6 Alasan mengapa kamu harus menyimpan game di SSD, bermain jadi lebih seru dan anti ngelag

6 Alasan mengapa kamu harus menyimpan game di SSD, bermain jadi lebih seru dan anti ngelag

Techno.id - Banyak game modern saat ini dapat dengan mudah menghabiskan ratusan gigabyte ruang penyimpanan di drive komputer. Saat sebuah game memiliki kapasitas sebesar itu, performa tidak hanya ditentukan kombinasi CPU dan GPU, tetapi juga oleh seberapa cepat penyimpanan PC kamu.

Di situlah SSD diperlukan. Sebab SSD lebih cepat, lebih andal, dan semakin murah dari hari ke hari. Jadi, berikut enam alasan untuk kamu beralih penyimpanan ke SSD di PC gaming.

1. Waktu pemuatan lebih cepat

6 Alasan mengapa kamu harus menyimpan game di SSD, bermain jadi lebih seru dan anti ngelag foto: freepik

Salah satu keunggulan paling menonjol yang dimiliki SSD dibandingkan HDD adalah kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat. Ini tidak hanya membantu mentransfer file dengan cepat, tetapi juga membuat waktu pemuatan yang lebih cepat dalam game.

Secara umum, SSD sekitar empat kali lebih cepat daripada HDD dalam hal kecepatan baca dan tulis. Meskipun angka pastinya akan bervariasi berdasarkan HDD dan SSD spesifik yang kamu bandingkan, SSD akan memberikan pengalaman pengguna yang jauh lebih cepat secara keseluruhan.

Ini dicapai sebagian berkat antarmuka PCIe yang digunakan SSD, dibanding dengan port SATA yang lebih lambat yang digunakan HDD. Bahkan jika kamu membandingkan SSD SATA dengan HDD SATA, angka kecepatan transfer data akan mendukung SSD, memberikan peningkatan kinerja yang signifikan.

Keunggulan ini paling menonjol untuk game kelas AAA atau game open world yang perlu menarik file besar dari drive. Jika kamu menyimpan game di HDD yang lebih lama, kemungkinan besar akan menghabiskan banyak waktu menunggu peta atau tahapan dimuat. Menggunakan SSD dapat menghemat banyak waktu dalam jangka panjang.

Game multipemain juga mendapat manfaat dari cara ini. Beberapa game seperti Valorant tidak akan meluncurkan peta untuk semua orang di server hingga setiap pemain selesai memuatnya. Bahkan jika kamu mendapatkan kecepatan bingkai yang layak untuk menyeret melalui permainan, waktu pemuatan dapat sangat memengaruhi pengalaman bermain game secara keseluruhan.

2. Performa dalam game yang lebih baik

6 Alasan mengapa kamu harus menyimpan game di SSD, bermain jadi lebih seru dan anti ngelag foto: freepik/nmmobile789

Efek samping lain dari kecepatan transfer data SSD yang cepat adalah kinerja dalam game yang lebih baik. Misalkan kamu ingin memutakhirkan komputer. Dalam hal ini, SSD yang cepat adalah salah satu peningkatan yang paling mudah, paling berdampak, dan hemat biaya yang secara nyata akan memengaruhi kinerja PC. Pada gilirannya akan mengurangi hambatan selama bermain game karena game tersebut mencoba memuat aset tertentu.

Ketika kamu mempertimbangkan bermain game kelas AAA modern dapat membuat ribuan operasi baca dan tulis kecil saat kamu bermain, mentransfer ratusan megabita atau bahkan gigabyte data bolak-balik, kecepatan baca dan tulis data yang lebih cepat menjadi penting.

Namun, perlu diingat bahwa menginstal game di SSD bukanlah jalan pintas untuk meningkatkan FPS. Kombinasi CPU dan GPU PC masih memainkan peran besar dalam kinerja game, tetapi memasang SSD dapat membantu meningkatkan latensi dan mencegah kelambatan atau gagap selama bermain game.

3. Grafik yang ditingkatkan

6 Alasan mengapa kamu harus menyimpan game di SSD, bermain jadi lebih seru dan anti ngelag foto: freepik/dcstudio

Meskipun memasang SSD tidak akan membuat game 720p terlihat sangat realistis, waktu muat yang lebih cepat dan kinerja dalam game yang lebih baik menghasilkan ketepatan visual yang lebih baik secara keseluruhan.

Cara kerja game modern adalah sebagian besar objek memiliki tekstur beresolusi rendah saat kamu jauh darinya, yang kemudian digantikan tekstur beresolusi lebih tinggi saat berada di dekatnya. Saat menggunakan SSD, pertukaran antara tekstur beresolusi rendah dan beresolusi tinggi ini jauh lebih cepat karena game dapat memuat dan menukar tekstur lebih cepat.

Jadi, meskipun FPS kamu kemungkinan besar akan tetap sama, game kemungkinan akan terlihat lebih baik karena tekstur dapat dimuat masuk dan keluar lebih cepat. Tepi yang tidak rata, tekstur yang tidak sejajar atau berkualitas rendah, dan gangguan visual lainnya juga akan berkurang seminimal mungkin. Sekali lagi, CPU dan GPU memainkan peran yang lebih besar di sini, tetapi SSD membantu menyatukan semuanya.

(brl/red)