6 Cara memperbaiki layar yang berkedip di ponsel cerdas Android

6 Cara memperbaiki layar yang berkedip di ponsel cerdas Android

Techno.id - Masalah layar ponsel cerdas Android yang selalu berkedip bisa sangat mengganggu ketika digunakan. Terlepas apakah kedipan itu terjadi sesekali atau sering, kondisi tersebut membuat pengalaman menggunakan ponsel cerdas menjadi tidak nyaman.

Layar berkedip dapat disebabkan sejumlah alasan, termasuk gangguan perangkat lunak dan masalah perangkat keras. Bisa juga disebabkan oleh kerusakan air. Jika ponsel telah bersentuhan dengan sejumlah besar air, layar mungkin mengalami beberapa masalah. Dampak fisik dan keausan normal juga bisa menjadi penyebabnya.

Masalah ini mungkin juga berasal dari pengisian daya. Jika daya yang kamu gunakan untuk mengisi daya tidak stabil atau lemah, mengakibatkan layar berkedip. Hal yang sama juga terjadi ketika ada masalah pada kabel pengisi daya.

Sebelum menyelami perbaikan, mungkin ada baiknya untuk memeriksa apakah masalahnya terkait perangkat lunak atau perangkat keras. Jika layar hanya berkedip saat kamu menggunakan aplikasi tertentu, kemungkinan besar itu adalah masalah perangkat lunak. Tetapi jika itu terjadi sepanjang waktu dan bahkan ketika kamu berada dalam mode aman, perangkat keras mungkin menjadi penyebabnya. Berikut cara mengatasinya.

1. Mulai ulang ponsel

6 Cara memperbaiki layar yang berkedip di ponsel cerdas Android foto: freepik

Me-restart ponsel menjadi tindakan pertama ketika kamu menghadapi masalah. Memulai ulang dapat menghilangkan gangguan kecil yang mungkin menyebabkan kedipan.

Untuk memulai ulang, cukup geser ke bawah dari atas layar dan ketuk ikon daya atau tekan dan tahan tombol daya. Di menu yang muncul, ketuk Restart atau Reboot. Tunggu hingga ponsel mati, lalu hidupkan.

2. Periksa kabel pengisi daya dari kerusakan

6 Cara memperbaiki layar yang berkedip di ponsel cerdas Android foto: freepik/vershinin89

Jika melihat kedipan terjadi saat mengisi daya perangkat, kabel pengisi daya mungkin rusak. Kabel yang rusak atau berkualitas rendah dapat mengganggu aliran daya dan mengganggu tampilan ponsel saat mengisi daya. Lepaskan pengisi daya dan periksa kabel apakah ada kerusakan. Kamu juga dapat mencoba menggunakan pengisi daya lain.

3. Mematikan kecerahan adaptif

6 Cara memperbaiki layar yang berkedip di ponsel cerdas Android foto: tangkapan layar

Fitur Kecerahan Adaptif secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya di sekitarnya. Jika ada perubahan cepat dalam kondisi cahaya, penyesuaian kecerahan bisa terlihat seperti berkedip.

Kamu dapat menonaktifkannya dengan membuka Pengaturan > Tampilan > Kecerahan Adaptif. Kemudian, sesuaikan kecerahan secara manual untuk melihat apakah ini menstabilkan tampilan.

(brl/red)