsel dengan cepat, selalu perhatikan suhu baterai

5 Tips mengisi daya ponsel dengan cepat, selalu perhatikan suhu baterai

Techno.id - Saat ini hampir semua produsen smartphone berlomba-lomba menciptakan pengisian daya cepat (fast chrging) untuk ponsel mereka. Berbagai teknologi dibenamkan pada sistem pengisian daya smartphone.

Tidak sedikit produsen yang menjanjikan perangkat mereka bisa terisi daya secara penuh kurang dari satu jam. Namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengisi daya baterai smartphone dengan cepat, meski kamu tidak menggunakan adaptor pengisian daya cepat. Berikut Techno.id sajikan tips mengisi daya baterai smartphone dengan cepat yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Matikan smartphone saat mengisi daya

5 Tips mengisi daya ponsel dengan cepat, selalu perhatikan suhu baterai foto: freepik/atlascompany

Sebagian besar pengguna mungkin akan keberatan jika harus mematikan ponsel mereka saat mengisi daya. Alasannya, mereka tidak ingin kehilangan konektivitas. Padahal dengan mematikan ponsel saat mengisi daya, akan sangat membantu mempercepat arus masuk ke dalam baterai.

Jika kamu enggan mematikan perangkat, opsi lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan mode pesawat udara. Langkah ini akan mengisolasi bagian radio yang mengonsumsi baterai perangkat.

2. Gunakan arus listrik dinding (PLN)

5 Tips mengisi daya ponsel dengan cepat, selalu perhatikan suhu baterai freepik/noppadon_chaingam

Waktu pengisian daya baterai tergantung pada nilai arus yang mengalir di ponsel cerdas. Karena itu disarankan untuk menghubungkan adaptor pengisian daya dengan sumber listrik di dinding (PLN). Sebab, jika kamu menggunakan laptop atau power bank untuk mengisi daya, port USB dari kedua sumber daya listrik tersebut tidak cocok dengan output yang dapat kamu peroleh dari pengisi daya dinding.

(brl/red)